Ketika memiliki uang lebih, biasanya uang tersebut kamu gunakan untuk apa, Kids? Dibelikan mainan, gadget atau ditabung?

Menurut data Money Management International, sebanyak 54 persen anak-anak usia di bawah 10 tahun, menggunakan uang yang mereka miliki untuk memenuhi keinginannya. Dan, hanya 28 persen saja yang menyimpan lebih banyak uangnya untuk ditabung. Ternyata, anak-anak tingkat Sekolah Dasar cenderung menggunakan uangnya untuk tujuan konsumtif dan bukan untuk keperluan masa depan. Kalau kamu, termasuk kelompok yang 54 persen atau yang 28 persen, nih, Kids?

Berdasarkan hal tersebut, Citi Indonesia (Citibank) melalui payung seluruh kegiatan CSR-nya, Citi Peka (Peduli dan Berkarya) bersama Prestasi Junior Indonesia (PJI) kembali mengimplementasikan program Digital Financial Literacy for Children bagi siswa sekolah dasar kelas 3, 4, dan 5 di lima kota Indonesia, khususnya di Bandung. Guna mengoptimalkan program tersebut, Citibank dan PJI juga memberikan motivasi kepada 100 orangtua siswa SDN 191 Babakan Surabaya, Bandung untuk memahami lebih jauh serta mengajarkan pengelolaan uang kepada anak di era digital yang serba cepat, mudah, dan instan dalam kegiatan Citi Parenting Talkshow bertajuk “Anak Terampil Kelola Uang di Era Digital” pada Kamis (17/1).

(kiri ke kanan) Dra. Euis Aah Suryati M.M.Pd, Kepala SDN 191 Babakan Surabaya, Bandung, Elvera N. Makki, Director, Country Head of Corporate Affairs Citi Indonesia, bersama Emida Jalil, Pengawas Dinas Pendidikan Kota Bandung dan Bapak Agus Susanto, Deputy Executive Director Prestasi Junior Indonesia sedang berbincang mengenai program Digital Financial Literacy for Children.

Menurut Ibu Elvera N. Makki, Director Country Head of Corporate Affairs Citi Indonesia, sejalan dengan fokus bisnis Citibank yang mengedepankan digitalisasi perbankan, Digital Financial Literacy for Children ini dimaksudkan untuk memanfaatkan tren penggunaan gawai bagi anak-anak digital native ke arah yang positif dengan memasukkan modul-modul edukasi keuangan dan pendekatan interaktif yang aman, komprehensif, dan menyenangkan bagi anak-anak. “Namun, upaya ini tentu tak terlepas dari dukungan para orangtua yang dapat membimbing anak-anak mereka untuk mengelola uang secara cermat dan tepat guna sehingga dapat memberikan manfaat keuangan di masa mendatang,” ujarnya.

Ditambahkan oleh Bapak Agus Susanto, Deputy Executive Director Prestasi Junior Indonesia, selama dua tahun kemitraan antara PJI dengan Citibank, telah sukses menjangkau 5.047 siswa-siswi dari 19 sekolah dasar di Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, dan Denpasar. “Pada tahun ini, kami fokus untuk meningkatkan manfaat dari program ini dengan turut mengedukasi para orangtua dan guru mengenai pentingnya literasi keuangan bagi anak. Kami meyakini sinergi positif antara program Digital Financial Literacy for Children ini dengan pengajaran dari orangtua dan guru dapat membangun budaya pengelolaan uang yang sehat bagi anak-anak Indonesia,” ujarnya.

 

 

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *