Pernah ditegur sama Mama Papa karena keseringan main gadget? Jika orangtua menegur, kamu jangan langsung marah, Kids. Mama dan Papa pasti menginginkan yang terbaik untuk kamu. Mereka perlu memantau jenis informasi apa yang kalian peroleh dari internet dan seberapa sering kalian menggunakan gadget.

Dalam rangka peringatan Hari Anak Nasional 2018 yang jatuh setiap tanggal 23 Juli, Bincang Shopee edisi ketiga membahas  “Tips Cerdas Mendidik Anak di Era Digital” yang digelar beberapa waktu lalu. Sadarkah kamu, orangtua pun memiliki tantangan supaya mereka bisa menjadi contoh yang baik bagi kalian dalam menggunakan teknologi digital secara sehat dan bijaksana.

Ya, Kids zaman now seperti kalian sangat akrab dengan perangkat digital dan akses internet. Semua informasi yang dibutuhkan, tersedia dengan satu klik. Namun, perlu hati-hati juga. Kita tak boleh salah menggunakan teknologi!

“Meskipun teknologi digital bisa digunakan untuk kalian belajar dan berkembang, namun orangtua perlu bersikap sensitif dan responsif terkait aktivitas dan interaksi kalian di dunia digital,” ujar Ibu Najeela Shihab, inisiator Semua Murid Semua Guru dan Keluarga Kita.

 

Bincang Shopee – Talkshow bersama Najelaa Shihab (Inisiator, Semua Murid Semua Guru) dan Rezki Yanuar (Country Brand Manager Shopee)

Nah, supaya kamu dan Mama Papa tidak ribut melulu dalam urusan penggunaan gadget, simak yuk tips dari Ibu Najeela Shihab berikut ini:

  1. Membuat Kesepakatan Bersama. Ini penting banget. Buat kesepakatan sama Mama dan Papa bagaimana pengaturan bermain gadget. Kamu bebas mengutarakan pendapatmu, Mama Papa pun begitu. Dari sana, kalian bisa berdiskusi dan ambil kesepakatan yang saling menguntungkan. Misal, kamu boleh memakai gadget (komputer, smartphone, tablet) berapa lama dalam sehari dan untuk keperluan apa saja (misal, belajar, hiburan). Atur kesepakatan bagaimana penggunaannya pada hari sekolah maupun hari libur. Dan, kamu juga harus mematuhi konsekuensi (akibat) yang kamu terima dari Mama Papa bila melanggar kesepakatan bersama.
  2. Berdayakan Dirimu. Bekali dirimu dengan keterampilan untuk dapat memilah dan memilih konten serta aktivitas di dunia digital yang sesuai dengan tahap perkembanganmu. Kamu bisa bertanya sama Mama dan Papa, Guru, atau  orang dewasa di sekitarmu. Selalu terbuka terhadap rekomendasi konten positif yang kamu terima dari mereka.
  3. Jangan Sungkan Belajar Bersama. Tak semua orangtua paham teknologi. Banyak pula yang gaptek (gagap teknologi). Misalnya kamu lebih fasih daripada Mama, tak ada salahnya kamu mengajari Mama jika ia meminta bantuan.  Belajar bersama justru akan membuat hubungan kalian bertambah akrab. Sebab, tak ada istilah terlambat untuk belajar, bukan? Termasuk orangtuamu.
  4. Komunikasi Efektif. Jalin komunikasi yang baik dengan Mama dan Papa. Jangan hanya berkutat pada gadget. Selalu jujur dan terbuka kepada orangtuamu mengenai informasi yang kalian peroleh dari internet. Minta penjelasan dari mereka bila kamu menemui informasi yang membingungkan.

“Sebagai perusahaan teknologi, kami berharap melalui Bincang Shopee dapat menginspirasi para orangtua untuk mengajari anak-anak cara menggunakan teknologi digital secara bijaksana sejak usia dini, dan juga membentuk anak-anak Indonesia menjadi generasi cerdas digital,” tutup Bapak Rezki Yanuar, Country Brand Manager Shopee Indonesia. (Teks: Efa, Ilustrasi: Fika)

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *