Buah pisang, semangka, anggur, apel, pasti kalian sudah pernah mencobanya. Tapi, kalau buah buni, jamblang, menteng, kecapi, ataupun gandaria, jangan-jangan kalian baru mendengar namanya. Padahal, buah-buahan itu buah asli Indonesia, lho. Namun sayang, kini sudah mulai langka dan sulit dicari keberadaannya. Nah, bagi yang belum tahu, berikut penampakannya:

Buah Buni
  1. Buah Buni

Bentuknya bulat-bulat kecil bergerombol seperti anggur dan ada bijinya di dalam. Warnanya ada yang hijau, merah, dan juga ungu. Rasanya manis jika sudah berwarna ungu. Biasa dibuat rujak dengan cara ditumbuk kasar ataupun dijadikan selai, Kids.

Ternyata, buah buni juga banyak mengandung vitamin C, lho. Sehingga jika dikonsumsi bisa untuk meningkatkan daya tahan tubuh kita. Tak hanya itu, buah buni pun mengandung pigmen alami yang bisa dijadikan sebagai pewarna alami.

Buah Jamblang
  1. Buah Jamblang

Buah jamblang atau biasa juga disebut dengan buah jambu keling atau duwet termasuk ke dalam golongan buah jambu-jambuan. Warna dan bentuknya sekilas seperti buah anggur. Memiliki tekstur daging buah yang berair, rasanya asam manis dan berwarna ungu gelap saat sudah matang.

Buah ini pun ternyata memiliki khasiat tersendiri, lho, Kids. Bisa untuk mengatasi batuk karena  mengandung vitamin C dan antioksidan yang dapat melawan bakteri penyebab utama batuk. Tak hanya itu, berkhasiat pula untuk mengatasi rasa pusing atau sakit kepala karena di dalamnya mengandung zat astringen.

Buah Menteng
  1. Buah Menteng

Buah menteng bentuknya bulat, kulitnya halus, dan warna kulit buahnya sama seperti buah duku yaitu krem. Jika buah duku berwarna putih bening, buah menteng berwarna ungu kemerahan. Biasa disebut juga dengan buah kemundung atau kepundung. Daging buahnya sedikit karena bijinya besar. Rasa buah menteng ini biasanya asam, meski ada juga yang manis.

Khasiat buah menteng ternyata bermanfaat dalam pembentukan sel darah merah sehingga mencegah penyakit kurang darah atau anemia. Jika rajin mengonsumsi buah ini, peredaran darah menjadi lancar dan membuat fungsi serta kerja jantung menjadi lebih baik.

Buah Kecapi
  1. Buah Kecapi

Nama lain buah kecapi biasa juga disebut dengan buah sentul dan ketuat. Bentuknya bulat dengan kulit buah berwarna hijau dan kuning jika sudah matang. Bentuk daging buah seperti buah manggis dan memiliki biji yang lumayan besar di dalamnya. Rasanya ada yang asam dan juga ada yang manis.

Ciri khas buah kecapi yaitu memiliki kulit buah yang tebal dan biasanya diolah menjadi manisan. Salah satu manfaat buah kecapi yang cukup populer di masyarakat adalah memiliki khasiat menurunkan demam. Tak hanya itu, bagian serbuk kulit tanaman kecapi ternyata bisa sebagai obat untuk membasmi cacingan yang sering diderita anak-anak.

Buah Gandaria
  1. Buah Gandaria

Nama gandaria-nya sendiri diketahui berasal dari kulit ari dan bijinya yang berwarna ungu kemerahan (gandaria). Sebenarnya masih bisa kita ditemui di pulau Jawa dan Sumatera. Ciri khas buah gandaria adalah daunnya yang sangat rimbun sehingga bisa dijadikan sebagai pohon pelindung.

Sayangnya, buah gandaria ini rasanya asam, Kids. Meski buah tersebut dalam keadaan sudah matang. Awalnya berwarna hijau dan berubah menjadi kuning saat matang. Adapun tekstur daging buahnya tebal, renyah, dan berair.

Foto: Ist

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *