Binatang unik yang satu ini dikenal sebagai hewan yang sangat misterius. Lihat saja nama lain hewan ini. Satanic leaf tailed gecko atau Tokek Setan Ekor Daun. Mendengar namanya saja sudah bisa membuat bulu kuduk merinding. Hi…

Jika diperhatikan, bentuk fisik hewan yang pandai menyamar ini juga bisa dibilang cukup seram. Mata merah, bentuk tubuh seperti daun hampir membusuk, terdapat bintik-bintik cokelat di bawah tubuhnya, dan sepasang tanduk kecil di atas mata.

Namun demikian, keahlian menyamarnya tentu patut diacungi jempol. Sebab, tokek ini bisa mengubah warna tubuhnya seperti warna daun tua yang sudah gugur atau warna lainnya. Ia juga bisa mengubah bentuk tubuhnya, meniru bentuk daun hingga ke bentuk guratan-guratan tulang daun.

 

Kapan Ditemukannya?

Tokek ini ditemukan pertama kali di hutan hujan primer Madagaskar pada tahun 1888 oleh George Albert Boulenger. Tokek Setan Ekor Daun ini memiliki nama ilmiah Uroplatus phantasticus. Ia merupakan spesies terkecil dalam keluarga tokek.

Ukurannya yang mini dan keahliannya menyamar, membuat binatang unik ini sulit untuk diketahui keberadaannya. Apalagi ia tergolong dalam binatang nokturnal arboreal, dimana hanya beraktivitas pada malam hari dan sebagian besar hidupnya dihabiskan di atas pepohonan atau belukar.

Panjang kepala, tubuh hingga ekornya hanya sekitar 3-6 cm. Kadang ada juga yang berukuran sedikit lebih besar hingga 9 cm. Adapun berat tubuhnya sekitar 10–30 gram saja. Dalam sekali reproduksi, hewan ini hanya sanggup bertelur sebanyak dua butir yang akan menetas setelah 60-70 hari.

 

Keunikan Lain

Keunikan lain dari binatang ini, selain bisa menyamar seperti daun tua yang sudah hampir membusuk, juga bisa memipihkan tubuhnya pada batang pohon dan tidur menggelantung dengan posisi kepala ke bawah seperti halnya daun kering yang hampir jatuh.

Makanan utamanya adalah berbagai jenis serangga seperti cacing, laba-laba, lalat hingga cicak. Namun, ia bisa memakan serangga dengan ukuran yang lebih besar karena tokek ini memiliki mulut yang sangat lebar. Walaupun menyeramkan, tapi sangat unik kan?

 

 

Teks: JFK     Foto: Ist

 

 

 

You may also like
Latest Posts from

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *