Vegan dan Organik, Keripik Umbi Garut “Janji Bumi” Jadi Camilan Sehat yang Pas di Masa Pandemi

Kress… kress… rasanya yang gurih dan renyah membuat keripik menjadi camilan favorit banyak orang, ya? Mulai dari anak-anak hingga dewasa. Tapi, pernahkah Moms, Dads atau si buah hati mencoba keripik umbi garut? Belum banyak dilirik, faktanya, umbi garut tak hanya bisa diolah menjadi makanan lezat, melainkan juga bermanfaat bagi kesehatan, lho!

Nah, kabar gembira bagi penikmat kuliner lokal Indonesia. Jaringan kedai kopi, Janji Jiwa, hari ini (11/09) mengumumkan kolaborasinya dengan Bumi Bites yang merupakan salah satu penghasil camilan sehat berbahan dasar 100% organik.

Kolaborasi Janji Jiwa x Bumi Bites ini melahirkan inovasi snack sehat dengan nama ‘Janji Bumi’, yakni camilan keripik emping yang menggunakan bahan dasar 100 persen vegan dan organik dengan bahan baku Umbi Garut (Maranta arundinacea).

(kiri) dr. Reffy Nugraha, CEO & Co-Founder dari Bumi Bites dan Lessalt, (tengah) Billy Kurniawan, CEO & Founder Jiwa Group pada acara konferensi pers peluncuran snack sehat “Janji Bumi” hari ini, Jumat (11/09)

Hadirnya Janji Bumi melengkapi produk-produk Jiwa Chips yang telah ada sebelumnya. Jiwa Chips sendiri merupakan produk di gerai Janji Jiwa dan Jiwa Toast di bawah naungan Jiwa Group.

Nama unik “Janji Bumi” sendiri dipilih untuk mengingatkan bahwa bumi adalah tempat kita tinggal, yang menyediakan berbagai kekayaan sumber daya alam, salah satunya adalah makanan yang sehat untuk dikonsumsi karena menggunakan bahan organik. “Adalah kemudian menjadi tugas kita untuk pada akhirnya mengelola, menyampaikan, memperkenalkan, hingga akhirnya “Janji Bumi” ini bisa dikonsumsi oleh masyarakat,” jelas Bapak Billy Kurniawan, CEO & Founder Jiwa Group, pada konferensi pers virtual pada hari ini, Jumat (11/09) di Jakarta.

Visi Janji Jiwa untuk mendukung kesejahteraan petani dan membudidayakan hasil tani rupanya selaras dengan Bumi Bites. Selain bertujuan memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia yang suka ngemil namun tetap bisa sehat, kolaborasi ini sekaligus sebagai bentuk kepedulian keduanya untuk membantu petani umbi garut dalam meningkatkan komoditas keripik berbahan 100% organik.

“Sekarang ini, terutama sejak pandemi, kita lihat orang-orang semakin peduli dengan kesehatan. Pilihan makanan sehat,menjadi sesuatu yang sangat penting. Lewat produk ini, kami berusaha memenuhi kebutuhan itu,” ucap Bapak Billy.

“Dulu umbi garut terlupakan. Sekarang kami lirik. Apalagi khasiatnya banyak untuk kesehatan, terutama bagus untuk pencernaan,” imbuh dr. Reffy Nugraha, CEO & Co-Founder dari Bumi Bites dan Lessalt.

Dipilihnya umbi garut ini, dilanjutkan dr. Reffy, awalnya sebagai inovasi camilan terbaru pengganti keripik singkong. “Kami juga sudah melakukan uji coba tes rasa sebelumnya, dan respons dari orang-orang yang mencoba sangat bagus,” ucapnya.

Tak hanya menawarkan rasa yang menggoda, manfaat umbi garut bagi kesehatan merupakan nilai plus. Umbi garut memiliki serat pendek sehingga mudah dicerna dan berfungsi untuk mendinginkan perut, sehingga sering dimanfaatkan sebagai obat tradisional untuk penyakit mag, diare atau radang usus.

Tak hanya itu, umbi garut mengandung bahan yang baik untuk penderita gula darah tinggi atau diabetes, memperkuat tulang, dan mencegah osteoporosis. “Umbi garut aman untuk dikonsumsi segala kalangan, umur, dan aman pula untuk ibu hamil. Dapat dinikmati kapanpun dan di manapun,” pungkas dr. Reffy.

Oh ya, meskipun namanya umbi garut, tanaman ini bukan berasal dari Garut, Jawa Barat, lho! “Umbi garut bukan berasal dari Garut, namanya saja garut, hehe… Umbi ini lebih banyak diproduksi di Jawa Tengah dan Jawa Timur,” terangnya.

Nah, untuk #temansejiwa yang suka nyemil, tidak perlu khawatir karena “Janji Bumi” adalah camilan sehat. Camilan ini bisa didapatkan mulai hari ini, 11September 2020 di area Jabodetabek dengan harga Rp.18.000,-/pcs. Tersedia pula di GrabFood,Go-Food, dan Walk-In.

“Mulai hari ini sudah tersedia di Jabodetabek. Tapi untuk seluruh Indonesia, mungkin akan memakan waktu sekitar seminggu ke depan,” tutup Bapak Billy. Tak lupa ia menyampaikan akan ada banyak promo yang mengiringi peluncuran keripik Janji Bumi hingga 30 September mendatang.

Nah, Moms dan Dads yang suka ngopi-ngopi sekaligus nyemil sehat, buruan jajal camilan sehat umbi garut ini, ya!

Foto: Istimewa

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *