Sebagai manajer rumah tangga yang andal, Moms pasti sudah menyiapkan banyak pos-pos keuangan penting, bukan? Untuk pendidikan anak, dana darurat rumah tangga, dan sebagainya. Tapi, adakah tabungan khusus untuk Moms sendiri, yang akan melindungi Moms di masa depan terkait finansial sekaligus kesehatan?

Menabung, sejak dulu digaungkan akan membawa banyak manfaat positif. Hal ini tak perlu dibantah lagi! Seseorang yang dilatih menabung sejak kecil, akan membawa kebiasaan baik ini sebagai gaya hidupnya hingga ia dewasa. Dan ini sangat penting bagi siapapun, tak terkecuali kaum perempuan.

Seperti yang dilakukan oleh Azalea Ayuningtyas, CEO Duanyam hingga kini. Sedari kecil, tepatnya sejak duduk di bangku Sekolah Dasar (SD), wanita yang biasa disapa Ayu ini dibiasakan menabung oleh sang Mama. “Ibu juga bilang, walau udah punya suami, harus punya tabungan sendiri. Kita nggak tahu kan masa depan akan seperti apa, jadi harus tetap siaga,” cerita Ayu. Dana yang disimpan itu, lanjutnya, bisa disiapkan untuk hal-hal tertentu yang penting, bahkan untuk membantu mewujudkan mimpi-mimpi si wanita itu sendiri.

Ya, fakta di lapangan kerap membeberkan bahwa perempuan – terutama yang sudah menikah – cenderung memprioritaskan kebutuhan orang lain di sekitarnya, mengesampingkan dirinya sendiri. Misalnya dana tabungan diperuntukkan untuk keluarga, pendidikan anak, keperluan rumah tangga, membantu orangtua atau kerabat, dan sebagainya. Nah, Moms juga begitu kah?

Hal ini tentu saja tak salah. Dari kaca mata psikologis, ada 2 hal yang memicu mengapa wanita cenderung memprioritaskan orang-orang tersayang di sekitarnya, yakni faktor internal (dari dalam diri sendiri) dan faktor eksternal (lingkungan).

Sesi talkshow yang membahas pentingnya perlindungan bagi wanita Indonesia untuk masa depan yang lebih baik oleh Frisca Melissa selaku Psikolog Klinis (kiri) dan Azalea Ayuningtyas selaku CEO Du Anyam (kanan), pada acara virtual press conference peluncuran UOB Lady’s Account (1/3)

“Faktor internal misalnya, sebagai individu normal, wanita ingin mencapai self image yang positif. Ketika wanita sudah masuk dalam lingkup keluarga, maka ia punya peran sebagai istri sekaligus ibu. Secara naluriah, dia akan memprioritaskan kepentingan suami dan anaknya dulu, baru kebutuhan dia yang terakhir,”  ungkap Frisca Melissa, Psikolog Klinis.

Ia melanjutkan, di dalam psikologi ada yang namanya teori hierarki kebutuhan di mana semua individu punya tahapan kebutuhan yang harus ia penuhi dalam hidupnya. “Kebutuhan itu terkait kebutuhan psikologis (sandang, pangan, papan), kebutuhan akan rasa aman, kebutuhan akan kasih sayang, kebutuhan akan penghargaan (self esteem) dan kebutuhan akan aktualisasi diri. Nah, semua kebutuhan ini terkait dengan self image positif yang ingin dicapai perempuan tadi, yang cenderung memicu mereka memprioritaskan orang sekitarnya,” imbuhnya.

Turut hadir dalam peluncuran UOB Lady’s Account (ki-ka) Khoo Chock Seang – Head of Personal Finance Services & Digital Bank UOB Indonesia, Hendra Gunawan – President Director UOB Indonesia dan Vera Margaret – Wealth & Retail Liabilities Product Head

Sebagai wanita yang telah menikah, Moms pasti setuju, bahwa Moms pun perlu memprioritaskan diri sendiri. Ada kebutuhan rasa aman yang bisa didapatkan oleh suatu hal yang Moms usahakan sendiri, misalnya tabungan pribadi. Ini penting untuk persiapan di masa depan, yang akan memberikan Moms rasa aman yang dibutuhkan secara finansial.

Jangan khawatir, Moms! Kabar bahagia datang dari UOB Indonesia. Berkolaborasi dengan Prudential, UOB Indonesia baru saja meluncurkan UOB Lady’s Account, sebuah produk tabungan yang membantu kaum perempuan meningkatkan kesejahteraan finansial sekaligus memberikan perlindungan kesehatan. UOB Indonesia satu-satunya lembaga keuangan di Indonesia yang menawarkan solusi keuangan yang menggabungkan tabungan dengan perlindungan asuransi penyakit kritis terhadap enam penyakit kanker yang kerap diderita kaum perempuan, yakni: kanker payudara, rahim serviks, uterus, ovarium, tuba fallopi serta kanker vagina dan vulva.

Untuk diketahui, menurut Yayasan Kanker Indonesia, rata-rata biaya pengobatan kanker mencapai Rp100 juta per bulan, bergantung dari jenis kanker dan fasilitas kesehatan yang dibutuhkan oleh pasien. Diperkirakan bahwa sekitar 35 persen wanita di Indonesia tidak memiliki asuransi kesehatan  dan biaya pengobatan kanker dapat menguras tabungan mereka, serta menimbulkan tingkat stres dan kecemasan yang bisa menghambat fokus mereka terhadap proses pemulihan. Inilah mengapa, adanya perlindungan finansial dan kesehatan bagi wanita, menjadi sangat penting.

Vera Margaret selaku Wealth & Retail Liabilities Product Head menjelaskan beberapa fitur tabungan

“Kami memahami keistimewaan wanita yang selalu menempatkan kebutuhan orang yang dicintai sebagai prioritas utama. Untuk itulah kami hadirkan tabungan Lady’s Account untuk perempuan modern dan tangguh di Indonesia. It’s time to put yourself first…” ujar Vera Margaret, Wealth & Retail Liabilities Product Head UOB Indonesia.

Hal ini diamini oleh Frisca. Psikolog cantik ini menegaskan bahwa memprioritaskan diri sendiri demi kebaikan, bukanlah sikap yang egois, melainkan perwujudan dari self love (mencintai diri sendiri). “Ada ungkapan yang bilang, kamu tidak bisa mencintai orang lain sebelum kamu mencintai dirimu sendiri. Self love di sini dalam artian, prioritaskan kebutuhan diri sendiri yakni dengan tidak mengorbankan kebutuhan fisik dan mental demi orang lain,” katanya.

Nah, tabungan UOB Lady’s Account, bisa membantu para wanita mewujudkan kebutuhan mereka, seperti persiapan finansial di masa depan, adanya rasa aman, serta perlindungan kesehatan. Tabungan juga bisa dipersiapkan untuk hal-hal lain seperti membantu wanita mewujudkan impian mereka dalam mencapai aktualisasi diri. “Kita tidak bisa terus menerus memprioritaskan orang lain. Diri sendiri juga ada kebutuhan lain terus, tidak hanya sekedar kebutuhan finansial, kita juga butuh aktualisasi diri. Kalau kita bahagia,maka kita juga akan bisa membahagiakan suami, anak dan orang-orang tersayang lainnya,” ungkap Ayu.

Dijelaskan oleh Vera, untuk bisa menjadi pemegang rekening UOB Lady’s Account, caranya cukup mudah.  Syarat utamanya, tentu saja adalah wanita, berusia minimal 18 tahun dan maksimal 60 tahun.  Lalu, membuka saldo minimum sebesar Rp 1 juta untuk mendapatkan perlindungan asuransi dari penyakit kanker mulai dari Rp 10 juta hingga Rp 2 miliar.

Polis asuransi kesehatan yang terkait dengan UOB Lady’s Account ini akan tetap aktif selama nasabah mempertahankan saldo rata-rata bulanan dari tiga bulan sebelumnya dan mengikuti ketentuan dalam polis asuransi. Misalnya, jika pemegang rekening menabung rata-rata antara Rp 25 juta hingga Rp 50 juta selama tiga bulan terakhir, maka ia akan menerima uang pertanggungan sebesar Rp 50 juta. Jika pemilik rekening menabung lebih dari Rp1 miliar, maka nilai pertanggungan meningkat menjadi Rp2 miliar. Mengingat rata-rata biaya pengobatan kanker dapat mencapai Rp1,2 miliar per tahun, manfaat asuransi dari produk UOB Lady’s Account ini dapat membantu meringankan biaya dari pertanggungan asuransi kesehatan lainnya yang dimiliki oleh pemegang rekening UOB Lady’s Account.

Tunggu apalagi, Moms, ini saatnya untuk memprioritaskan kebutuhan diri sendiri!

Foto: Ist

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *