Dilansir dari Statista, sejak Januari 2021, pengguna internet aktif di dunia mencapai 59,5% dari populasi global. Di Indonesia sendiri, penggunaan media digital telah menjadi bagian yang menyatu dalam kehidupan anak-anak Indonesia sehari-hari. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), pada tahun 2020, sebanyak 59,33% anak di Indonesia merupakan pengguna internet. Mereka mengakses internet untuk mencari informasi, berhubungan dengan teman, serta mencari hiburan.

Meskipun internet telah terbukti dapat memudahkan kehidupan sehari-hari, sayangnya, jika tidak digunakan dengan hati-hati, internet juga memiliki efek negatif dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan data dari ICT Watch, terdapat risiko pengaruh negatif dari internet untuk anak, seperti kurang peka dengan keadaan sekitar hingga kehilangan minat untuk bersosialisasi. Namun, sebenarnya jika digunakan dengan bijak, internet juga mempunyai banyak dampak positif yang dapat menunjang kebutuhan kita, lho. Apalagi dengan keterbatasan mobilitas di masa pandemi ini, penggunaan internet juga sangat dibutuhkan untuk menunjang sistem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Selain itu, internet juga dapat membantu kamu agar dapat tetap berinteraksi dengan teman dan memudahkan dalam mengakses hiburan maupun informasi untuk meningkatkan pengetahuan serta wawasan. Kamu juga dapat mengekspresikan diri melalui internet, seperti menulis blog, belajar musik melalui internet, dan lain-lain.

Dirangkum dari sesi webinar Impact Talks “Peran Guru dalam Mendukung Kebebasan Berekspresi Siswa di Ruang Digital” bersama Bapak David Ginola, S.Pd., SMPIT Khoiru Ummah, Rejang Lebong dan Bapak Hanky Guruh, MBA, Head of Business & Ops. Live Products Ruangguru yang diselenggarakan oleh Ruangguru bersama Kemenkominfo pada 14 September 2021 lalu, berikut hal-hal yang dapat dilakukan dalam berekspresi secara bijak di ruang digital:

Pahami Hak-hak Digital

Kebebasan untuk berekspresi di dunia digital merupakan hak bagi tiap-tiap individu. Namun, dalam dunia digital, juga tetap perlu ada batasan-batasan yang dilakukan agar aktivitas di dunia digital dapat menjadi lebih bermanfaat.

Memanfaatkan Platform Digital

Dengan pemberlakuan kebijakan physical distancing yang membuat kegiatan belajar harus dilakukan dari rumah, selain mendorong siswa untuk menggunakan platform digital dalam menunjang aktivitas pembelajaran, siswa juga bisa menyalurkan kreativitas dan berekspresi sesuai gaya mereka.

Tren yang sedang Digemari

Kaitkan tren dengan aktivitas pembelajaran, agar bisa meningkatkan minat dalam belajar.

Meskipun kebebasan dalam ruang digital adalah hak untuk semua orang, namun semua pengguna juga harus menggunakan platform digital secara bijak, agar semua orang dapat merasa aman untuk berekspresi di dunia digital. Ikuti berbagai rangkaian acara Impact Talks, sebuah inisiatif yang mewadahi guru, siswa, dan umum untuk berdiskusi seputar pendidikan dan topik sosial lainnya, di aplikasi Ruangguru yang diadakan setiap bulan pada minggu ke-3.

Foto: Ist

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *