“Hiduplah Indonesia Raya…”

Kids, kalian pasti kenal nama W.R Supratman, bukan? Ya, dialah pencipta lagu kebangsaan kita, Indonesia Raya. Namun, tahukah kalian bagaimana sejarah terciptanya lagu tersebut? Kalian harus menonton film Wage, deh.

Bertepatan dengan semangat Hari Pahlawan di bulan November, PT. Johnson & Johnson Indonesia mengajak awak media untuk nobar (nonton bareng) film bertajuk “Wage” di  Bioskop XXI, Plaza Senayan, Jakarta, Sabtu (25/11/17) lalu.

Film Wage sendiri mengisahkan tentang perjalanan hidup Wage Rudolf Supratman atau yang dikenal dengan W.R Supratman. Wage (diperankan oleh Rendra), adalah sosok pemuda yang penuh dengan semangat nasionalis dalam memperjuangkan kemerdekaan dan mempersatukan bangsa  Indonesia.

Tak banyak yang  tahu, Wage ternyata adalah seorang jurnalis alias wartawan. Ia juga piawai memainkan alat musik biola. Walau dikejar-kejar dan diancam oleh Belanda, Wage tak gentar untuk tetap menulis berita, buku serta menciptakan lagu. Pada malam penutupan Sumpah Pemuda, ia memainkan sebuah lagu instrumental dengan biola (tanpa teks) yang kini kita kenal dengan lagu kebangsaan kita: Indonesia Raya.  Wage, punya keyakinan besar, Indonesia suatu saat akan merdeka dan lagu Indonesia Raya berkumandang di seluruh tanah air.  Keyakinannya itu tak pernah padam hingga ajal menjemputnya.

Para pemenang lomba tulis edukasi (Foto: Efa/JFK)

Film ini sangat baik untuk menambah wawasan kalian. Semoga, setelah menonton film ini, kita jadi lebih menghargai perjuangan para pahlawan dan tokoh nasional Indonesia.

Di acara yang sama, PT. Johnson & Johnson Indonesia sekaligus mengumumkan hasil “Lomba Menulis untuk Edukasi Publik Bagi Wartawan” sebagai upaya apresiasi terhadap penulisan jurnalistik yang turut memberikan edukasi tentang gaya hidup sehat maupun isu-isu tentang kesehatan di lingkungan keluarga maupun masyarakat.

Lomba tulis ini telah dimulai sejak 1 Januari 2017 hingga 31 Oktober 2017. Dari 118 artikel yang masuk, terpilih 6 terbaik. Masing-masing 3 pemenang dari media cetak dan 3 dari media online.

“Kami mengucapkan selamat kepada para pemenang dan berharap semua rekan-rekan media dapat terus berkarya dan memberikan edukasi yang bermanfaat bagi seluruh masyarakat,” tutup Ibu Devy Yheanne, Country Leader of Communications & Public Affairs, PT. Johnson & Johnson. (Efa)

You may also like
Latest Posts from

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *