Trik Sukses Ujian

Menghadapi ujian terkadang bisa membuat stres dan panik, ya, Kids. Namun, kalian tak perlu harus mengalami hal itu, kok, jika sudah tahu triknya.

Mendengar kata ujian, terkadang kita jadi tegang ya, Kids? Rasanya campur aduk. Cemas, takut, gugup, semua bercampur jadi satu.

Menurut Kak Prita Pratiwi yang seorang Psikolog Anak, kalau kita merasa tegang atau cemas saat akan menghadapi ujian, itu wajar, kok. Asal kadarnya pas, alias tidak berlebihan.

Yang disebut berlebihan, kalau kita jadi sakit. Misalnya, tanpa alasan jelas, kita jadi sering muntah di pagi hari. Atau, sering sakit perut, padahal lagi tidak makan pedas. Lalu, nggak tahu kenapa, kita ingin marah terus, nih. Ditanya sama Mama atau Papa, kita menjawab dengan nada tinggi. Padahal mereka nanya baik-baik dan lembut. Lebih parah lagi, kalau kita jadi nggak selera makan sama sekali dan susah tidur.

Inilah yang dimaksud Kak Prita, tegang yang berlebihan. Istilah kerennya: stres. Duh, jangan sampai ya, Kids!

Siapkan Senjata

Tapi, jika gugup yang kalian rasakan masih dalam batas kewajaran, justru bisa jadi hal positif. Sebab, ini akan membuat kalian lebih peduli dan terpacu untuk belajar lebih serius. Bahkan menurut Kak Prita, kalian jadi lebih berhati-hati dalam menjawab soal ujian. Jadi, tidak asal tebak saja, hihi…

Meskipun begitu, alangkah baiknya kalau kita tak gugup atau cemas, namun justru percaya diri! Kuncinya: kita harus melakukan persiapan secara matang sehingga bisa lulus ujian dengan sukses. Mau tahu caranya? Ini dia:

  • Buat Jadwal Kegiatan

Bukan berarti, setiap hari atau setiap jam, kita isi dengan belajarrrrrrr terus. Tapi cobalah, dari jauh-jauh hari, buat jadwal kegiatan harian. Kalian bisa diskusikan bersama orangtua. Buatlah jadwal yang berimbang antara waktu belajar, bermain, kegiatan seni (menggambar, bermain musik, menyanyi) maupun  istirahat.

  • Sering Mengulang Pelajaran

Ayo, mulai sekarang, tinggalkan kebiasaan sistem kebut semalam (SKS). Walau ujian masih beberapa minggu lagi, rajinlah mengulang materi pelajaran saat di rumah. Jangan menunda-nunda lagi, Kids. Bila baru dipelajari sehari sebelum ujian, kita justru malah jadi susah untuk mengingatnya, lho.

  • Pelajari Latihan Soal

Tak bisa karena tak biasa! Ini benar banget, Kids. Untuk menguji kemampuan kalian, seringlah berlatih contoh-contoh soal dari buku pelajaran, buku-buku soal yang bisa dibeli di toko buku, materi ulangan, maupun contoh soal UAS atau US tahun lalu. Ini akan membuat kalian terbiasa saat mengerjakan soal ujian.

  • Buat Catatan Kecil

Eits, jangan salah paham. Catatan kecil di sini bukan untuk contekan, lho, namun buat pengingat. Catatan bisa berupa secarik kertas atau notes kecil, berisi materi pelajaran yang penting. Kamu bisa membawanya ke mana saja dan belajar di manapun kamu mau.

  • Buat Target

“Hari ini aku harus paham materi ini. Besok, aku harus menguasai bab 7 sampai 9.” Yup, dengan menentukan target, kalian bisa jadi lebih terpacu untuk mencapainya. Namun, ingat kemampuan diri sendiri, Kids. Jangan muluk-muluk. Kalau tak tercapai, bisa-bisa kalian malah resah dan gelisah sendiri. Atau sebaliknya, jadi malas karena target tak tercapai.

  • Belajar Kelompok

Agar belajar menjadi menyenangkan, kalian bisa mengajak teman untuk belajar bareng. Tapi, tetap ingat, tujuan utamanya adalah belajar. Jangan sampai malah melenceng jadi bermain. Bila perlu, minta pendampingan orang dewasa di sekitar kalian, misalnya Mama, Kakak atau Tante. Dengan begitu, bila kalian mengalami kesulitan memahami materi pelajaran, mereka bisa membantu.

  • Aktif Bertanya dan Ditanya

Jangan malu atau sungkan untuk banyak bertanya. Jika ada yang belum jelas, tanyakan kepada guru, teman atau orangtua. Atau sebaliknya, tawarkan kepada teman untuk bertanya kepada kita hal-hal yang dia belum jelas. Semakin banyak ditanya, kita akan semakin mudah mengingat konsep pelajaran. Apabila kita juga tidak tahu jawabannya, bahas bersama teman-teman atau bertanya kepada guru.

  • Istirahat Cukup

Kids, usahakan jangan tidur larut malam setiap hari. Bila kita beristirahat dengan cukup, otak kita akan bekerja dengan lebih lancar. Badan juga akan fit dan tidak lesu. Selama persiapan hingga waktu ujian tiba, pastikan kalian tidur cukup, ya.

Percaya Diri, Kalian Bisa!

Jika persiapan di atas sudah kalian lakukan, tak perlu takut menghadapi ujian. Sebelum berangkat, jangan lupa sarapan dan siapkan segala perlengkapan ujian.

Ketika ujian dimulai, tetap tenang, ya, Kids.

Oh iya, jangan lupa berdoa. Tak usah terburu-buru mengerjakan soal. Mulailah dari yang paling mudah dulu. Tetaplah yakin dan percaya diri bahwa kalian bisa sukses melewati ujian.

Yang perlu diingat, nilai bukan segalanya, Kids. Yang penting, ilmu yang kalian dapatkan selama proses pembelajaran. So, semoga sukses dan selamat menempuh ujian, ya.

(Teks: Efa, Foto: Istimewa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *