Jangan berkecil hati dulu, Kids, jika kalian tidak memiliki tubuh yang tinggi seperti teman-teman kalian. Masih banyak cara yang bisa kalian lakukan untuk tumbuh tinggi. Ini dia tips-tipsnya.

Tahukah, Kids? Sekitar 162 juta anak berusia di bawah 5 tahun di seluruh dunia, mengalami stunting (tubuh pendek). Ternyata, sebanyak 8,9 jutanya adalah anak-anak Indonesia. Duh!

“Indonesia menjadi penyumbang terbanyak nomor 5 di dunia untuk anak pendek. Ini dikarenakan asupan makanan yang kurang dan berlangsung lama,” terang Dr. dr. Damayanti R. Sjarif, SpA(K), Dokter Anak Sub Spesialis Nutrisi dan Penyakit Metabolik Pada Anak.

“Banyaknya kasus malnutrisi seperti stunting pada anak diperlukan pendekatan mulai dari ketersediaan nutrisi yang memadai, sanitasi, hingga edukasi tenaga kesehatan,” timpal Prof. Andrew Prentice, Professor of International Nutrition, Head of MRC International Nutrition Group & Nutrition Theme Lead of London School of Hygiene & Tropical Medicine, UK.

Ternyata, stunting ini bisa menimbulkan gangguan lainnya, lho, Kids. “Tubuh pendek ini juga dapat berpengaruh terhadap tingkat kecerdasan, perkembangan anak, anak jadi gampang sakit, juga obesitas (kegemukan). Obesitas itu bukan hanya karena kebanyakan makan tapi juga gangguan pembakaran lemak di badannya,” ujar dr. Damayanti.

Nah, banyaknya dampak negatif lain yang disebabkan oleh stunting ini, kalian masih bisa, kok, mencegahnya. Menurut dr. Damayanti, jika ingin tumbuh tinggi, kalian harus mulai banyak makan makanan yang mengandung protein tinggi seperti telur, susu, ikan, ayam, daging, dan lain sebagainya. “Kalian juga harus tidur cukup. Jam 8 malam harus sudah tidur karena hormon pertumbuhan akan diproduksi saat kita sudah tidur nyenyak selama 3 jam. Dimana produksi hormon  pertumbuhan tertinggi terjadi pada pukul 11 malam sampai pukul 2 dinihari. Tips lainnya, kalian juga harus aktif bergerak, ya, misalnya olahraga. Jika kalian aktif, juga bisa merangsang hormon pertumbuhan,” tutupnya. (Teks dan Foto: Novi)

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *