Ibu adalah ‘guru’ pertama yang ditemui oleh setiap manusia. Berkat Ibu, kita bisa melakukan apa saja, salah satunya membaca. Nah, dalam rangka memperingati Hari Ibu ke-90, Perpustakaan Nasional RI mendeklarasikan Gerakan Ibu Bangsa Membaca. Ajakan bagi para Ibu, agar keluarganya gemar membaca.

Menurut Bapak Muhamad Syarif Bando, Kepala Perpustakaan Nasional RI, Gerakan IBU BANGSA MEMBACA ini dimaksudkan untuk mengajak para Ibu dan perempuan Indonesia lebih berperan aktif dalam kegiatan literasi dan meningkatkan kebiasaan membaca dan menularkan kebiasaan tersebut pada anak-anak dan keluarganya. “Membaca dan membuka wawasan melalui berbagai buku serta bahan bacaan lainnya, diyakini akan mampu membantu setiap orang yang hidup di zaman digital yang serba cepat seperti sekarang ini, untuk mampu memiliki saringan menapis banjirnya informasi. Tak jarang banyak di antaranya berisi berita bohong, ujaran kebencian, dan narasi negatif yang bisa berdampak buruk pada perkembangan psikologis anak-anak, bahkan juga orang dewasa,” ujarnya.

Sebagai ‘guru’ pertama yang ditemui seorang manusia, Ibu merupakan pembangun fondasi yang mampu menentukan kualitas sumber daya manusia. Hal ini yang membuat Perpustakaan Nasional merasa perlu dan mendesak untuk mengajak para Ibu dan perempuan Indonesia agar lebih banyak membaca bagi keluarganya. Hal ini juga yang membuat Perpustakaan Nasional merasa perlu membuat iPUSNAS, sebuah platform digital untuk koleksi-koleksi buku yang dimilikinya. “Harapannya, dengan iPUSNAS, jangkauan keterbacaan buku-buku koleksi kami menjadi lebih luas. Bisa melampaui batas wilayah serta waktu,” lanjutnya.
Nah, dalam rangka memperingati Hari Ibu ke-90, Perpustakaan Nasional RI menggelar literasi yang diikuti oleh 26 tokoh perempuan dari berbagai profesi, kalangan, generasi, dan komunitas. Mereka tampil membacakan kutipan paragraf pilihan dari buku-buku elektronik yang menjadi koleksi iPUSNAS.

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *