Usir Jerawat dan Maskne dengan Ekstrak Magnolia

Sejak pandemi Covid-19, istilah ‘maskne’ mendadak populer ya, Moms, seiring anjuran penggunaan masker wajah. Maskne alias mask acne adalah jerawat yang timbul akibat pemakaian masker wajah secara rutin, terutama di daerah yang tertutup masker seperti pipi, dagu dan hidung.

Maskne ini bukan sekadar tren, tapi fakta adanya. Bagi sebagian orang, penggunaan masker ternyata menimbulkan masalah kulit, salah satunya maskne tadi, terlebih saat ini kita dianjurkan untuk menggunakan double mask.

Seperti yang diutarakan oleh dr. Arini Widodo, SpKK, Dokter Spesialis Kulit. “Pemakaian masker memang bisa meningkatkan risiko terjadinya jerawat. Saat kita memakai masker, kulit jadi lebih lembap, panas, apalagi kalau sedang berkeringat. Selain itu, pemakaian masker menyebabkan gesekan pada kulit wajah, terlebih saat kita berbicara,” ujarnya.

Fakta di atas diperparah dengan menumpuknya minyak, kotoran, dan keringat pada area kulit yang tertutup masker. Belum lagi faktor gaya hidup seperti kebiasaan tidak membersihkan wajah sebelum dan sesudah menggunakan masker, pemakaian make-up, kecintaan terhadap makanan manis dan olahan, maupun penggunaan bahan masker yang menyebabkan iritasi atau alergi. “Ini semua kemudian yang memicu perubahan mikrobiom pada kulit dan merusak skin barrier (lapisan kulit terluar_red),” imbuh dr. Arini.

Khasiat Ekstrak Magnolia

Lebih lanjut dr. Arini mengatakan, maskne bisa terjadi pada semua jenis kulit, baik berminyak, normal, kering maupun sensitif. “Justru pada kulit kering atau sensitif, barrier kulit lebih rentan terganggu akibat pemakaian masker. Risiko terjadinya jerawat pun meningkat. Belum lagi bila masker mengandung bahan yang bisa membuat kulit iritasi dan meradang,” katanya.

Untuk mencegah terjadinya maskne, dr. Arini menyarankan untuk selalu membersihkan wajah sebelum dan sesudah memakai masker dengan pembersih yang tepat. Jika harus menggunakan masker dalam waktu lama saat beraktivitas, gantilah masker setiap 3-4 jam sekali. “Pilihlah bahan masker yang bisa membuat kita bernapas dengan baik (breathable) serta yang tightly wooven, lembut dan tidak menggesek kulit. Saat memakai skin care atau make-up pilihlah yang non-comedogenic sehingga bisa mengurangi terjadinya jerawat,” ujarnya memberi tips.

(kiri) Dian Nuzulia selaku Senior Brand Manager NIVEA Face, Sun & Lip dan Bubah Alfian, Brand Ambassador NIVEA, Makeup Expert (kanan)

Bicara pembersih wajah, ada kabar baik nih Moms. NIVEA menjawab kebutuhan masyarakat untuk #BersihinWorry dari jerawat dan maskne dengan menghadirkan NIVEA Oil & Acne Care MicellAir dengan Ekstrak Magnolia, pembersih wajah terbaru dengan kandungan Magnolia Bark Extract.

Bahan terakhir ini, dikatakan oleh dr. Arini memang kurang familiar bagi masyarakat. Namun dalam dunia medis, magnolia bark extract telah lama diteliti manfaatnya, terutama untuk pengobatan kanker karena bersifat antioksidan. “Berdasarkan penelitian, Magnolia Bark Extract memiliki antibacterial property, astringent property dan anti-inflammatory property, sehingga bagus juga untuk kulit karena dapat membantu membersihkan bakteri penyebab jerawat dan peradangan akibat jerawat,” katanya.

Lebih Baik dari Salicylic Acid

Ditambahkan oleh Dian Nuzulia selaku Senior Brand Manager NIVEA Face, Sun & Lip, Magnolia Bark Extract merupakan bahan yang telah dikenal luas memiliki banyak manfaat bagi kulit. “Kami menyebutnya sebagai the purple power. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh tim Research & Development Beiersdorf, Magnolia Bark Extract memiliki kemampuan anti inflamasi 1,5 kali lebih baik dari Salicylic Acid, kandungan yang banyak terdapat pada produk skin care untuk kulit berjerawat,” ujar ia.

Dian meng-klaim, NIVEA Oil & Acne Care MicellAir dengan Ekstrak Magnolia tidak mengandung alkohol alias 0% alkohol serta memiliki dual function yakni untuk memberikan double care pada kulit yaitu membersihkan dari makeup, debu dan kotoran serta melindungi dari bakteri penyebab jerawat.

Bubah Alfian, Brand Ambassador NIVEA, Makeup Expert pun menceritakan kekhawatiran orang-orang di sekitarnya mengenai maskne. “Tidak sedikit kerabat maupun klien saya yang mengalami maskne. Tidak hanya mereka yang berjenis kulit berminyak, melainkan juga yang kulitnya cenderung kering hingga normal, karena saat menggunakan masker, kulit yang tertutup jadi kurang leluasa bernapas dan terasa lebih lembap. Ditambah dengan penggunaan makeup, semakin membuat kulit tak bebas bernapas.”

Ia lantas mengingatkan betapa pentingnya membersihkan wajah agar kulit dapat bernapas dengan lebih bebas. “Sebelum membersihkan wajah, jangan lupa mencuci tangan lebih dulu dengan memakai sabun dan air mengalir, atau hand sanitizer. Tuangkan pembersih wajah di atas kapas lalu usap wajah dari arah bawah ke atas,” katanya.

NIVEA Oil & Acne Care MicellAir dengan Ekstrak Magnolia sendiri mampu membantu kulit untuk lebih leluasa bernapas berkat Oxygen Boost dan 0% alkohol. “Seluruh produk MicellAir dari NIVEA tak hanya dapat membersikan kulit wajah dari makeup, debu, dan kotoran, melainkan juga dapat memberikan manfaat ekstra: NIVEA Pearl Bright untuk kulit lebih cerah, NIVEA Hydration untuk melembabkan, dan NIVEA Oil & Acne Care dengan Ekstrak Magnolia untuk kulit jauh dari jerawat. NIVEA berharap inovasi produk terbarunya ini pun dapat membantu #BersihinWorry masyarakat terhadap maskne,” tutup Dian.

Foto: Ist

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *