Yuk, Minum 6 Gelas Air Sehari!

Kurang minum, bisa berakibat buruk untuk kesehatan, Kids. Dampaknya pun akan terasa, baik jangka pendek maupun jangka panjang. Nah, sebaiknya, kalian minum air putih sebanyak 6 gelas sehari. Kapan sajakah waktunya?

Tahukah, Kids, sebanyak 70% dari tubuh kita, terdiri dari air, lho? Air sangat berperan penting untuk kelancaran sistem organ tubuh. Seperti misalnya untuk mengatur suhu tubuh, membantu melarutkan mineral, membantu ginjal dan hati melarutkan sisa metabolisme, serta membawa oksigen dan nutrisi ke seluruh jaringan sel tubuh.

Menurut Dr. dr. Budi Wiweko, SpOG (K), MPH, Ketua Indonesian Hydration Working Group (IHWG), sebanyak 21 juta masyarakat Indonesia masih kurang minum (low drinkers). Padahal, banyak bahaya mengancam dari akibat kurang minum ini. Di antaranya; metabolisme tubuh terganggu, penyakit ginjal, diabetes, maupun jantung. “Karena itu, penanaman kebiasaan minum yang baik pada anak sangatlah penting. Sehingga di masa mendatang, mereka akan terus melakukan kebiasaan baik tersebut,” ujar dr. Budi.

Bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan, maka diselenggarakanlah program “AMIR” alias Ayo Minum Air. “Melalui program AMIR, kami berupaya untuk membiasakan perilaku minum air yang sehat kepada para siswa dengan menyediakan gelas dan air saat makan siang di sekolah,” terang dr. Budi. “Program AMIR diharapkan bisa memberikan dampak positif untuk mendorong kebiasaan minum air yang sehat,” timpal Dr. Tria Rosemiarti, Hydration Science Director PT Tirta Investama (Danone-AQUA).

(Ki-Ka): Budi Wiweko, Tria Rosemiarti, Stavros A. Kavouras, dan Ivan Tack

Menariknya, tak hanya menyediakan air dan gelas ke sekolah-sekolah, program AMIR juga membuat lagu, buku panduan serta komik tentang pentingnya minum air putih. “Kebutuhan air bisa didapat dari air putih, susu tanpa gula, jus tanpa gula, dan makanan,” jelas Prof. Stavros A. Kavouras, Professor di bidang Nutrisi dari Arizona State University, AS. “Asupan minuman bergula yang berlebihan justru bisa meningkatkan risiko obesitas, diabetes mellitus, dan sakit ginjal,” jelasnya lagi.

“Untuk itulah, minum air putih paling sedikit 2 liter atau 8 gelas sehari bagi orang dewasa dan 6 gelas sehari untuk anak-anak, bisa mencegah penyakit batu ginjal, infeksi kandung kemih, dan membatasi perkembangan penyakit ginjal akut,” tambah Prof. Ivan Tack, Ketua Departemen Medical Physiology di Toulouse School of Medicine, Paul Sabatier France University.

Nah, kapan saja waktu yang tepat untuk minum air? Pertama, ketika bangun tidur; Kedua, saat belajar; Ketiga, saat sesudah makan, dan keempat, saat bermain. Saat demam dan sakit, kita juga harus banyak minum air, Kids. Ingat, ya, agar sehat dan terhindar dari berbagai penyakit, kalian harus cukup minum air, minimal 6 gelas sehari. Tapi, sebelum minum, periksa dulu airnya. Air yang kita minum harus bersih, jernih, tidak berasa, dan tidak berbau!

Foto: Novi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *