Komunitas sepeda Ikatan Alumni Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Indonesia (Iluni FEB UI), Zerosixers Cycling Club mendukung rangkaian Bike To Care 2022 dengan mendedikasikan kayuhan sepeda mereka bagi masa depan anak-anak Indonesia yang telah kehilangan pengasuhan orang tua. Bertempat di Pulau Dewata, Bali pada 26-27 Maret 2022 yang lalu, sebanyak 20 pesepeda dari Zerosixers Cycling Club mengayuh sejauh 50 KM dari Sanur menuju Jatiluwuh pada hari pertama dan dilanjutkan dari Sanur ke Pantai Melasti di hari kedua. Jika diakumulasikan, 50 KM dari 20 pesepeda akan mendapatkan 1.000 KM yang akan dikonversikan menjadi donasi untuk selanjutnya diberikan demi mewujudkan kehidupan yang lebih baik bagi anak-anak Indonesia melalui Bike To Care 2022.

Mengikuti jejak kesuksesan annual event SOS Children’s Villages Indonesia dari tahun 2016 yaitu Run to Care, Bike to Care mempromosikan bersepeda jarak jauh (ultra-distance cycling) sebagai perjuangan dalam upaya menggalang dana bagi kehidupan anak-anak Indonesia bersama para pesepeda dan mitra. Dengan tagline #MengayuhUntukAnak, misi tahun ini adalah untuk menciptakan masa depan yang lebih baik bagi anak-anak Indonesia, khususnya mereka yang kehilangan orang tua akibat pandemi Covid-19.

Zerosixers Cycling Club mengambil nama komunitas mereka dari kode Fakultas Ekonomi di Universitas Indonesia yaitu kosong enam (06). Kegiatan yang dijalankan Zerosixers Cycling Club salah satunya adalah berdonasi di kota-kota yang merupakan rute bersepeda Zerosixers Cycling Club. Kota-kota yang telah mereka sambangi antara lain Jakarta, Padang, Lombok dan Yogyakarta.  Kegiatan gowes sambil beramal ini sudah menjadi tradisi untuk selanjutnya akan rutin dilakukan oleh Zerosixers Cycling Club dengan motivasi berbagi kepada sesama yang membutuhkan dan untuk mendukung perbaikan ekonomi bersama bagi mereka yang terdampak pandemi Covid-19.

Di antara para pesepeda luar biasa yang tergabung dalam Zerosixers Cycling Club juga turut berpartisipasi Bapak Bendady Pramono selaku Ketua Yayasan Bhakti Iluni FEB UI dan Bapak Mirza Adityaswara, yang merupakan salah satu tokoh Iluni FEB UI dan juga menjabat sebagai Wakil Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Mereka turut menyelesaikan rute sejauh 50 KM demi kehidupan yang lebih baik bagi anak-anak Indonesia. Mereka bersama-sama dengan para pesepeda yang tergabung dalam Zerosixers Cycling Club ikut serta menggalang donasi dan mempromosikan kegiatan Bike To Care agar lebih banyak #PejuangAnak yang bergabung untuk memberikan dukungannya. 20 pesepeda yang bergabung telah berjuang mengayuh menyelesaikan jarak 50 Kilometer dari titik start hari pertama di Sanur menuju Jatiluwih lalu selanjutnya mengunjungi Tabanan, di mana desa anak SOS berada. Saat mengunjungi SOS Children’s Village Tabanan, para pesepeda berkesempatan menikmati jamuan kudapan dan berkeliling untuk melihat langsung suasana di desa anak SOS. Dalam kesempatan tersebut, Bapak Bendady Pramono selaku Ketua Yayasan Bhakti Iluni FEB UI mewakili Zerosixers Cycling Club juga secara simbolis menyerahkan donasi dan secara resmi menjadi bagian dari rangkaian kegiatan Bike To Care 2022. Di hari kedua para pesepeda kembali melanjutkan perjuangan mereka untuk memberikan 1.000 KM dengan titik start di Sanur menuju Pantai Melasti sebagai titik finish hari kedua.
“Anak-anak adalah masa depan bangsa Indonesia. Anak-anak harus mendapat kehidupan yang baik, pengasuhan yang baik, pendidikan yang baik hingga nutrisi yang baik dalam tumbuh kembang mereka hingga kelak mereka dewasa dan menjadi penerus bangsa. Kami dari Zerosixers Cycling Club memiliki misi untuk memberi kebaikan di setiap gowesan kami. Sejalan dengan Bike To Care 2022, kali ini misi kami adalah membantu anak-anak dari SOS Children’s Villages Indonesia yang telah kehilangan pengasuhan orang tua agar tetap dapat mendapatkan yang terbaik bagi masa depan mereka. Donasi yang kami kumpulkan, walaupun jumlahnya belum seberapa, kami berharap bisa menjadi awal mula yang baik bagi teman-teman Iluni FEB UI untuk membantu anak-anak Indonesia,” ujar Bapak Mirza Adityaswara.

Menanggapi kegiatan ini, National Director SOS Children’s Villages Indonesia, Bapak Gregor Hadi Nitihardjo juga turut memberikan apresiasinya, “Tidak henti saya terkagum atas partisipasi orang-orang baik yang telah mendukung kegiatan Bike To Care 2022. Tiada henti juga saya ucapkan terima kasih saya kepada ratusan orang baik yang telah membantu dan mendukung misi Bike To Care 2022. Tekad luar biasa mengayuh kilometer demi kilometer dengan motivasi membantu masa depan anak-anak kami adalah hal yang sungguh mulia. Semoga kedepannya, Zerosixers Cycling Club dapat menjadi rekan baik kami dalam melakukan kebaikan serta tentunya kami juga berharap dapat mengundang lebih banyak lagi komunitas dan bersama menjadi #PejuangAnak bagi masa depan anak-anak Indonesia.”

Kebaikan luar biasa ini bukan hanya milik para pesepeda Zerosixers Cycling Club yang berjuang mengayuh untuk anak sejauh 50 KM, tapi juga milik para puluhan donatur yang mendampingi setiap kayuhan sepeda mereka. Penggalangan dana di halaman Kitabisa Zerosixers Cycling Club sudah ditutup pada tanggal 8 April 2022 kemarin dan berhasil menggalang donasi sebesar Rp 33.080.367 dari 40 #PejuangAnak. Sebagai informasi, untuk implementasi program pengasuhan alternatif berbasis keluarga dibutuhkan dana minimal sebesar 500 Juta Rupiah, dengan rincian setiap anak membutuhan setidaknya Rp 6 Juta Rupiah untuk memenuhi seluruh kebutuhan dasar mereka selama setahun.

(Foto : Ist)

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *