Danone-AQUA dan Grab Libatkan Masyarakat untuk Ikut Mendaur ulang Sampah lewat GrabExpress Recycle

Tahukah Moms, menurut Laporan Indonesian Marine Debris Hotspots yang dirilis Bank Dunia, Indonesia menghasilkan175.000 ton sampah. Sekitar 14 persen atau 24.500 ton per hari merupakan sampah plastik. Lebih ironis lagi, 81 persen sampah di Indonesia tidak dipilah dan belum dikelola dengan baik sehingga sulit untuk didaur ulang. Sehingga hanya menumpuk di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) atau justru terbuang ke laut.

Melihat itu, Danone-AQUA, merek air minum kemasan bersama Grab, aplikasi transportasi online memutuskan menjalin kerja sama untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pengelolaan sampah bagi kelestarian lingkungan.

Melalui Grab Express Recycle, sebuah layanan baru yang tersemat langsung pada platform Grab, pengguna dapat dengan mudah mengirimkan sampah bernilai ekonomis, terutama botol dan gelas plastik, ke bank sampah terdekat.

Kemudian, sampah tersebut akan dibawa ke Recycling Business Unit (Unit Daur Ulang/RBU) milik Danone-AQUA untuk diproses menjadi bahan baku yang nantinya akan dibuat menjadi produk baru untuk digunakan dalam keperluan sehari-hari, misalnya botol plastik baru.

(kiri – kanan) Ridzki Kramadibrata, President of Grab Indonesia; Neneng Goenadi, Managing Director Grab Indonesia; Novrizal Tahar, Direktur Pengelolaan Sampah, Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia; Corine Tap, President Director, PT Tirta Investama (Danone-AQUA); dan Dewi Larasati, E-Business Director, Danone-AQUA, saat peluncuran kerja sama antara Danone-AQUA dan Grab Indonesia yang libatkan masyarakat untuk ikut mendaur ulang sampah melalui layanan Grab Express Recycle, Jakarta (25/02/20)

Untuk melakukan pengiriman, Moms tinggal memesan driver lewat aplikasi Grab. Pilih ‘layanan pengantaran’ pada menu utama. Cara “GRAB AQUA” pada lokasi pengantaran dan pilih Bank Sampah terdekat. Masukkan nama dan nomor telepon Moms sebagai penerima. Masukkan jenis barang yang akan dikirim dengan pilihan Others. Pilih Grab Express Recycle sebagai layanan pengantaran. Konfirmasi pengiriman dan Pesan Grab Express.

Adapun jenis sampah yang bisa kita kirimkan adalah botol plastik, gelas plastik bening dan kardus. Adapun berat barang tidak lebih dari 15 kg. Moms bisa mengirimkan barang-barang yang akan didaur ulang pada lokasi-lokasi yang telah ditentukan di jam tertentu yakni pukul 08.00 hingga 14.00 pada hari Senin – Sabtu.

“Lewat kerja sama ini,  kami berharap bisa menjangkau lebih banyak konsumen serta mengedukasi mereka tentang pentingnya mengelola sampah sejak dari rumah,” ujar Corine Tap, Presiden Direktur PT Tirta Investama (Danone-AQUA).

Untuk sementara ini, dikatakan oleh Neneng Goenadi, Managing Director Grab Indonesia, layanan ini baru tersedia di wilayah Jakarta. “Kita coba dulu danlihat bagaimana respons masyarakat. Bila positif tak menutup kemungkinan akan diperluas hingga wilayah lain, begitu pula dengan armadanya. Bisa saja nanti jadi meluas menjadi Grab Car Express sehingga bisa mengangkut lebih banyak lagi sampah plastik ke TPA,” tutupnya.

Yuk, Moms, ajak anggota keluarga untuk melestarikan lingkungan dengan mengelola sampah plastik dengan benar. Mulailah dengan memilah jenis sampah plastik di rumah lalu mengirimkannya ke bank sampah terdekat.

Foto: Istimewa

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *