Simsalabim abrakadabra…
Ya, dengan menggunakan garam dapur, kalian bisa memainkan trik sulap, laiknya seorang pesulap handal, lho, Kids! Kertas putih yang terlihat kosong, sebenarnya ada tulisan yang tersembunyi di dalamnya, lho. Hihihi… Mau tahu cara mainnya, yuk Kids, ikuti percobaan berikut ini:

   Alat & Bahan:

  • Garam yang dimasukkan dalam botol
  • Cotton bud
  • Kertas putih
  • Bubuk arang
  • Pengaduk
  • Kapas
  • Air

    Langkah Percobaan

1.Isi botol yang berisi garam dengan air sampai setengah botol. Aduk hingga garam larut.

2. Tuliskan sebuah kata di permukaan kertas. Gunakan cotton bud sebagai pena dan larutan garam sebagai tinta. Biarkan tulisan kering dengan bantuan sinar matahari.

3.Taburkan bubuk arang di permukaan kertas dan sapukan pelan-pelan dengan kapas. Apakah tulisannya terlihat?

Apa Kata Sains:

Ketika diaduk di air, sebagian garam larut. Artinya, garam berubah ukurannya menjadi sangat kecil dan menyebar rata di seluruh bagian air. Ketika dituliskan di kertas, awalnya tulisan dalam keadaan basah dan bisa dibaca. Angin dan cahaya matahari membuat air menguap, meninggalkan garam yang berubah kembali menjadi padat di kertas. Karena kristal garam berwarna sama dengan kertas yaitu putih, maka tulisan menjadi tidak kelihatan. Ketika ditaburi arang, permukaan garam yang lebih tajam dan keras membuat arang menempel pada tulisan, sehingga tulisan terlihat lebih gelap atau hitam. Dan, tulisan garam semakin terlihat dan terbaca jelas. (Teks : Retno / Foto : JFK)

Percobaan ini dilakukan di:
Rumah Sains Ilma
Jl. TPU Parakan 148
Pamulang 2 – Tangerang Selatan
Telp: 021- 7463.1039

You may also like
Latest Posts from

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *