Bagaimana hari pertama sekolahmu, Kids? Pasti menyenangkan, ketemu teman baru, lingkungan baru. Tahu tidak, ternyata, bila kesehatan gigi dan mulut kita tidak terjaga dengan baik, bisa memengaruhi kepercayaan diri saat di sekolah, lho! Senyum pun jadi tertahan karena sakit gigi atau teman menjauh gara-gara kita bau mulut.

Padahal, saat menjalani hari-hari pertama sekolah, senyuman sehat memang menjadi modal yang sangat penting bagi anak. Menurut Ibu Rosdiana Setyaningrum MPsi, MHPEd, Psikolog anak dan keluarga, bahasa tubuh – termasuk senyuman – bisa mewakilkan 80 persen dari komunikasi. Saat anak merasa nyaman karena dapat bebas tersenyum, maka senyuman ini dapat menarik orang lain untuk mendekat dan bergaul dengannya, sehingga memudahkannya untuk beradaptasi dan bersosialisasi.

Ditambah lagi, seiring bertambahnya usia anak, semakin menyadari posisinya sebagai makhluk sosial. Ia mulai peka pada pandangan orang lain terhadap dirinya, dan menginginkan agar dapat diterima dengan baik di tengah lingkungan. Oleh karena itu, sebagai Ibu, perlu memberikan perlindungan yang lebih menyeluruh agar anak dapat bersosialisasi dengan nyaman dan percaya diri, serta terhindar dari risiko yang mungkin timbul akibat kebiasaan-kebiasaan baru di sekolah, termasuk risiko kesehatan gigi dan mulut.

 Drg. Ratu Mirah Afifah, GCClinDent., MDSc. selaku pakar kesehatan gigi dan mulut menerangkan, saat liburan, terkadang orangtua lebih permisif dalam mengontrol berbagai jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi anak. “Semangat untuk mengeksplorasi makanan dan minuman ini bisa berlanjut saat anak mulai bersekolah, dimana mereka juga terekspos dengan makanan dan minuman baru yang ingin mereka coba. Penting bagi seorang Ibu untuk melakukan pencegahan dengan memastikan perlindungan yang lebih menyeluruh untuk kesehatan gigi dan mulut anak mereka,” ucapnya.

“Banyak Ibu yang belum menyadari bahwa kebutuhan anak untuk memiliki gigi dan mulut yang sehat semakin kompleks seiring dengan pertumbuhan usianya. Tidak hanya perlu terlindung dari masalah gigi berlubang akibat ragam makanan yang berpotensi merusak gigi, anak juga membutuhkan perlindungan dari noda yang mengganggu warna alami gigi, serta napas yang lebih segar agar mereka dapat lebih percaya diri dalam memberikan senyuman yang terbaik kepada orang-orang di sekitarnya,” lanjut Drg. Mirah.

Menyadari hal ini, Pepsodent mengajak orangtua agar melengkapi perlindungan menyeluruh untuk senyum terbaik buah hati tercinta dengan menggunakan Pepsodent Action 123 Complete secara teratur dua kali sehari, sehabis sarapan dan sebelum tidur untuk memberikan tiga manfaat perlindungan sekaligus yaitu: mencegah gigi berlubang, memberikan napas lebih segar, dan mengembalikan warna alami gigi.

Komitmen Pepsodent Action 123 Complete untuk mendukung para Ibu di Indonesia dalam menyiapkan senyum anak sejak hari pertama sekolah juga diberikan melalui kegiatan “Senyum Sejak Hari Pertama” yang digelar bekerjasama dengan lebih dari 500 orangtua yang merupakan anggota komite sekolah dari puluhan Sekolah Dasar di Jakarta. Untuk mengedukasi mengenai pentingnya perlindungan menyeluruh bagi anak di hari-hari pertama sekolah – baik dari sisi psikologis maupun kesehatan gigi dan mulut. Selain itu juga melakukan berbagai kegiatan seperti pemeriksaan gigi gratis untuk anak dan sikat gigi bersama.

(Foto: Dok. Pepsodent)

 

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *