Wonderful Indonesia Culinary & Shopping Festival (WICSF) 2019 Segera Digelar, Siap Gairhkan Industri Kuliner dan Belanja Indonesia

Siapa suka coba-coba aneka kuliner? Wah, siap-siap, deh. Tahun ini, Wonderful Indonesia Culinary & Shopping Festival (WICSF) 2019 kembali diselenggarakan selama sebulan penuh, lho! Catat tanggalnya, mulai 27 September hingga 27 Oktober 2019, serentak di seluruh pusat perbelanjaan di Indonesia.

Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) kembali bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata Republik Indonesia (Kemenpar) dalam menggelar WICSF 2019. Mereka telah menyiapkan berbagai program kuliner dan belanja menarik, seperti Lesehan Malam, Kuliner Kampung Halaman, Kelas Membatik, Gebyar Batik Muda Nusantara hingga pertunjukan musik yang dikemas secara apik. Cocok untuk dinikmati oleh segala rentang usia.

WICSF telah menginjak tahun ke-4. Ajang ini sudah menjadi Calendar of Event Kemenpar yang dilaksanakan secara rutin setiap tahunnya, yakni bertepatan dengan Hari Pariwisata Dunia, 27 September.

Sebagai agenda tahunan, WICSF diharapkan bisa mendukung pertumbuhan ekonomi di Indonesia secara menyeluruh dan menjadi daya tarik wisatawan lokal maupun mancanegara. Sehingga ke depannya, pusat perbelanjaan (mal) juga dapat berperan sebagai salah satu destinasi wisata di Indonesia.

Dibandingkan tahun lalu, dikatakan Bapak A. Stefanus Ridwan S. selaku Ketua Umum DPP APPBI yang dijumpai saat jumpa pers WICSF 2019, terjadi peningkatan jumlah pusat perbelanjaan yang berpartisipasi. “Kalau tahun lalu sekitar 165, tahun ini meningkat menjadi lebih dari 300 pusat perbelanjaan yang berpartisipasi. Bisa dibilang, hampir seluruh anggota APBBI yang jumlahnya 321, turut serta…” katanya.

Menteri Pariwisata Bapak Arief Yahya, sangat mendukung program tahunan ini. Ia mengatakan saat ini, 3 kategori penarik pengunjung pariwisata masih ditempati oleh kuliner, fashion dan craft.

Ia sempat menyinggung bahwa ada beberapa hal yang masih menjadi pe-er bagi sektor swasta maupun pemerintah dalam memajukan pariwisata Indonesia. Pertama, Indonesia tidak punya national food yang jelas.Untuk itu, Kemenpar telah menyiapkan 5 kuliner nusantara yang menjadi makanan nasional, yakni: soto, rendang, sate, nasi goreng dan gado-gado.

Kedua, Indonesia masih belum mempunyai destinasi wisata kuliner kelas dunia. Untuk itu, Kemenpar juga telah menetapkan 3 daerah di Indonesia yang akan menjadi destinasi wisata kelas dunia, yakni Ubud, Yogyakarta dan Bandung.  Saat ini, katanya, Ubud sedang dipersiapkan ke arah sana dan diharapkan akan menjadi destinasi wisata kuliner kelas dunia pada tahun 2020.

Dikenal sebagai surganya wisata kuliner, WICSF 2019 akan mengangkat berbagai jajanan pasar hingga jajanan kekinian. Mulai dari Nasi Gudeg, Nasi Pedas Bali hingga Roti Srikaya khas Pontianak. Kehadiran berbagai sajian nusantara ini di berbagai pusat perbelanjaan tentunya akan memudahkan pengunjung lokal maupun mancanegara yang ingin mencicipi ragam sajian khas dari berbagai daerah di Indonesia.

Sementara dari sisi belanja (shopping), Bapak Stefanus Ridwan menyebutkan bahwa diskon produk mencapai hingga 70 persen. Akan ada berbagai promo di seluruh pusat perbelanjaan. WICSF 2019 juga telah menyiapkan berbagai pameran Batik yang tersebar di seluruh pusat perbelanjaan di Indonesia, seperti Gebyar Batik Muda Nusantara, Pesona Batik Wastra Nusantara, Indonesia Culture Exhibition dan lain-sebagainya lengkap dengan diskon menarik.

Nantinya, acara pembukaan Wonderful Indonesia Culinary & Shopping Festival (WICSF) 2019 akan diadakan pada hari Jumat, 27 September 2019 di Main Atrium, Pluit Village, Jakarta. Akan hadir Bapak Arief Yahya (Menteri Pariwisata Indonesia), Komunitas Food Blogger serta selebriti Ibukota.

Dan untuk memanjakan lidah pengunjung, terdapat area kuliner khas Nusantara Indonesia yang hadir di area Festival Walk, Pluit Village. Selama periode event Wonderful Indonesia Culinary Shopping & Festival 2019, Pluit Village juga akan banyak menampilkan acara-acara seru dan menarik lainnya seperti penampilan Geisha, Funky Papua, kesenian tradisional Indonesia, kompetisi anak dan acara menarik lainnya. Wah, seru, ya!

Foto: dok. WICSF

 

 

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *