Google mengumumkan Year in Search 2020 yang menawarkan informasi dan perspektif unik tentang momen dan tren tahun 2020 berdasarkan penelusuran yang dilakukan di Indonesia. Year in Search 2020 menggambarkan topik apa saja yang trending di Indonesia sepanjang tahun ini dan mengalami peningkatan dalam periode yang berkelanjutan sepanjang tahun dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Daftar Year in Search 2020 ini tidak disusun berdasarkan tingkat popularitas penelusuran.

“Year in Search menunjukkan bahwa di tahun 2020 adalah waktu yang penuh tantangan, perubahan, dan begitu banyak pertanyaan. Namun, kita bisa melihat bahwa orang Indonesia tangguh dan terus maju menghadapi tantangan dan perubahan ini. Tidak hanya menunjukkan ketahanan dan beradaptasi, tapi kondisi normal baru juga mungkin telah memberikan perspektif baru bagi Indonesia, mendorong kebiasaan baru, meningkatkan keterampilan, hingga menciptakan terobosan,” ujar Ibu Fida Heyder, Head of Consumer Apps Marketing Google Indonesia.

Tantangan baru yang muncul di tahun ini, menyebabkan orang Indonesia tidak ingin hanya mengikuti percakapan, tetapi berusaha memahami kabar terbaru. Dari isu-isu nasional seperti “Omnibus Law”, “Resesi”, “Kartu Pra-Kerja”, hingga “Odading” dan “WFH”. Penelusuran yang trending tahun ini juga menunjukkan bagaimana orang Indonesia tergerak oleh tindakan. Kita bisa melihat dari kata kunci seperti “cara membuat hand sanitizer”, “cara mendaftar UKM online”, “cara menjadi reseller”, hingga “cara menjadi YouTuber pemula” adalah beberapa penelusuran yang menduduki tren teratas tahun ini.

Normal baru menggerakan kebiasaan-kebiasaan baru, mempelajari keterampilan baru dari kegiatan belajar hingga gaya hidup. Kita dapat melihatnya dengan jelas dari kueri seperti “Google Classroom”, “apa itu kuota belajar”, “cara masuk ke Google Classroom”, hingga “sepeda lipat” termasuk di antara penelusuran yang jadi tren teratas di tahun ini. Kita telah melihat pertumbuhan minat pada hiburan dari Korea di Indonesia selama beberapa tahun ke belakang, tetapi uniknya, tahun ini terdapat peningkatan yang signifikan dari hiburan Korea di banyak kategori mulai dari lagu, aktor/ aktris, serial TV, hingga resep.

Kebiasaan baru tak hanya menyebabkan perubahan reaksi, konsumsi informasi dan hiburan tetapi juga mempengaruhi gaya hidup, bahkan mencetak rekor baru. Hal ini jelas terpancar pada hasil penelusuran tren teratas dari sosok dan kisah yang menghibur, hingga karya asal Indonesia di sepanjang tahun ini. Seperti contoh, Tilik, film pendek yang di rilis di YouTube pertama yang masuk sebagai salah satu film yang trending sepanjang tahun ini di Google Search di Indonesia. Selain sosok dan karya baru yang masuk dalam beragam kategori tren pencarian, seperti Bintang Emon, tahun ini juga merupakan tahun dengan banyak kepergian. Mulai dari puluhan ribuan nyawa terdampak COVID-19, hingga para ikon legendaris yang selamanya hidup dalam budaya dan masyarakat Indonesia seperti Didi Kempot, Glenn Fredly, Omas, dan sederet nama besar lainnya.

Ada 9 kategori yang diumumkan tahun ini, diantaranya: Siapa, Kepergian Tokoh, Peristiwa Nasional, Lirik Lagu, Apa itu, Bagaimana Cara, Resep, Film dan daftar utama Tren Penelusuran secara keseluruhan. Untuk melihat informasi lebih lanjut tentang Google Year In Search di dunia dapat mengunjungi google.co.id/2020  dan saksikan kembali acara livestream pengumuman Year in Search 2020 di channel YouTube Google Indonesia yang telah tayang pada Rabu, 9 Desember 2020, pukul 14:30 WIB.

 

 

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *