Galaksi Triangulum adalah galaksi besar yang berada dekat Bimasakti setelah Andromeda. Jarak galaksi Triangulum adalah tiga juta tahun cahaya dari Bumi. Keberadaannya dalam rasi Triangulum menjadikan nama galaksi ini adalah galaksi Triangulum.

Galaksi yang berotasi dengan bentuk spiral ini memiliki banyak nama antara lain; Messie 33 atau M33 atau NGC 598 atau galaksi Roda Peniti. Messie 33 sebagai galaksi terbesar ketiga dalam grup galaksi lokal memiliki massa sekitar 10 – 40 miliar massa Matahari.

 

Galaksi Spiral

Galaksi Triangulum dikategorikan sebagai galaksi spiral karena galaksi ini terdiri dari sekelompok bintang yang menjulur keluar dari arah pusat galaksi. Kekuatan grafitasi serta rotasi pusat menyebabkan galaksi bergerak dan berbentuk spiral.

Walaupun tercipta sebagai galaksi yang besar, namun nasib masa depan galaksi Triangulum ini tidak jelas. Ada beberapa skenario yang diperkirakan oleh para ahli astronomi. Galaksi tersebut akan terserap oleh hidrogen yang ada di Andromeda kemudian kehilangan semua gas yang dimiliki dan menjadi bintang-bintang baru di sekitar Andromeda menuju merger dengan Bimasakti. Skenario kedua dimana galaksi spiral ini akan lebih dahulu merger dengan Bimasakti sebelum merger dengan Andromeda. Dan skenario terakhir yang diperkirakan adalah, galaksi spiral ini akan terbuang dari grup galaksi lokal.

 

Bisa Dilihat

Teman-teman yang penasaran dengan galaksi spiral terbesar dalam grup galaksi lokal ini bisa melihatnya secara langsung dengan mata telanjang di malam hari bila langit sedang cerah. Galaksi yang memiliki diameter 50 ribu tahun cahaya atau setara dengan setengah diameter galaksi Bimasakti ini dapat terlihat tanpa bantuan alat teropong bintang sekalipun.

Galaksi Roda Peniti ini ditemukan oleh astronom Italia, Giovanni Battista Hodierna pada abad ke–17. Namun baru secara independen  diidentifikasi oleh Charles Messier pada tahun 1764 dengan nomor objek 33. Sesuai dengan nomor objek tersebut maka galaksi yang berada di konstelasi Triangulum tersebut diberikan nama M33. Yuk, sama-sama lihat galaksi di malam hari dengan gerakan spiralnya ini!

 

 

Teks: JFK    Foto: Istimewa

You may also like
Latest Posts from

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *