Tak terasa, sebentar lagi musim liburan akhir tahun segera tiba. Saatnya memanfaatkan waktu berkualitas bersama keluarga, termasuk lebih sering bermain bersama anak.

Jika Moms ingin menghadiahkan si kecil mainan, kini tak perlu bingung lagi. Sama dengan tahun-tahun sebelumnya, Early Learning Centre (ELC), gerai permainan edukatif terkemuka turut menyemarakkan kehadiran liburan akhir tahun lewat sederet ide hadiah permainan terbaik yang mencapai 50 macam, dimulai dari usia newborn sampai 6 tahun.

Mohit Nigam, Brand General Manager dari Early Learning Centre Indonesia mengungkapkan, “Memasuki musim liburan akhir tahun, Early Learning Centre setiap tahunnya konsisten menghadirkan beragam permainan terkini yang disesuaikan terhadap umur perkembangan anak sedari lahir.  Lebih dari itu, kehadiran 50 ide hadiah permainan anak ini juga untuk mendukung semakin eratnya hubungan orangtua dengan anak di waktu yang lebih luang dan tak terbatas seperti liburan akhir tahun ini. Bermain bersama anak masih menjadi cara terbaik untuk membangun tumbuh kembang setiap anak lebih pesat, baik dari segi fisik maupun emosional,” ujarnya dalam acara Media Gathering “Enjoy the play in this Season of Wonder” di Kidzoona Playground, Grand Indonesia Jakarta, baru-baru ini.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Psikolog Klinis Anak dan Remaja dari TigaGenerasi, Evryanti Putri, M.Psi., Psikolog.  Ia mengatakan menciptakan waktu berkualitas dengan anak salah satunya bisa dilakukan lewat bermain bersama. “Menghabiskan waktu berkualitas dengan anak dapat menghasilkan ikatan atau bonding lebih erat. Meski kelekatan ini sudah dibangun sejak anak lahir, harus terus dipupuk sebab bonding menjadi dasar anak percaya dengan lingkungan, sehingga membangun keterampilan sosial yang baik bagi anak-anak,” katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan, quality time bersama anak bisa dijadikan sebagai momen eksplorasi minat dan bakat anak, apalagi masih di usia periode emas anak. “Anak akan lebih semangat ketika didampingi/berinteraksi dengan orang lain. Nah, di sini orangtua dapat mengajarkan nilai penting dalam hidup kepada anak,” pesan Evryanti.

Lewat bermain, ada banyak hal yang bisa dipelajari oleh anak. “Mulai dari meningkatkan kognitifnya, anak bisa belajar calistung, diajak berpikir kritis dan dilatih untuk memecahkan masalah,” imbuhnya.

Selain itu, dengan banyak mengobrol bersama orangtua, kemampuan bahasa dan komunikasi si kecil pun otomatis terasah. “Bermain juga melatih kemampuan motorik kasar, misalnya saat bermain yang melibatkan kekuatan otot, keseimbangan dan presisi motorik. Tak hanya itu, lewat bermain anak dilatih untuk meningkatkan keterampilan sosialnya, misalnya saat melihat atau bermain bersama anak lain. Anak juga dilatih untuk mengatur emosi, misalnya saat harus bermain bergantian atau berbagi mainan,” terang Evryanti.

Bermain merupakan cara efektif bagi anak-anak untuk belajar banyak hal baru, apalagi ditunjang dengan kehadiran permainan anak yang sesuai dengan usianya dan dibutuhkan oleh tahapan perkembangan dirinya. Meski demikian, mengajak anak-anak untuk berekreasi di luar rumah saat liburan juga turut menjadi penunjang dalam menghabiskan waktu yang berkualitas bersama anak.

Terpenting untuk diingat, orangtua merupakan sosok atau tokoh utama yang diidolakan anak-anaknya, sehingga para orangtua wajib mengenalkan hal-hal dasar yang positif, seperti bermain permainan yang sesuai usianya, sehingga dapat mengurangi keinginan anak mencoba hal lain di luar usianya.

Untuk membantu orangtua meningkatkan kualitas hubungan dengan anak lewat bermain bersama, Early Learning Centre menghadirkan 50 pilihan mainan terbaik untuk menemani liburan akhir tahun ini, yang mengusung tema “Enjoy The Play in This Season of Wonder”, mulai dari: B Friends, The ELC Key Boom Board, Early Learning Globe with AR, Pony Cycle, SquishMallows, dan lain sebagainya.

Deretan mainan ELC lainnya, dapat langsung mengunjungi seluruh gerai dan website ELC dan akan tersedia pada 16 November-26 Desember 2022.

Ajeng Samodra, Seorang Ibu sekaligus Perwakilan Ruangmom Community turut menambahkan, “Bermain bersama anak merupakan tugas penting bagi orang tua, setidaknya dalam satu hari, luangkan waktu minimal 30 menit tanpa gangguan apapun untuk mengajak atau mendampingi anak bermain, tanpa perlu menunggu datangnya liburan akhir tahun. Nah, para orang tua sekarang tidak perlu pusing tentang ide bermain, karena sekarang ini semakin banyaknya permainan anak yang didesain sesuai dengan usia dan kebutuhan tumbuh kembang anaknya. Sebagai contoh, banyak dari anggota Ruangmom sudah menggunakan permainan Early Learning Centre sedari anak lahir, sehingga sangat membantu orang tua untuk mengurangi penggunaan gawai saat bermain dengan anak. Karenanya, anak-anak dapat berkembang lebih baik lewat bermain bersama dengan orang tua atau teman sebayanya.”

Semakin lengkap, Early Learning Centre memberikan penawaran terbaik untuk pelanggan setia, Gift with Purchase, dengan belanja Rp1.000.000, pelanggan bisa mendapatkan ELC Toy Box & voucher sampai dengan Rp2.000.000 dari partner Early Learning Centre yang berlaku di semua toko mulai tanggal 16 November 2022.

Early Learning Centre turut menghadirkan Special Playtime yang akan dilaksanakan pada 10 Desember 2022 dengan mengusung tema Kerajinan DIY Natal, dan berlangsung di semua gerai. Para orang tua juga bisa mengajak anak-anak untuk temui Santa pada 17 dan 24 Desember 2022 di beberapa gerai Early Learning Centre terpilih.

Oiya Moms, jangan lupa pantau media sosial ELC lewat Instagram @elcindokarena akan ada Giveaway terbesar, dengan menghadirkan 100 hadiah untuk 100 pemenang selama periode 10 November sampai 10 Desember 2022.

Foto: Efa, Ist

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *