Lagi-lagi Raffi Ahmad membuat kejutan baru! Kali ini, berawal dari ide memberikan kado untuk kelahiran putra keduanya, Rayyanza, ia terinspirasi untuk membangun sebuah ekosistem taman satwa baru, namun posisinya di tengah kota.

Ide ini lantas tak hanya ‘buyar’ di tengah jalan, namun diwujudkan secara nyata melalui perusahaan miliknya yakni RANS Entertainment berkolaborasi dengan Prestige Corp. Pada hari ini, Jumat (17/152/21), telah dilakukan acara Groundbreaking hutan taman satwa bernama Rans Carnaval City Zoo yang akan dibuka pada bulan Desember 2022.

Berlokasi di di lot DJ-08 kawasan elit Pantai Indah Kapuk 2, acara peletakan batu pertama ini turut dihadiri langsung oleh ketiga Chairman RANS Carnaval City Zoo yaitu Raffi Ahmad, Nagita Slavina, dan Rudy Salim. Selain itu ada Claudia Ingkiriwang selaku Director, Dony Suryatin selaku General Manager, Ipeng Widjojo selaku Business Development Director, Soesilawati selaku Investor Relations Director, Robert Liong selaku Land Owner DJ 08 dan juga perwakilan langsung dari Agung Sedayu Group selaku Developer PIK2.

Acara peresmian groundbreaking RANS Carnaval City Zoo, Jumat (17/12/21)

Hutan Taman Satwa di Tengah Kota

Sebagai ayah, Raffi Ahmad sangat sadar bahwa rekreasi adalah suatu hal yang diperlukan oleh sebuah keluarga, terutama anak. Setelah sang istri, Nagita Slavina (33) atau yang akrab disapa Gigi, melahirkan buah hatinya yang kedua, terbersit dalam pikiran Raffi memiliki sebuah tempat untuk mereka bisa bersenang-senang dan berkumpul bersama keluarga. Dan, akhirnya, tercetuslah ide taman satwa di tengah kota yang dinamakan “Rans Carnaval City Zoo”.

Acara groundbreaking dimeriahkan oleh Rafathar Malik Ahmad (putra Raffi Ahmad) dari RANS Entertainment, dan Vanessa Salim (putri Rudy Salim) dari Prestige Corp yang mengoperasikan excavator mini secara simbolik

“Ini bisa dianggap hadiah dari saya untuk Rayyanza dan juga Rafathar, juga dari rekanan bisnis saya. Karena kita concern pada situasi pandemi Covid-19 yang mudah-mudahan bisa segera membaik. Dan, tampaknya, setelah kondisi ini turun, kita optimis bisa menggiatkan kembali aktivitas lifestyle dan family yang bisa dinikmati seluruh masyarakat Indonesia,” ucap Raffi Ahmad selaku Chairman RANS Carnaval City Zoo saat membuka acara Groundbreaking siang tadi.

RANS Carnaval City Zoo berkonsep “Hutan Taman Satwa di Tengah Kota” . Memiliki luas total 2.6 hektar. Tempat ini nantinya akan menjadi lembaga konservasi satwa langka sekaligus area rekreasi keluarga bernuansa edukasi dan hiburan. “Di sini nanti family bisa berkumpul. Mulai dari Kakek, Nenek sampai anak cucu. Bisa melepas penat dan merayakan hari bahagia. Fungsinya banyak mulai dari hiburan sampai edukasi,” imbuh Raffi  yang menambahkan bahwa RANS Carnaval City Zoo ini nantinya juga akan menjadi tempat perayaan ulang tahun bagi putra sulungnya, Rafathar, tahun depan. Wah! Terbayang ya serunya!

Raffi Ahmad dan Nagita Slavina mendampingi Rafthar yang sedang mengoperasikan excavator mini

Edukasi dan Hiburan

Diterangkan oleh Claudia Ingkiriwang, Director RANS Carnaval City Zoo, tempat ini akan memiliki 2 area yang mengusung tema edukasi dan hiburan. Pada area Edukasi, terdapat Edu Museum agar para pengunjung dapat mengenal lebih dalam tentang flora-fauna dan juga Amphitheater untuk animal show. Total ada 31 jenis satwa yang bisa dijumpai di sini. Mulai dari yang buas hingga yang lucu dan imut. Selain itu, anak-anak juga dapat berjumpa dengan para Zoo Expert dan berdiskusi langsung tentang kehidupan dan sifat-sifat satwa yang unik. Dengan begitu diharapkan kecintaan dan keinginan melindungi satwa, akan muncul pada diri anak-anak.

Sebagai orangtua, Raffi Ahmad pun mengamini. “Dengan adanya Carnaval City Zoo ini, saya berharap bisa menumbuhkan rasa empati dan simpati anak-anak saya kepada binatang. Karena, bagaimanapun binatang adalah makhluk hidup ciptaan Allah yang harus kita sayang juga,” pungkas Raffi yang berharap pertengahan tahun depan, RANS Carnaval City Zoo sudah bisa menggelar soft opening.

Dengan kehadiran konservasi satwa berkonsep edukasi dan hiburan, Raffi Ahmad, Chairman RANS Carnaval City Zoo sekaligus hendak mengajarkan dan menumbuhkan rasa cinta dan peduli pada binatang dalam diri anaknya, Rafathar

Dari Harimau, Pikachu Hingga Penguin

Melihat fungsinya sebagai tempat konservasi hewan, Claudia Ingkiriwang menegaskan bahwa kenyamanan dan kesejahteraan para hewan, adalah prioritas utama. “Jumlah satwa saat ini 31, namun dipastikan akan terus bertambah, kami berusaha menghadirkan banyak variasi satwa. Mulai dari harimau, serigala, beruang, sampai satwa yang imut seperti burung contohnya merak. Nanti kita akan disambut dengan merak, yang akan dibiarkan bebas. Dan ada juga penguin, yang nanti tempat tinggalnya akan didesain sesuai habitat aslinya yaitu dengan salju,” terang Claudia. Nantinya, di area khusus pengun ini, pengunjung tidak hanya dapat melihat,namun dapat berinteraksi langsung bersama Penguin dengan suasana artificial snow.

Tak hanya itu, dengan antusias ia juga menambahkan bahwa ada hewan Pikachu, karakter di serial game Pokemon. Hah, memangnya ada? Hewan yang mirip Pikachu tersebut tak lain adalah posum atau marsupial, hewan mirip tupai atau tikus yang berwarna kuning dan sangat langka.

Didesain Sesuai Habitat Asli Satwa

Sebagai area edukasi dan hiburan, pihak RANS Carnaval City Zoo serius dengan pembangunannya. Mulai dari kandang hewan yang diciptakan sesuai habitat aslinya, hingga desain pembangunan yang berkonsep green atau hijau yang ramah lingkungan.  “Terkait pembangunan habitat satwa, kami mendatangkan tenaga profesional dibidangnya jadi semuanya sudah aman dan diperhitungkan. Lalu area akan hijau, ada pohon-pohon. Juga, sirkulasi air akan difilter untuk digunakan kembali. Tanah juga akan dikelola dengan baik dimana pembuangan limbah satwa, akan menerapkan sistem zero waste. Kami akan bertanggung jawab dengan keberlangsungan lingkungannya,” tegas Claudia.

Hanya Langkah Awal dari Proyek Besar

Pada kesempatan yang sama, Rudy Salim selaku Chairman RANS Carnaval City Zoo menyatakan bahwa konsep taman satwa di tengah kota melalui RANS Carnaval City Zoo ini hanya sebuah permulaan.“Kedepannya akan ada RANS Carnaval Forest atau Jungle Zoo, yang luasnya 3 – 4 kali dari ini, dengan konsep nature, adventure, dan animals sanctuary. Ada lagi RANS Carnaval Exhibit, yaitu sebuah pertunjukan keliling yang cocok untuk hiburan keluarga, akan mampir ke kota-kota besar di seluruh Indonesia setiap bulannya.

Rudy Salim selaku Chairman RANS Carnaval City Zoo

Rudy menambahkan, di RANS Carnaval City Zoo, nantinya akan banyak fasilitas maupun aktivitas yang ramah untuk anak-anak maupun orang dengan disabilitas. “Area seluas 2,6 hektar ini nantinya memiliki berbagai macam pilihan wahana dan permainan. Jadi ada African biozone, Madagascar biozone, Euro Asian biozone dan banyak sekali hiburan-hiburan. Spesies binatangnya juga unik-unik, ada 31-35 spesies dengan pilihan-pilihan landscaping yang begitu cakep dan indah, dan pohon-pohon banyak,” ujarnya.

Di area hiburan, pengunjung akan disuguhi berbagai pemandangan menarik dengan exhibition di sepanjang hallway. Terdapat area food court, berbagai tenant, playground garden, souvenir shop, void hall, experience & attraction area, sampai games area hingga taman yang indah, alami serta aman.

“Singkatnya, RANS Carnaval City Zoo ini akan menjadi tempat di mana semua anggota keluarga dapat berekreasi, bergembira bersama dan menjadikannya momen indah,” tutup Raffi.

Wah, jadi tak sabar ya Moms dan Dads mengajak si buah hati berkunjung kemari! Kita nantikan saja kehadirannya tahun depan, ya?

Foto: Efa, Ist

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *