Seperti Moms dan Dads ketahui, popularitas penggunaan dompet digital di Indonesia kian hari semakin meningkat. Salah satu yang paling banyak digunakan masyarakat adalah DANA. Pada semester pertama tahun 2021 ini, DANA menorehkan beragam pertumbuhan positif, lho!

Hal ini disampaikan oleh Vince Iswara, CEO dan Co-Founder DANA, pada acara media update virtual hari ini, Rabu (23/06). Sampai akhir Mei 2021 ini, terangnya, jumlah pengguna dompet digital DANA sudah mencapai 70 juta, dari yang sebelumnya berjumlah 50 juta pada Desember 2020. “Pertumbuhannya sangat pesat ya, dalam kurun waktu sekitar ½ tahun, kita sudah bertumbuh lebih dari 20 juta users,” katanya.  Lonjakan tersebut menempatkan DANA sebagai perusahaan teknologi finansial dengan pertumbuhan tercepat pada semester ini.

Tak hanya itu, pertumbuhan rata-rata jumlah transaksi per hari pada semester ini juga meningkat. Dari yang sebelumnya (Desember 2020) sebanyak 3 juta transaksi per hari, sekarang melonjak menjadi 5 juta per hari. “Kita melihat, rata-rata transaksi per hari tertinggi terjadi pada bulan Mei 2021. Dibandingkan dengan tahun lalu (Mei 2020), pertumbuhan rata-rata transaksi per hari yang dibukukan pada Mei 2021 tercatat meningkat sebesar 164 persen,” imbuhnya lagi.

Pertumbuhan rata-rata transaksi per hari dengan menggunakan dompet digital DANA didorong oleh meningkatnya berbagai aktivitas transaksi nontunai digital. Hal ini juga ikut menegaskan komitmen DANA yang terus memastikan dan meningkatkan pengalaman bertransaksi pengguna lewat pengembangan teknologi secara progresif.

Pengguna dengan mudah dapat melakukan transfer ke berbagai platform dengan DANA, seperti nomor telepon seluler, akun bank, media sosial seperti WhatsApp, atau melalui agen dan gerai-gerai mitra untuk dapat diambil penerimanya dalam bentuk tunai. Transaksi peer-to-peer (p2p) meningkat dua kali lipat pada Ramadan 2021.

“Artinya, teknologi finansial yang kami kembangkan makin inklusif dan menghadirkan manfaat yang kian luas. Tak sekadar hanya untuk melakukan pembayaran, namun melakukan berbagai transaksi dari perniagaan, interaksi sosial, hingga menabung ataupun berinvestasi. Di sisi lain, masyarakat dan seluruh ekosistem makin teredukasi dan memahami dayaguna dompet digital DANA dalam mempermudah terselenggaranya transaksi nontunai digital yang praktis, cepat, real-time, efisien, lebih kompeten, nyaman, aman dan terlindungi,” terang Vince Iswara.

(kiri – kanan) Vince Iswara dan Rangga Wiseno pada Virtual Media Briefing DANA 23 Juni

Aktivitas perbankan satu ini pasti sering Moms dan Dads lakukan: transfer uang! Apalagi di masa pandemi, aktivitas transfer uang dengan menggunakan dompet digital DANA, meningkat tajam. Tak hanya di kota besar, hal ini pun sangat popular di daerah. Imbauan untuk tidak mudik dan tetap di rumah saja, menurut Vince membawa dampak tersendiri dalam mendorong meluasnya budaya nontunai di kalangan masyarakat luas di seluruh penjuru Indonesia.

“Tak hanya uang nontunai yang ditransfer oleh pengguna yang tinggal di kota-kota besar ke keluarganya yang berada di kampung atau bahkan di daerah pelosok, namun yang menjadi catatan menarik adalah aktivitas tersebut telah mengakselerasi transfer budaya nontunai dan pemanfaatan teknologi finansial ke wilayah dan lapisan masyarakat yang lebih luas. Ini menguatkan optimisme kami terhadap makin meningkatnya inklusi keuangan masyarakat Indonesia berkat teknologi yang kami kembangkan,” kata Vince.

Vince menegaskan, untuk terus memperluas dan memperkuat adopsi budaya transaksi masa depan ini, serta menjadikan teknologi finansial makin inklusif, DANA akan terus meningkatkan proteksi serta pengalaman pengguna melalui pengembangan teknologi secara progresif.

5 Fitur Paling Sering Digunakan

DANA termasuk yang sering berinovasi mengembangkan ragam fitur untuk mempermudah pengguna. Diterangkan oleh Rangga Wiseno, Senior VP of Product DANA, dari beragam fitur yang telah dikembangkan DANA, terdapat lima fitur yang paling sering digunakan oleh para pengguna pada semester pertama 2021. Fitur-fitur tersebut adalah QRIS PAYMENT, SEND MONEY atau KIRIM UANG, pembelian pulsa prabayar untuk telepon seluler, pembayaran Online Commerce dan fitur BILLER untuk pembayaran tagihan-tagihan.

Kelima fitur tersebut pada semester ini, juga mencatat peningkatan signifikan baik dari jumlah transaksi maupun pengguna aktif bulanannya atau Monthly Active User (MAU). Transaksi dengan menggunakan QRIS Payment meningkat sebesar 131 persen dan MAU meningkat 309 persen. Pada fitur SEND MONEY transaksi meningkat 99 persen dan MAU meningkat 91 persen. Sementara itu transaksi pembelian pulsa selular prabayar meningkat 174 persen dan MAU meningkat 200 persen. Adapun fitur pembayaran Online mengalami kenaikan transaksi sebesar 91 persen dan MAU sebesar 73 persen, sedangkan fitur pembayaran tagihan transaksinya naik sebesar 93 persen dengan jumlah MAU meningkat sebesar 103 persen.

“Kelima fitur-fitur di atas menjadi kontributor utama terhadap pertumbuhan DANA pada semester pertama 2021 ini. Selain dari lima fitur di atas, kontribusi pertumbuhan DANA juga didorong oleh salah satu fitur terbarunya, yaitu konversi poin dari TikTok, Snack Video, dan Helo ke Saldo DANA,” tutup Rangga.

Foto: Ist

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *