Empat tahun sudah DANA berkiprah dan berkontribusi di bidang jasa keuangan berbasis teknologi (fintech) di Indonesia. Sejak didirikan sejak tahun 2018, DANA tak henti-hentinya berinovasi. Kali ini, bertepatan dengan empat tahun kehadiran DANA, kembali dompet digital karya anak bangsa ini menunjukkan sepak terjangnya. Kali ini, DANA memperkenalkan 4 (empat)  inovasi produk terbarunya.

“Diawali di tahun 2018 dengan hanya segelintir orang, kini DANA sudah berusia 4 tahun dan memiliki lebih dari 800 orang karyawan, dan aplikasi DANA telah diakses lebih dari 100 juta pengguna di Indonesia, serta lebih dari 400 ribu UMKM memanfaatkan DANA bisnis. Di usia 4 tahun, kami menghadirkan 4 inovasi baru di akhir Maret 2022, yang dihadirkan untuk menciptakan teknologi yang inklusif dan berdampak positif bagi seluruh pengguna,” urai Agustina Samara, Chief People & Corporate Strategy DANA Indonesia ketika membuka konferensi pers bertajuk “Inov4asi Untuk Negeri”, Jumat (25/03).

Kehadiran empat inovasi terbaru tersebut sekaligus menunjukkan komitmen berkelanjutan DANA dalam mengoptimalkan teknologinya untuk memberikan layangan keuangan digital terbaik, serta mendukung akselerasi literasi dan inklusi keuangan digital.

Keempat inovasi terbaru tersebut akan segera hadir dalam aplikasi DANA dan bisa dimanfaatkan pengguna untuk berbagai kebutuhan, mulai dari memberikan rekomendasi finansial hingga tarik tunai di gerai Alfamart.

Ditambahkan oleh Rangga Wiseno, Chief of Product DANA Indonesia, selama empat tahun kehadirannya, DANA telah bertumbuh pesat. Selain dari segi jumlah pengguna yang kini sudah lebih dari 100 juta penguna, transaksi per hari juga meningkat dimana rata-rata terjadi 8 juta transaksi per hari. Ini menunjukkan bahwa teknologi dan keamanan DANA semakin dipercaya dan semakin inklusif. Pembaruan yang kami sebut Inov4si Untuk Negeri ini merupakan wujud terima kasih kami atas kepercayaan dari seluruh pengguna dan mitra kepada DANA,” katanya.

Lebih lanjut Rangga mengatakan, empat inovasi terbaru yang dihadirkan merupakan bentuk komitmen DANA untuk menciptakan teknologi yang inklusif dan memberikan dampak positif, baik bagi pengguna maupun bagi kemajuan perekonomian digital di Indonesia. “Kami meyakini bahwa teknologi berbasis open platform yang kami miliki mampu membawa perubahan bagi percepatan literasi dan inklusi keuangan digital.”

Adapun empat inovasi terbaru yang akan hadir dalam aplikasi DANA adalah sebagai berikut:

  1. DANA Pay

DANA ingin memastikan pengalaman bertransaksi digital pengguna bukan saja mudah, aman dan nyaman, tetapi juga makin pintar. Lewat pembaruan yang dilakukan, aplikasi DANA kini memiliki kemampuan mengombinasikan metode pembayaran (melalui saldo DANA, kartu debit maupun kredit) manakala saldo pengguna tidak mencukupi jumlah pembayaran.

Berkat pembaruan ini, DANA memungkinkan transaksi tetap berjalan selagi pengguna melakukan top-up untuk memenuhi saldo yang tidak mencukupi. Selanjutnya, pembayaran akan terselesaikan secara otomatis.

Untuk memudahkan pengguna, pembayaran juga dapat dilakukan dengan menggunakan DANA VIZ (Visual Identity AuthoriZation). Tidak hanya itu, keamanan saat bertransaksi digital juga makin terlindungi dengan hadirnya pilihan otentikasi pembayaran serta Daily Limit Card untuk membatasi jumlah penggunaan yang diinginkan setiap harinya.

  1. Rapor DANA

Guna menjembatani kesenjangan yang masih terjadi antara literasi (38,03 persen) dan inklusi keuangan (76,19 persen) sebagaimana data Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) ketiga yang diselenggarakan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 2019, DANA akan menghadirkan fitur baru, yaitu Rapor DANA. Fitur baru ini ditujukan sebagai platform pengetahuan bagi pengguna untuk meningkatkan literasi, membangun kebiasaan yang lebih baik dalam pengelolaan keuangan, hingga memberikan rekomendasi bagi pengguna untuk menentukan langkah finansialnya.

Dengan Rapor DANA, pengguna diajak untuk menjawab serangkaian pertanyaan melalui tiga aspek, yaitu profil yang mencakup informasi mengenai status keuangan pengguna, lalu pengetahuan untuk melihat pemahaman keuangan pengguna, hingga aspek perilaku untuk melihat kebiasaan pengelolaan keuangan pengguna.

Lewat serangkaian pertanyaan tersebut, pengguna akan mendapatkan rekomendasi manajemen keuangan yang telah dipersonalisasi sesuai hasil jawaban. Pada Rapor DANA, pengguna juga akan terus mendapatkan edukasi finansial yang dibagikan secara gratis agar mereaka mampu menentukan langkah finansialnya dengan lebih bijak.

  1. Pembayaran STNK via Signal

Dompet digital DANA kini telah terintegrasi dengan Samsat Digital Nasional (Signal) untuk memudahkan pengguna membayar STNK.

Pembayaran ini dapat ditemukan pada kategori Biller. Caranya pun mudah, pengguna cukup memasukkan nomor tagihan dalam kolom yang disediakan lalu melakukan pembayaran menggunakan saldo DANA maupun kartu debit yang telah disimpan di dompet digital DANA. Saat ini, layanan pembayaran Samsat Digital Nasional dengan DANA sudah mencakup 15 provinsi di Indonesia di antaranya Jawa Timur, Banten, DKI Jakarta, Sumatera Barat, Jawa Tengah, Jambi, Jawa Barat, NTB, Bali, Bengkulu, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Kepulauan Riau, Riau, dan Sulawesi Barat.

  1. Kirim Uang dan Tarik Tunai di Alfamart

Sejalan dengan komitmen DANA untuk menciptakan layanan keuangan digital yang inklusif, kini DANA memungkinkan penggunanya untuk mengirim uang kepada penerima yang tidak memiliki rekening bank dan aplikasi DANA untuk menarik uang diterimanya melalui Alfamart.

Bagi pengirim, langkah yang dapat dilakukan adalah dengan mengetuk ikon Send dan dilanjutkan dengan memilih ikon Withdraw Cash. Kemudian, pengguna bisa memilih Alfamart, lalu Send Cash untuk memasukkan data penerima. Pengirim akan mendapatkan kode verifikasi yang dapat dibagikan kepada penerima dengan batas waktu tarik tunai selama 12 jam.

Sementara itu, penerima dapat menarik uang yang ditujukan kepadanya dengan mengunjungi Alfamart dan menuju ke kasir dengan menyebutkan ‘DANA Penarikan Uang’. Pastikan juga data diri sesuai KTP telah terdaftar pada kasir Alfamart. Terakhir, informasikan kode verifikasi yang dikirimkan oleh pengirim untuk mendapatkan uang tunai senilai uang yang telah dikirim.

Foto: Efa

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *