Tak bisa dipungkiri, telah terjadi peningkatan kejadian kanker di seluruh dunia, dimana ternyata terjadi peningkatan yang cukup tajam pada generasi milenial (usia 20-an tahun).

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Lancet Public Health dari American Cancer Society selama 20 tahun terakhir menunjukkan terjadi peningkatan tajam pada kejadian kanker pada mereka yang berusia 25 sampai dengan 49 tahun, khususnya yang mengalami obesitas (kegemukan).

Dan menurut data GLOBOCAN 2020, estimasi kejadian kanker di Indonesia pada 2020 mencapai 396.914 kasus baru dan sebanyak 234.511 kematian akibat kanker. Sementara itu, para ahli dari Lembaga Riset Kanker di Inggris menemukan bahwa kebanyakan kanker payudara dan kanker rectal, baru bisa dideteksi sepuluh tahun setelah tumbuh.

Dr. Nadia Ayu Mulansari, SpPD, KHOM, Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Hematologi Onkologi Medik

Itulah pentingnya kita semua untuk peduli, deteksi, dan cegah kanker sejak dini. “Jika kanker sudah bisa dideteksi pada stadium 1 atau 2 maka tingkat kesembuhannya akan tinggi sekali yaitu bisa mencapai 86%. Sedangkan jika kanker baru terdeteksi sudah stadium 3 atau 4, itu sudah terlambat dan tingkat kesembuhannya hanya bisa mencapai 20% saja,” ungkap Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Hematologi Onkologi Medik, Dr. Nadia Ayu Mulansari, SpPD, KHOM dalam webinar bagi kalangan milenial untuk meningkatkan kepedulian dan pencegahan dini terhadap penyakit kanker, khususnya tiga jenis kejadian kanker pada wanita di Indonesia yaitu kanker payudara, kanker serviks, dan kanker kolorektal.

Webinar yang digelar oleh Yayasan Kanker Indonesia (YKI) dan didukung produk kecantikan MS Glow ini merupakan rangkaian Hari Kanker Sedunia 2021 yang jatuh setiap tanggal 4 Februari.

Murniati Widodo AS, Wakil Ketua Umum Yayasan Kanker Indonesia

Wakil Ketua Umum Yayasan Kanker Indonesia, Ibu Murniati Widodo AS, mengatakan, “Hanya 5 sampai 10% kanker yang diakibatkan oleh faktor genetika, sedangkan selebihnya disebabkan oleh lingkungan dan pola hidup. Oleh sebab itu, merupakan suatu keharusan bagi generasi milenial untuk waspada terhadap kanker, dengan melakukan pencegahan dan deteksi dini kanker, sebab pola hidup generasi milenial saat ini dapat menentukan kondisi kesehatan mereka 10 hingga 20 tahun mendatang.”

Shandy Purnamasari, Founder MS Glow

Pada kesempatan yang sama, Founder MS Glow, Ibu Shandy Purnamasari menyampaikan, “MS Glow memahami bahwa tingginya kasus kanker baru dan kematian akibat kanker disebabkan salah satunya oleh keterlambatan penanganan karena kurangnya pengetahuan dan kepedulian masyarakat untuk mencegah dan mendeteksi kanker sejak dini.  Untuk itu, dalam rangka Hari Kanker Sedunia, kami memberikan kontribusi dengan meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap pentingnya mengetahui penyebab kanker dan pentingnya melakukan deteksi dini kanker.”

Feby Febiola, aktris penyintas kanker

Seorang aktris penyintas kanker, Kak Feby Febiola mengaku beruntung karena kanker ovarium yang dideritanya terdeteksi lebih awal yaitu stadium 1. Dan setelah menjalani beberapa kali kemoterapi, kini Kak Feby sudah dinyatakan sembuh. “Sebenarnya saya selama ini sudah menganut pola hidup sehat, namun sekarang lebih sehat lagi. Karena saya punya genetik kanker juga, jadi betul-betul harus berhati-hati dengan apa yang dimakan juga tetap menjaga pikiran seperti menjaga apa yang didengar, dibaca maupun dilihat. Olahraga itu sudah pasti selalu saya lakukan,” paparnya.

Menurut Dr. Nadia, kanker bisa dicegah dengan pola hidup yang sehat walau memang ada satu hal yang tidak bisa dihindari yaitu faktor genetik. “Namun kita bisa memodifikasi faktor risikonya yaitu gaya hidup sehat. Karena hanya 5% saja kanker yang disebabkan genetik sementara penyebab utamanya adalah lingkungan dan gaya hidup,” tandasnya. “Apa yang kita lakukan saat ini akan memengaruhi tingkat kesehatan kita pada 10-20 tahun yang akan datang. Jadi merupakan suatu keharusan bagi generasi milenial untuk waspada dengan mendeteksi dan mencegah kanker sejak dini,” tutup Dr. Nadia.

Foto: Novi, Ist

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *