Kalian suka makanan atau minuman manis? Gula memang dibutuhkan tubuh, tapi tak boleh berlebihan, Kids. 

Perlu diketahui, gula adalah salah satu musuh utama gigi. Kalau kamu suka makan/minum yang manis-manis, tapi tak diiringi dengan kebersihan gigi dan mulut, bisa berdampak buruk bagi kesehatan gigi kamu.

Tak  hanya itu, konsumsi gula berlebih, juga bisa bikin berat badan naik. Kalau diabaikan, bisa berujung pada kelebihan berat badan (obesitas). Dalam jangka panjang, obesitas berisiko mengembangkan penyakit seperti diabetes atau jantung di kemudian hari. Duh!

Lantas, nggak boleh makan manis? Tentu boleh, tapi dalam batas sewajarnya saja. Badan Kesehatan Dunia (WHO) menganjurkan bahwa asupan gula untuk anak-anak tidak melebihi 30 gram per hari (enam sendok teh). Tapi sayangnya, data Survey Konsumsi Makanan Individu (SKMI) Indonesia tahun 2014 menyatakan bahwa hampir 30 persen masyarakat mengonsumsi gula harian melewati batas tersebut.

Ya, susah sekali memang menghindari gula ini. Sebab, ternyata, tak hanya pada makanan atau minuman manis saja, banyak banget sumber makanan yang tampak nggak manis, ternyata mengandung gula tersembunyi, lho! Hal itu disampaikan oleh Spesialis Gizi Klinik dr. Diana F Suganda, M.Kes, SpGK pada acara Pepsodent Media Conference “Lindungi Kesehatan Gigi Keluarga dari Risiko Gula Tersembunyi” di Suasana Restaurant, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (5/9/2018).

Para pembicara dalam acara bincang media “Lindungi Kesehatan Gigi Keluarga dari Risiko Gula Tersembunyi” yang diadakan oleh Pepsodent pada Rabu (5/9/18)

dr. Diana menyebutkan, dalam makanan dan minuman yang dianggap sehat pun ternyata tidak luput dari kandungan gula tersembunyi. Seperti buah-buahan (baik buah asli maupun hasil olahannya), sereal, biskuit atau roti gandum, granola, minuman oat, puding, jeli, dan agar-agar atau jenis minuman seperti minuman isotonik, minuman diet, susu kacang, susu beras, susu almond, dan banyak lainnya.

Kamu suka sarapan sereal susu, lantas minum yogurt berasa buah di siang hari? Dalam semangkuk sereal susu, menurut dr. Diana, mengandung 23 gram gula. Yogurt kemasan berasa buah sekitar 20 gram, pun demikian dengan jus buah kemasan yakni 20 gram. Misal kamu konsumsi itu dalam sehari, sudah 63 gram asupan gula yang masuk ke dalam tubuh, jauh melewati jumlah yang direkomendasikan. Belum lagi kalau kamu makan siang dan makan malam, terus, ngemil cokelat atau permen yang manis. Wah…

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *