Hampir setiap hari, teman-teman pasti memakai kertas bukan? Baik untuk menulis ataupun menggambar. Namun, tahukah kalian mengenai asal mula kertas? Dari mana kertas berasal dan dibuat?

Kertas atau paper dalam bahasa Inggris, sebenarnya berasal dari kata papirus (papyrus). Dalam bahasa Belanda, Jerman, dan Perancis, disebut papier. Atau papel dalam bahasa Spanyol yang semuanya berarti sama, yaitu kertas.

Bermula adalah Ts’ai Lun asal Cina. Menurut beberapa catatan di Cina, Ts’ai Lun adalah abdi kerajaan yang saat itu dipimpin kaisar Ho Ti. Tahun 101 M ia menunjukkan contoh kertas kepada Kaisar. Catatan Cina tentang penemuan Ts’ai Lun ini terdapat pada tulisan sejarah resmi dinasti Han.
Kaisar sangat senang dengan penemuan tersebut dan Ts’ai Lun pun kemudian naik pangkat dan mendapat gelar kebangsawanan.

Mulai Menyebar

Teknik pembuatan kertas pun akhirnya menyebar ke seluruh dunia. Abad ke-12, orang-orang Eropa mulai belajar teknik pembuatan kertas.

Pemakaian kertas pun mulai berkembang luas. Apalagi setelah Gutenberg menemukan mesin cetak modern, kertas pun menggantikan kedudukan kulit kambing sebagai sarana tulis-menulis di Barat.

Padahal, sebelum penemuan Ts’ai Lun, buku di Cina dibuat dari bambu sehingga amat berat dan kaku.
Dibuat Lembaran

Di tahun 1799, seorang Perancis bernama Nicholas Louis Robert menemukan proses untuk membuat lembaran-lembaran kertas dalam satu wire screen yang bergerak. Dengan melalui perbaikan-perbaikan, alat ini kini dikenal sebagai mesin Fourdrinier.
Penemuan mesin silinder oleh John Dickinson di tahun 1809 telah menyebabkan meningkatnya penggunaan mesin Fourdrinier dalam pembuatan kertas-kertas tipis.
Perkembangan mesin pembuat kertas terus meningkat hingga saat ini. Bahan baku yang dipakai juga bukan lagi bambu, melainkan dari kayu.

Jadi, berhematlah teman-teman dalam memakai kertas, untuk menjaga kelestarian kayu di hutan. (JFK/Nov)

 

You may also like
Latest Posts from

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *