Berapa kali kalian makan buah dan sayur dalam sehari? Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), sayur dan buah merupakan komponen penting dalam pemenuhan gizi seimbang, dan kekurangan konsumsi keduanya terkait erat dengan kondisi kesehatan yang buruk, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang lho Kids.

WHO juga menganjurkan jumlah konsumsi sayur dan buah pada anak sebanyak 5 porsi atau sekitar 400 gram per hari. Sayangnya, hanya 1 dari 5 anak yang mengetahui jumlah porsi harian sayur dan buah yang direkomendasikan tersebut. Riskesdas 2018 menyebut baru 5 persen masyarakat Indonesia mengonsumsi sayur dan buah secara mencukupi. Padahal, manfaat konsumsi sayur dan buah sesuai anjuran tak bisa dipungkiri lagi. Dari menjaga kondisi tubuh, melancarkan pencernaan, hingga mencegah risiko berbagai Penyakit Tidak Menular, serta kondisi obesitas pada anak.

Menurut Mr. Ali Cagri Gonculer, Country General Manager Beko Indonesia, hal inilah yang mendorong Europe’s number 1 freestanding home appliances brand menggagas kampanye ‘Eat Like A Pro’. Nah, agar kalian terbiasa mengonsumsi sayur dan buah, Beko bersama nutrisionis FC Barcelona menghadirkan variasi menu makanan sehat dan enak untuk anak, melalui buku resep ‘Eat Like A Pro’. Salah satu sajian yang dihadirkan adalah ‘Banana Date Smoothies’, yang juga merupakan menu favorit dari duta kampanye ‘Eat Like A Pro’, Gerard Pique. Memadukan buah pisang, kurma, dengan beberapa bahan bergizi lainnya, smoothies kesukaan pemain andalan FC Barcelona ini semakin maksimal manfaatnya, ketika diolah menggunakan produk Vacuum Blender dari Beko. Hadir dengan inovasi terbaik, teknologi vacuum pada produk ini mampu mencegah terjadinya oksidasi, dengan cara mengeluarkan udara dari tabung sebelum proses pelumatan, sehingga kandungan vitamin dan nutrisi tetap terjaga.

Nah, Chef  Steby Rafael berbagi taktik agar kalian menggemari sayur dan buah;

  1. Potong buah segar (beraneka warna dan jenis) menjadi beberapa potongan kecil agar kalian mudah untuk memakannya. Sajikan dengan kombinasi warna yang menarik dan sajikan dalam kondisi sejuk (masukkan ke dalam lemari es selama 20 menit sebelum disajikan).
  2. Sajikan smoothies bowl dengan topping potongan buah segar yang ditata memikat – seperti meniru karakter kartun atau tampilan bunga, agar kalian makin tertarik dan tergoda untuk menyantapnya.
  3. Untuk memudahkan dalam mengonsumsi, smoothies dengan tekstur yang halus bisa menjadi alternatif. Mengombinasikan jenis buah/sayur yang manis dan sedikit asam, serta memiliki warna-warna yang kontras bisa menciptakan daya tarik tersendiri lho Kids.

(Foto : Dok. Beko)

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *