Umami berasal dari bahasa Jepang yang artinya gurih. Rasa gurih ini merupakan rasa dasar kelima yang ditemukan oleh seorang ilmuwan asal Jepang yaitu Prof. Dr. Kikunae Ikeda pada tahun 1908. Rasa umami merupakan rasa dasar kelima setelah asin, manis, asam, dan pahit.

Nah, pada Senin, 2 Agustus 2021 kemarin, PT AJINOMOTO INDONESIA bekerjasama dengan INAVIGA INDONESIA mengadakan Webinar Event: “Peran Bumbu Umami Sebagai Strategi Menyusun Menu Sehat untuk Keluarga”, sebagai upaya mendukung masyarakat Indonesia untuk tetap sehat dengan menyebarluaskan fakta-fakta informatif tentang bumbu umami di tengah masa PPKM pandemi COVID-19.

Webinar ini merupakan rangkaian event yang diadakan hingga Agustus 2021 untuk masyarakat umum, terutama ibu rumah tangga dan mahasiswa/i yang berdomisili di Surabaya, dan masyarakat umum. Webinar menghadirkan pembicara Prof Ahmad Sulaeman, Guru Besar Keamanan & Gizi Pangan Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) IPB, yang memaparkan bagaimana bumbu umami dapat mendukung dalam strategi menyusun makanan sehat, lezat, dan bergizi seimbang untuk tetap fit.

“Di era pandemi seperti sekarang ini, terutama saat PPKM darurat, masyarakat kini lebih sadar akan makanan sehat untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya. Namun, terkadang masih banyak orang yang salah menilai konsep ini, mereka hanya peduli pada kesehatan, namun kelezatan rasa kurang diprioritaskan. Padahal, rasa lezat sangat penting juga untuk kita dalam mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang. Nah, di sini lah bumbu umami memegang peranan penting,” ujar Prof Ahmad.

“Umami merupakan rasa dasar ke-5 yang ditemukan setelah asin, manis, asam, pahit, yang biasa kita kenal dengan rasa gurih. Rasa umami dapat ditemukan dari berbagai bahan makanan seperti jamur, tomat, terasi, dan lain-lain, karena mengandung asam amino glutamat. Penguat rasa seperti Monosodium Glutamat (MSG) juga merupakan sumber rasa umami. Penggunaan MSG dalam makanan bergizi seimbang dapat menjadi salah satu strategi untuk menciptakan makanan sehat, lezat, dan bergizi untuk kita dan keluarga nikmati supaya tetap fit,” lanjutnya.

“Kami berharap para peserta webinar kali ini juga dapat menyebarluaskan fakta-fakta informatif dan fakta ilmiah tentang apa yang kami dan para pembicara sampaikan kepada masyarakat luas, karena topik ini memang sangat bermanfaat di masa pandemi, terutama di masa PPKM darurat ini,” ujar Ibu Katarina Larasati, Public Relations Manager – PT AJINOMOTO INDONESIA.

Webinar dari PT AJINOMOTO INDONESIA tidak akan berhenti sampai disini. Setelah ini, akan ada lagi acara webinar pada tanggal 14 dan 28 Agustus 2021 yang juga ditujukan untuk masyarakat umum lewat akun Instagram INAVIGA INDONESIA (@inaviga_indonesia). Melalui webinar edukatif ini, PT AJINOMOTO INDONESIA bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Indonesia sebagai perusahaan penyedia solusi untuk masalah makanan dan kesehatan.

Foto: Ist

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *