Sebagian dari kalian mungkin sudah ada yang melakukan pembelajaran tatap muka. Patuhi prokes, ya. Sambil menunggu jadwal vaksinasi anak usia 6-11 tahun di tahun 2022 nanti.

Keberhasilan program vaksinasi memang membutuhkan dukungan dari berbagai pihak, tidak hanya pemerintah saja. Salah satunya adalah dukungan dari pihak swasta seperti Yayasan Ronald McDonald House Charities (RMHC) yang sudah hadir di Indonesia sejak 14 Februari 2011.

Yayasan RMHC merupakan badan hukum yang terpisah dengan McDonald’s Indonesia dan memiliki fokus pada program-program peningkatan kesehatan dan kesejahteraan anak di Indonesia. Bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta sejak tahun 2011, Yayasan RMHC telah memberikan pelayanan imunisasi bagi balita dan anak, khususnya melalui Program Ronald McDonald Care Mobile (RMCM).

Dalam rangka mendukung upaya Pemerintah terkait percepatan pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Indonesia, Yayasan RMHC juga telah membantu pelaksanaan kegiatan vaksinasi sesuai sasaran dengan mendirikan Sentra Vaksinasi dan Mini Sentra Vaksinasi di wilayah DKI Jakarta dan Tangerang. Sudah lebih dari 65.000 penerima Vaksin Covid-19, dimulai dari lansia, tenaga pendidik, pekerja kreatif hingga remaja usia 12-18 tahun di Sentra Vaksinasi Yayasan RMHC di wilayah Kecamatan Cakung, Jakarta Timur sejak April 2021 hingga sekarang.

Berharap akan dapat terciptanya kekebalan komunitas (Herd Immunity) di Indonesia atau di lingkungan wilayah DKI Jakarta lebih cepat, serta upaya dari Pemerintah yang akan segera memberikan Vaksinasi Covid-19 kepada anak
usia 6-11 tahun, Yayasan RMHC pada Selasa, 30 November 2021 menggelar Webinar “Kupas Tuntas Vaksinasi Covid-19 dan Vaksinasi Anak”.

Ibu Rini T. Wardani selaku Organization Leader Yayasan RMHC mengatakan, “Bersamaan dengan telah berlangsungnya kegiatan Sekolah tatap muka, maka pemberian Vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6 -11 tahun sudah sangat dinantikan oleh para Orangtua dan kita semua. Kami merasa informasi mengenai Vaksinasi Anak dan Vaksinasi Covid-19 untuk Anak usia 6-11 tahun harus disebar luaskan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan Orangtua mengenai hal ini. Webinar ini juga diadakan oleh Yayasan RMHC sebegai penutup seluruh rangkaian Sentra Vaksinasi yang sudah kami laksanakan pada tahun ini.”

dr. Dwi Oktavia TLH, M. Epid selaku Ka. Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas
Kesehatan Provinsi DKI Jakarta menyampaikan, “Pada masa pandemi Covid-19, imunisasi tetap penting diberikan sesuai jadwal untuk melindungi anak dari PD3I (penyakit-penyakit yang sudah tersedia vaksinnya). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memberikan pelayanan imunisasi sesuai standar, baik di Fasilitas Pelayanan Kesehatan, Sekolah maupun Pos-pos Pelayanan Vaksinasi dan berkomitmen untuk terus berupaya memberikan pelayanan imunisasi, baik imunisasi rutin pada Anak dan Vaksinasi Covid-19 untuk melindungi seluruh warga. ”

Prof. Dr. Sri Rezeki Hadinegoro, dr., SpA(K) selaku Ketua Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI) mengatakan, “Vaksinasi Covid-19 bagi anak usia 6-11 tahun diperlukan untuk melengkapi pencapaian herd immunity (kekebalan komunitas) di Indonesia. Namun perlu diperhatikan bahwa Vaksinasi untuk Remaja (usia 12-17 tahun) harus segera diselesaikan guna mengurangi transmisi/penularan virus kepada orang sekitarnya baik di rumah (misalnya adiknya yang belum diimunisasi) maupun di Sekolah.”

Prof. Dr. dr. Hinky Hindra Irawan Satari, SpA(K), M.TropPaed selaku Spesialis Anak, Konsultan Penyakit Infeksi dan Pediatri Tropis menambahkan, “Data KIPI Covid-19 di Indonesia menunjukkan bahwa Vaksin Covid-19 sampai saat ini aman dan dapat diteruskan digunakan di Indonesia. Komnas KIPI (Kejadian Ikutan Paska Imunisasi) akan terus melakukan pemantauan dan penanggulangan KIPI Vaksin Covid-19 untuk memastikan bahwa vaksin ini tidak berbahaya bagi masyarakat.”

Selain kesiapan mengenai Vaksin Covid-19 yang akan diberikan kepada anak usia 6-11 tahun, kesiapan mental dan psikis para Orangtua serta Anak juga perlu dipastikan. Ketua Ikatan Psikolog Klinis Indonesia Wilayah DKI Jakarta, Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Psi., Psi juga menyampaikan, “Memberikan suntikan Vaksin kepada Anak yang sedang ketakutan sesungguhnya rentan membuat Anak mengalami trauma psikologis. Orangtua dan Sekolah punya peran yang sangat penting untuk dapat meningkatkan kesuksesan pemberian Vaksinasi Covid-19. Perlu ada strategi yang dilakukan Orangtua dan Sekolah agar anak dapat mempersiapkan diri, menjadi lebih tenang, dan terus aman dalam menjalani Vaksinasi Covid-19.”

Para Orangtua sangat berharap agar percepatan pemberian Vaksinasi Covid-19 bisa segera dilaksanakan. “Yayasan RMHC juga sangat mendukung pemberian Vaksinasi Covid-19 pada anak usia 6-11 tahun dan siap membantu Pemerintah dalam pelaksanaannya di Sentra Vaksinasi Yayasan RMHC,” tandas Ibu Rini T. Wardani.

Foto: Novi

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *