Tips Rayakan Ultah di Sekolah

Akhir bulan ini, usia Aulia genap 8 tahun. Ia berencana merayakannya di sekolah. Kira-kira, apa saja yang harus dipersiapkan ya, Kids?

Ijin Pihak Sekolah
Ada beberapa sekolah yang dengan tegas melarang siswanya mengadakan pesta ultah di lingkungan sekolah, dengan berbagai alasan. Di antaranya; takut mengganggu proses belajar siswa yang lain atau takut menimbulkan kecemburuan sosial. Meski demikian, bila kamu ingin tetap merayakan di sekolah, sebaiknya lakukan langkah-langkah berikut:
Agar B’day Party terlaksana sesuai keinginan, langkah pertama adalah menghubungi pihak sekolah. Mintalah ijin pada wali kelas atau kepala sekolah terlebih dahulu. Tanyakan, kapan waktu yang diperbolehkan mengadakan pesta, misal saat istirahat atau setelah pulang sekolah. Berapa lama waktu yang diperbolehkan untuk mengadakan pesta? Tanyakan juga, bolehkah membuat games atau acara hiburan lainnya? Bolehkah mendekorasi ruang kelas atau ruang serbaguna sekolah? Jika kamu ingin memakai pakaian bebas saat acara, sebaiknya infokan juga kepada guru ya, Kids!

Tema Ulang Tahun
Setelah mengantongi ijin dari pihak sekolah, langkah selanjutnya adalah menentukan tema pesta. Sebenarnya untuk tema, kalian bisa sesuaikan dengan tokoh favorit. Bila kamu mengidolakan Princess, Batman, Elsa, dan lain-lain, jadikan tokoh idolamu tersebut sebagai tema pesta ulang tahun. Penentuan tema ini tentu saja akan memudahkan kamu dalam memilih dekorasi, kue, dan pernak-pernik ultah lainnya. Namun, jika kamu ingin acara yang simple, tak perlu tentukan tema, cukup inti acaranya saja.

Siapkan Budget (Uang)
Penentuan biaya yang akan dikeluarkan ini sangat penting lho, Kids! Jangan sampai kamu over budget ataupun kekurangan uang gara-gara dari awal tidak ditentukan berapa biayanya. Hitung berapa orang yang akan diundang, teman-teman satu kelas saja atau ada teman dari kelas lain yang akan diundang? Begitu juga dengan guru dan staf lainnya. Karena banyak sedikitnya undangan, tentu saja akan memengaruhi dana kamu. Jangan paksakan diri jika uang kamu terbatas. Disesuaikan saja antara kondisi kantong dengan konsep pesta ya, Kids.

Siapkan Pernak-pernik
Jika dana sudah ditentukan, langkah selanjutnya adalah siapkan pernak-pernik ultah, di antaranya;

  • Kartu undangan. Undangan bisa berupa kartu yang biasa dijual di toko aksesoris, atau kamu bisa membuat kartu undangan sendiri sesuai dengan kreasi kamu. Namun, jika ingin menekan dana, kamu bisa mengundang teman-temanmu via medsos.
  • Gift Away. Siapkan goody bag, yakni berisi ‘oleh-oleh’ sebagai tanda mata dari yang berulangtahun. Jika dana kamu minim, pilihan tepat adalah makanan. Karena dengan nilai mulai dari Rp 10.000 – Rp 15.000 per – goody bag saja bisa diisi dengan berbagai panganan kesukaan. Masukkan aneka snacks dan susu kotak misalnya. Namun, jika memiliki dana lebih, isi goody bag dengan barang yang lebih bermanfaat seperti botol air minum, kotak makan, alat tulis, celengan, kotak pensil, dan sebagainya.
  • Kue ulang tahun. Rasanya perayaan ultah kurang afdol kalau tidak ada cake B’day ya, Kids! Jangan lupa siapkan juga piring dan sendok jika ingin dibagi-bagikan kepada teman-teman.
  • Sediakan makanan utama dan snacks. Makanan yang dipilih hendaknya praktis dan mudah dikonsumsi ya, Kids! Misalnya; mie, pudding, burger mini, pizza, sosis, dan kue-kue kecil lainnya. Jangan pilih makanan yang berkuah atau yang banyak mengandung cream, menghindari meja atau lantai menjadi kotor bila tumpah. Sebagai makanan utama, kamu bisa menyediakan nasi kuning.
  • Games dan kelengkapannya jika diperlukan. Retno

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan lupa beli edisi terbaru yaa...