Sekolah bukan hanya tempat menuntut ilmu, tapi ibarat rumah kedua. Itu sebabnya, memilih sekolah tak boleh asal, Kids.

Lantas, apa sih yang harus diperhatikan pertama kali ketika ingin mendaftar ke sekolah baru? Nah, ini beberapa hal yang patut kamu pertimbangkan.

Metode Hingga Lokasi

Pertama, menurut Kak Luh Surini Yulia Savitri, S.Psi, M.Psi, Psikolog, perhatikan metode pelajaran yang ditawarkan sekolah tersebut. Apakah kamu senang atau tidak dengan metode yang dijalankan.

“Misalnya, kamu adalah anak yang aktif, maka metode pembelajaran aktif (active learning) bisa menjadi pilihan. Namun kalau kamu bisa memahami atau menghafal dengan mendengar suara saja, maka metode yang banyak dilakukan (konvensional) cocok juga dengan kamu,” ujar Dosen di Fakultas Psikologi Universitas Indonesia yang akrab disapa Vivi ini.

Kids, metode belajar ini, penting untuk kamu pikirkan karena akan membantu proses kamu belajar nanti.

Yang kedua, guru. Cari tahu, apakah gurunya asyik dalam mengajar. Kalian jangan memilih guru yang baik saja, ya. Guru yang tegas (bukan pemarah) itu juga kamu perlukan karena mereka akan membimbing kamu kalau kamu berperilaku yang kurang baik.

Lalu teman-teman. Dengan adanya teman-teman yang menyenangkan, kamu juga pasti suka pergi ke sekolah, belajar, dan bermain bersama mereka. Selain itu, lokasi. Sebaiknya, pilih yang tidak terlalu jauh dari rumah, untuk menghemat energi.

Nah, yang terakhir, gedung sekolah. “Gedung yang aman dan nyaman (tidak perlu selalu megah) itu sudah cukup, kok!” pungkas Kak Vivi.

Diskusi dengan Mama Papa

Saat Mama dan Papa menawarkan suatu sekolah, kalian sebaiknya aktif. Jangan cuek saja, Kids. Dengarkan pendapat Mama dan Papa, seperti halnya Mama dan Papa juga mendengar penjelasan kamu tentang sekolah yang kamu inginkan.

Lalu, bersama Mama Papa, pergilah melihat langsung sekolahnya. Lihat suasananya, cara belajarnya, gurunya, gedungnya. Perhatikan pula bagaimana murid-murid yang sudah bersekolah di sana.  Bagaimana ekspresi mereka? Akan lebih baik lagi, kalau kamu bertanya pada mereka, apakah mereka senang bersekolah di sana dan apa alasannya.

Setelahnya, kamu bisa berdiskusi  dengan Mama Papa tentang sekolah apa yang kamu, Mama, dan Papa sepakati. O iya, jangan ragu untuk mencari perbandingan sekolah lain ya, Kids. Tak perlu buru-buru memutuskan.

Sekolah Unggulan atau Biasa?

Memang, sih, kalau sekolah unggulan, cara belajarnya pasti akan berbeda dengan sekolah biasa. Metode belajar, tuntutan guru, dan mungkin cara berpikir teman-teman berbeda.

Sekarang coba kamu pikirkan, nanti kamu mau melanjutkan ke SMP, SMA, atau  universitas unggulan, nggak? Kalau iya, memang sebaiknya kamu memilih dan masuk ke sekolah unggulan.

“Akan tetapi, kalau kamu masuk sekolah biasa dan belajar dengan giat, juga bisa masuk ke SMP, SMA, dan Universitas unggulan juga, kok. Namun, harus ada kemauan dari dalam diri sendiri untuk mencapai hal itu, ya?” saran Kak Vivi.

Nah, hal-hal di atas semoga bisa membantu memilih sekolah yang terbaik untuk kalian ya, Kids.

Sekolah Baru, Teman-teman Baru

Kalau masuk sekolah baru, biasanya kamu pasti merasa deg-degan. Itu wajar, kok. Soalnya, semua serba baru, termasuk guru dan teman-teman baru.

Agar bisa beradaptasi dengan baik, simak kiat dari Kak Vivi berikut, yuk!

  • Sebelum hari pertama masuk sekolah, kamu sebaiknya datang ke sekolah. Kamu kelilingin deh sekolahnya. Lihat kelasnya, WC, kantin, dan lain-lain. Kalau kamu bertemu dengan guru, kamu bisa kenalan.
  • Saat masuk hari pertama, jangan terlalu pas waktunya sama bel berbunyi. Datanglah 10-15 menit sebelumnya. Lalu mulailah berkenalan dengan teman-teman yang lain. Tidak perlu banyak-banyak, 1 atau 2 saja sudah cukup.
  • Pada saat kamu merasa deg-degan sekali, tarik nafas yang panjang lalu keluarkan. Itu bisa membantu menenangkan diri kamu, lho.

Narasumber:

Luh Surini Yulia Savitri, S. Psi, M. Psi, Psikolog
Psikolog di Klinik Terpadu, Fakultas Psikologi Universitas Indonesia
Teks: Efa
Ilustrasi: Agung
You may also like
Latest Posts from

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *