Selama ini kita mungkin sering beranggapan bahwa di alam semesta ini benda yang paling besar dan luas adalah hamparan Bumi yang membentang dari kutub Utara hingga kutub Selatan. Atau ada juga yang menganggap Matahari merupakan benda yang paling besar sejagat karena bisa menerangi alam setiap hari. Tapi ternyata, bukan, lho, Kids!

Anggapan itu ternyata keliru karena ada bintang lain yang lebih besar dan memiliki kekuatan memancarkan cahaya. Nama bintang tersebut adalah VY Canis Majoris. VY Canis Majoris berada di gugusan bintang Canis Major. Karena saking besarnya, ia termasuk salah satu bintang yang paling terang cahayanya. Letaknya sekitar 4.900 tahun cahaya dari Bumi. Bintang ini pertama kali diketahui berdasarkan katalog dari Jerome Lalande pada 7 Maret 1801. Katalog tersebut mencatat VY Canis Majoris sebagai 7 bintang besar.

Bintang Tunggal

Tidak seperti bintang-bintang besar lainnya, VY Canis Majoris adalah bintang tunggal dan bukan sistem bintang yang dalam satu tata surya memiliki lebih dari satu bintang. Ukuran VY Canis Majoris sangatlah besar jika dibandingkan dengan tata surya kita. Besar diameternya kira-kira dari Matahari sampai melampaui orbit saturnus (9 kali jarak Matahari ke Bumi) atau 3.063.000.000 km. Jika dilihat dari kecepatan cahaya, VY Canis Majoris harus ditempuh 8 jam oleh kecepatan cahaya untuk mengitarinya sekali putaran.

Sebagai bahan perbandingan, cahaya hanya memerlukan waktu 14,5 detik untuk memutari Matahari kita. Dan diperlukan 7.000.000.000.000.000 (7 quadrilion) Bumi untuk mengisi volumenya. Sedangkan bila dibandingkan dengan Matahari kita, perbandingannya adalah 1 miliar untuk Matahari dan 1 untuk VY Canis Majoris.

Jadi, walaupun Bumi dan Matahari digabung, ukurannya belum ada apa-apanya dengan bintang VY Canis Majoris. Wow!! (JFK/Nov)

You may also like
Latest Posts from

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *