Model pola asuh yang seperti apa yang Moms terapkan pada si kecil, responsif atau otoriter? Nah, dalam rangka menyambut Hari Anak Nasional, yang diperingati setiap tanggal 23 Juli, Tokopedia bersama dr. Citra Amelinda, Sp.A, M.Kes, IBCLC, berbagi tips meningkatkan pola asuh.

  1. Terlibat di Kegiatan Anak. “Periode emas anak dimulai pada 1.000 hari pertama. Terhitung dari sejak anak berada dalam kandungan sampai usia 2 tahun. Disebut periode emas karena pada masa ini tumbuh kembang anak berlangsung sangat pesat sehingga akan menjadi fondasi dasar kelak saat anak beranjak dewasa,” kata dr. Citra.
  2. Terapkan Pola Asuh Responsif. “Dalam pola asuh responsif, orang tua diharapkan memaksimalkan anak untuk berkembang sesuai potensi terbaiknya. Orang tua sebaiknya tidak memaksakan kehendak atau bersikap otoriter, maupun terlalu cuek,” jelas dr. Citra. Respon langsung dan perhatian orang tua terhadap anak juga sangat penting. “Saat anak mengajak berbicara atau bertanya, misalnya, jawablah dengan bahasa yang mudah dipahami dan berikan kesempatan agar anak merespon kembali. Jika anak masih bayi, perhatikan tatapan mata dan ocehan yang juga merupakan bentuk komunikasi anak kepada orang tuanya,” ujarnya.
  3. Dampingi Anak Saat Hadapi Masalah. “Dampingi anak ketika stres menghadapi masalah sambil membimbing mereka dengan brainstorming berbagai ide untuk memecahkan masalahnya. Pengalaman berharga ini dapat membangun kepercayaan diri dan kemampuan problem solving sesuai usia sejak dini,” saran dr. Citra.
  4. Ajarkan Disiplin Sejak Dini. “Anak butuh rutinitas yang teratur karena hal ini penting dalam membentuk kebiasaan baik sehingga menimbulkan perasaan aman dan nyaman bagi anak. Orang tua dapat menerapkan jadwal yang teratur dan konsisten untuk tidur, makan hingga bermain sesuai dengan kebutuhan yang berbeda tiap usia,” jelas dr. Citra.
  5. Pastikan Asupan Anak Berimbang. “Pola asah, asih dan asuh juga meliputi asupan nutrisi yang baik sejak lahir. Berikan ASI dan MPASI yang bergizi dan adekuat untuk menunjang tumbuh kembang anak. Pastikan orang tua memberikan berbagai variasi makanan bergizi lengkap yang terdiri dari protein, karbohidrat, serat dan lemak dalam jumlah dan proporsi yang disesuaikan dengan usia,” tambah dr. Citra.

Salah satu pegiat UMKM lokal di Tokopedia yang menyediakan aneka makanan segar, bergizi, halal dan tanpa MSG serta pengawet, yang aman bagi anak adalah Resep Roemah. Steven Hadi Gunawan, Pemilik Resep Roemah, berkata, “Resep Roemah hadir sebagai upaya menjawab kebutuhan keluarga akan produk makanan sehat untuk anak, terutama selama pandemi. Kami memproduksi lebih dari 70 pilihan lauk, makanan berkuah serta bumbu masak. Cara penyajiannya hanya perlu dikukus, direbus atau digoreng saja selama kurang dari 20 menit saja untuk seluruh menu.”

Kehadiran Tokopedia membantu Steven menjangkau lebih banyak pembeli bahkan hingga Makassar. “Lebih dari 60 persen pemesanan Resep Roemah berasal dari Tokopedia. Omzet kami meningkat menjadi ratusan juta rupiah selama tiga bulan belakangan,” tutup Steven.

(Foto : Ist)

 

 

 

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *