Seperti Moms dan Dads ketahui, seiring dengan meningkatnya pembelian barang secara online, keberadaan jasa pengiriman barang atau ekspedisi semakin dibutuhkan, baik oleh pelaku usaha maupun konsumen. Apalagi di musim-musim liburan (peak season) lalu seperti Ramadan dan Lebaran, frekuensi pengiriman barang mengalami peningkatan.

Tren Ramadan dan Lebaran, Melonjak 30 Persen

Hal ini pun tak luput dialami oleh Lion Parcel (PT. Lion Express), perusahaan jasa ekspedisi terkemuka di Indonesia. Diungkapkan oleh Farian Kirana, CEO Lion Parcel pada acara Silaturahmi bersama Lion Parcel di Jakarta, selama bulan Ramadan dan Lebaran 2022 Lion Parcel mencatat adanya peningkatan volume pengiriman hingga 30% dibandingkan dengan rata-rata per bulan sebelumnya. Peningkatan volume pengiriman tersebut selain dapat menjadi indikator makin berputarnya roda perekonomian di tanah air, juga membuktikan bahwa preferensi dan kepercayaan masyarakat yang kian menguat terhadap kualitas layanan yang dihadirkan oleh Lion Parcel.

“Lebaran tahun ini benar-benar berbeda dari Lebaran tahun-tahun sebelumnya yang dirayakan ala kadarnya. Jika tahun lalu flight (penerbangan) banyak dibatasi, bahkan dibatalkan, tahun ini semua dibuka. Semua flight, penumpangnya banyak, malah antri panjang. Bisa dibilang, tahun ini masyarakat merayakan Lebaran yang sesungguhnya. Pengiriman barang pun jadi lebih lancar melalui udara, justru terlambat-nya di darat. Seluruh pengiriman barang ke Jawa maupun menyeberang laut, misalnya ke Sumatera, mengalami waktu pengiriman yang lebih panjang,” urai Farian menggambarkan betapa banyaknya arus pengiriman barang di masa-masa jelang Lebaran.

Meskipun mengalami lonjakan volume pengiriman hingga 30% selama Ramadan dan Lebaran, Lion Parcel tetap melayani permintaan selama momen tersebut. Jumlah ini melebihi prediksi dan target yang dibidik sebelumnya, yakni 10 persen. Dan, untuk mengantisipasi lonjakan tersebut dan menjaga kualitas layanan, pihaknya menurut Farian,  telah melakukan beberapa persiapan yang matang.

Hadirkan Layanan Prima

Kunci keberhasilan tersebut adalah layanan yang prima, mencakup kesiapsiagaan infrastruktur. Perlu diketahui, Lion Parcel hingga saat ini telah menjangkau lebih dari 98% area di Indonesia. “Lebih dari 15.000 kurir antar dan 3.000 armada pun telah mendukung kelancaran aktivitas pengantaran yang kami lakukan. Kami juga diperkuat oleh lebih dari 7.000 agen Lion Parcel yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia untuk memudahkan akses pelanggan pada layanan kami,” terang Farian.

Ia melanjutkan, jumlah di atas akan terus bertambah mengingat antusiasme tinggi yang kami menerima dari masyarakat untuk bergabung menjadi agen Lion Parcel dengan rata-rata 2.000 pendaftar baru per bulan.

Lebih dari itu, upaya lain yang dilakukan Lion Parcel dalam mengantisipasi lonjakan transaksi pengiriman adalah dengan menghadirkan gudang baru sebagai hub Lion Parcel di Bandung, Surabaya, dan Palembang. “Hub-hub baru ini merupakan bukti nyata dari komitmen kami untuk terus memperkuat infrastruktur pengiriman Lion Parcel, sehingga proses layanan yang kami berikan dapat terus berkembang menjadi lebih baik, murah, aman, dan terpercaya untuk menjawab permintaan pasar yang terus meningkat terhadap layanan logistik di seluruh area di Indonesia,” tambah Farian.

Program “Berkah” Diperpanjang Hingga 31 Mei

Dalam kesempatan yang sama, Kenny Kwanto selaku Chief Marketing Officer juga menceritakan tren pengiriman yang dilihat oleh Lion Parcel selama Ramadan 2022, “Berdasarkan data pengiriman yang kami miliki, pakaian masih menjadi komoditas yang paling banyak dikirim sepanjang Bulan Ramadan tahun ini. Sementara selain dari area Jabodetabek, kontributor pengiriman tertinggi datang dari kota-kota besar lain di Indonesia seperti Medan, Surabaya, Bandung, Yogyakarta, hingga Makassar. Pastinya, pilihan masyarakat terhadap layanan yang dihadirkan oleh Lion Parcel juga didorong oleh hadimya program apresiasi menarik dari Lion Parcel untuk pelanggan yang bertajuk BERKAH (Berani Kasih Hadiah) berhadiah milyaran rupiah yang periode keduanya masih berjalan hingga 31
Mei 2022,” ujar Kenny.

Seluruh pelanggan dari berbagai platform, mulai dari seller di marketplace Tokopedia dan juga Bukalapak, hingga pelanggan yang melakukan pengiriman lewat agen-agen maupun aplikasi Lion Parcel dapat bergabung mengikuti program BERKAH dengan cara mengirimkan paket sebanyak-banyaknya menggunakan layanan Lion Parcel. Program ini telah diselenggarakan pada bulan April dan masih akan dilanjutkan di bulan Mei ini dengan hadiah berupa:

– 1 unit mobil Honda HRV;
– 3 unit motor Vespa Primavera;
– 6 unit motor Yamaha NMAX;
– 10 unit smartphone iPhone 12 Pro;
– 30 unit HP Android;
– 200 buah emas Antam 1 gram;
– 250 saldo OVO masing-masing Rp500.000.

“Sambutan positif yang kami terima dari para pelanggan terhadap program BERKAH menjadi semangat tersendiri bagi kami untuk selalu berinovasi guna menghadirkan layanan pengiriman yang sesuai dengan tren, dan pastinya bisa menjawab kebutuhan masyarakat yang terus berkembang,” tutup Kenny.

Selain pengiriman domestik, saat ini Lion Parcel juga telah menambah pelayanan pengiriman barang internasional menjadi 16 negara, dengan penambahan terbaru ke Kamboja, Macau, Saudi Arabia, Korea Selatan, Australia dan Amerika Serikat.

Foto: Efa

 

 

 

 

 

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *