Kids, apa kalian sadar, betapa pentingnya komputer sekarang ini? Tiap kali bepergian, pasti di sekeliling kamu, segala macam peralatan sudah tersambung ke dalam komputer. Sehingga, apa pun pekerjaan kita, akan lebih mudah dengan adanya komputer ini.

Mau tahu siapa penemu konsep komputer? Dialah Charles Babbage. Pria asal Inggris ini adalah seorang ahli matematika yang pertama kali memiliki ide tentang komputer. Charles Babbage dilahirkan di sebuah daerah bernama Walworth Road, London, Inggris. Ia lahir pada 26 Desember 1791.

Pada masa itu, perhitungan dengan menggunakan tabel matematika sering salah. Charles pun memiliki ide untuk membuat sebuah program yang dapat memperkecil kesalahan dalam penghitungan itu.

Mesin Analis

Charles menciptakan sebuah mesin yang dinamakan ‘Mesin Analis’. Mesin Analis ini hampir sama dengan kalkulator modern yang sering kita lihat sekarang. Saat itu, teknologi belum canggih. Sehingga, ide Charles tidak bisa dikembangkan.

Sampai Charles meninggal pada 18 Oktober 1871, idenya belum dapat terwujud. Barulah pada tahun 1937, seorang pria bernama Howard Aiken berniat untuk mengembangkan ide-ide Charles. Dengan menggunakan tulisan-tulisan yang dibuat Charles, Aiken kemudian menciptakan perangkat komputer pertama bernama Mark I.

Berat 3 Ton!

Komputer waktu itu bukanlah komputer yang seperti kita lihat sekarang. Ukurannya sangat besar. Beratnya saja mencapai 3 ton. Bayangkan, betapa beratnya ya?! Repot juga ya punya perangkat komputer dengan berat 3 ton!

Sejak saat itulah, teknologi komputer berkembang pesat. Bahkan, komputer pun dapat dijinjing ke mana saja, dengan adanya laptop atau notebook. Selain itu, fungsi komputer juga berkembang menjadi perangkat seukuran genggaman tangan orang dewasa. Kemunculan PDA (Personal Digital Assistant), sejenis handphone yang kegunaannya sama seperti komputer, menjadi teknologi canggih saat ini.

Awas Virus!

Fungsi komputer pun berkembang. Komputer tak hanya berguna untuk melakukan perhitungan matematika saja seperti saat zaman Charles Babbage. Tapi, kita juga bisa berkeliling dunia melalui internet dan mengobrol dengan siapa pun di seluruh dunia. Tapi, hati-hati juga terhadap virus yang menyerang komputer kamu, ya! (JFK/Nov)

You may also like
Latest Posts from

1 Comment

  1. great website, thanks 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *