Merries Luncurkan Program Senyumkan Lingkungan melalui Gerakan Mengolah Popok Bayi Bekas Pakai

Bagi kalian yang punya adik bayi, pasti sering melihat Mama memakaikan popok untuknya. Biasanya, popok yang telah terpakai, pasti akan dibuang ke tempat sampah ya, Kids. Bahkan di beberapa daerah Indonesia, masih banyak yang membuang popok bekas ke sungai. Tentu ini akan mencemari lingkungan, juga berdampak buruk bagi kesehatan.

Inilah yang mendasari Kao Indonesia, perusahaan Consumer Goods yang berasal dari Jepang, melalui salah satu merek andalannya Merries, melakukan inisiasi program “Merries Senyumkan Lingkungan”.

Mereka bekerja sama dengan Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Barat dan Perusahaan Teknologi Pengolahan Limbah, untuk melakukan Gerakan Mengolah Popok Bayi Bekas Pakai untuk Masa Depan Lingkungan, dengan mengajak dan menggerakkan 1.000 ibu-ibu di 28 posyandu di Jakarta Barat.

Sebagai merek popok bayi yang telah teruji klinis oleh Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia, Merries melakukan tindak nyata dengan mengumpulkan popok bayi bekas pakai di beberapa wilayah di Jakarta Barat untuk diolah kembali menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat.

Bekerja sama dengan Perusahaan Teknologi Pengolahan Limbah, Kao akan mengolah popok bayi bekas pakai yang telah terkumpul oleh ibu-ibu di posyandu untuk diubah menjadi minyak (oil) dan fiber.

Minyak nantinya digunakan untuk mengoperasikan kembali mesin recycle popok bayi bekas pakai tersebut. Lalu, fiber yang didapat diolah menjadi batako untuk bahan pembangunan dan juga pot untuk tanaman.

Ibu Inad Luciawaty, istri Walikota Jakarta Barat sekaligus Ketua Tim Penggerak PKK Kota Administrasi Jakarta Barat, menekankan pentingnya inisiatif ini, “Program ini sangat baik sekali, mengubah sampah popok bekas menjadi minyak dan fiber. Sampah sudah menjadi isu sosial dan kesehatan di kota-kota besar.Untuk mengatasinya perlu kerja sama semua pihak, mulai dari penyuluhan edukasi terpadu dan berkesinambungan kepada para Ibu hingga ke teknologi untuk menanggulangi sampah tersebut, sehingga tercipta dampak aksi sosial yang lebih terasa,” katanya saat ditemui di Kantor Walikota Jakarta Barat, beberapa waktu lalu.

Ia juga mengatakan bahwa ke depannya semoga semakin banyak posyandu yang dilibatkan, sehingga semakin banyak ibu-ibu yang teredukasi dan berperan nyata menjaga lingkungan. “Program ini juga bisa sekaligus menambah penghasilan secara ekonomi bagi ibu-ibu kader,” ucapnya.

Program “Merries Senyumkan Lingkungan”, dikatakan Ibu Susilowati, VP Marketing, Kao Indonesia sebagai salah satu wujud nyata komitmen Kao Indonesia untuk terus memberikan dampak positif terhadap lingkungan. Salah satunya dengan mengurangi limbah popok bayi bekas pakai.

“Kami berharap bahwa acara peresmian program ‘Merries Senyumkan Lingkungan’ ini dapat menjadi motivasi bagi Merries untuk senantiasa berkomitmen memberikan senyuman kepada bayi-bayi di Indonesia dan memberikan senyuman kepada lingkungan, serta menjaga kelangsungan kesehatan serta kesejahteraan hidup masyarakat Indonesia,” tutup Ibu Susilowati.

Foto: Istimewa

 

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *