Nur Khomariah dan sang suami, Ahmad Rifai, sempat terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) di kala pandemi pada 2020. Kehilangan mata pencaharian tak membuat mereka patah semangat. Sembari mencari pekerjaan, mereka memutar otak mencari tambahan penghasilan lewat usaha yang bisa dijalankan dengan modal minim.

Hingga pada 2020, Nur menemukan layanan Mitra Shopee, sebuah aplikasi digital yang menawarkan berbagai produk digital termasuk pulsa, paket data, token PLN, voucher game, layanan pembayaran berbagai tagihan, hingga isi saldo ShopeePay.

Sejak 2013, pasangan suami istri yang berdomisili di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan ini sama-sama bekerja sebagai petugas pembayaran parkir. Kebutuhan keluarga mereka pun tergantung dari pekerjaan tersebut. Namun, gempuran pandemi juga menyerang mereka. Tak berputus asa, pasca PHK mereka aktif bertanya ke tetangga dan saudara jika ada lowongan pekerjaan. Seiring waktu, mereka yang melihat aktivitas masyarakat mulai banyak dilakukan di rumah, mendorong mereka untuk mencoba peluang lain yakni berjualan produk digital dan mendaftar menjadi mitra pengemudi layanan pesan antar makanan online ShopeeFood. Pada 2020, Nur akhirnya mendaftar menjadi Mitra Shopee dan suaminya mendaftar menjadi Mitra Pengemudi Shopee.

“Kami sempat merasa khawatir bagaimana harus memenuhi kebutuhan keluarga. Itulah mengapa, kami mulai mencari peluang untuk membangun usaha sendiri dengan modal yang minim. Akhirnya, kami mencoba memberanikan diri membuka warung kecil-kecilan yang juga menyediakan produk digital melalui layanan Mitra Shopee. Saya harap warung saya ini bisa membantu warga sekitar memenuhi kebutuhan pokok harian mereka, pulsa, paket data, token listrik, dan layanan digital lainnya. Untuk membantu perekonomian keluarga, suami saya juga bekerja sebagai Mitra Pengemudi Shopee. Waktu kerjanya yang fleksibel juga membuat suami saya bisa turut membantu saya di warung dan mengurus anak,” ujar Nur.

Nur mengaku, layanan Mitra Shopee dan ShopeeFood telah membantu menambah penghasilan mereka dan bangkit dari masa sulit. Hingga kini, keduanya masih mengandalkan pekerjaan mereka. Nur pun mengatakan bahwa pelanggan setia yang selalu membeli berbagai produk digital padanya terus berdatangan hingga sekarang. Dalam sehari ia bisa melayani transaksi ke lebih dari 20 pelanggan, bahkan ia pun pernah mendapatkan penghasilan hingga jutaan rupiah per bulan dari usahanya tersebut.

Nur pun berbagi beberapa tips agar masyarakat juga bisa mencari peluang bisnis mereka dengan memanfaatkan teknologi di era digital ini:

  1. Jeli dalam memaksimalkan peluang yang ada

Di era yang serba digital saat ini, semua orang bisa memaksimalkan teknologi yang ada untuk mencari peluang usaha tambahan. Seperti halnya Nur dan suami yang berhasil memahami bahwa di masa pandemi lalu, masyarakat banyak yang enggan keluar rumah untuk membeli berbagai kebutuhan. Kecermatannya dalam melihat kebutuhan sekitarnya pun mampu mengarahkan Nur untuk menyediakan apa yang dibutuhkan masyarakat dan berhasil memberikan penghasilan tambahan baginya dengan memanfaatkan layanan Mitra Shopee.

  1. Bangun kepercayaan dan layanan ekstra untuk pelanggan

Nur percaya bahwa layanan yang baik merupakan hal yang penting dalam menjaga citra usaha dan kepuasan pelanggan agar loyalitas pelanggan semakin meningkat. Untuk membuat para pelanggan tetap setia belanja di warung Nur, ia kerap kali mengantarkan sendiri produk yang dijual kepada pelanggan. Selain itu, Nur juga telah memiliki hubungan yang baik dengan tetangganya dan dapat membantu memenuhi kebutuhan mereka saat membeli pulsa, paket data, dan produk digital lainnya padanya secara fleksibel.

  1. Aktif melakukan promosi dengan perbanyak strategi

Di tengah ramainya kompetisi dalam berbisnis, Nur menyadari bahwa ia perlu tekun dalam menjemput rezeki melalui berbagai cara. Hal itu pun dilakukan Nur dengan aktif menawarkan berbagai produk digital kepada para pelanggan melalui WhatsApp, memasang banner di depan warungnya dengan menuliskan berbagai produk yang ia jual, termasuk produk yang ditawarkan melalui layanan Mitra Shopee. Tidak hanya itu, khusus untuk beberapa produk seperti galon air mineral dan gas, Nur dan suami tak segan mempromosikannya langsung ke warung-warung sekitarnya yang membutuhkan lebih banyak stok. Untuk membantu sesama pemilik warung lain, Nur biasanya merekomendasikan pembayaran menggunakan fitur Transfer ke Bank dari ShopeePay agar mereka terbebas dari biaya admin saat melakukan pembayaran.

“Saya dan suami bersyukur karena hanya dengan memanfaatkan teknologi, semua orang bisa mendapat peluang usaha dengan mudah. Dengan banyaknya produk digital dan layanan yang ditawarkan dengan harga yang terjangkau, kini, pelanggan saya pun tak hanya mencari pulsa atau paket data, mereka bahkan mulai mempercayakan jasa saya untuk isi saldo ShopeePay hingga membayar tagihan belanja online Shopee mereka. Kini dengan produk dan layanan Mitra Shopee yang semakin lengkap, saya bisa fokus menjalankan usaha saya dari rumah sambil mengurus anak,” tutup Nur.

Foto: Ist

 

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *