JAKARTA, majalahjustforkids.com – Sebanyak sembilan puluh empat anak muda di Jakarta mengikuti seminar literasi keuangan dan investasi secara daring dalam tajuk “SimInvestival Goes to Campus “Investasi Zaman Now, We Better Start Now”.

Para peserta adalah profil generasi Milenial dan Z sebagai investor pemula di pasar saham. Mereka menunjukkan semangat dan antusiasme dalam webinar dengan langsung bertanya kepada para ahli dan analis Sinarmas Sekuritas.

Tak bisa dipungkiri, tren transaksi perdagangan di pasar modal tanah air mayoritas dikuasai oleh generasi muda dengan kontribusi sebesar 81 persen, berdasarkan data dari Bursa Efek Indonesia Tahun 2021.

Ditambah lagi, indeks inklusi keuangan di Indonesia Tahun 2021 mencapai 83,6 persen, meningkat dari angka indeks 2020 sebesar 81,4 persen. Adapun indikator utama yang mendukung pencapaian ini meliputi peningkatan akses keuangan, akselerasi penggunaan jasa keuangan formal, dan semakin membaiknya kualitas jasa keuangan.

Namun di lain sisi, peningkatan inklusi keuangan ini tidak diikuti oleh peningkatan literasi keuangan. Di Indonesia, tingkat literasi keuangan masih tergolong rendah, yakni mencapai 38,03 persen, berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan Tahun 2019.

Selain itu, literasi keuangan syariah mencapai 20,1 persen, berdasarkan data Bank Indonesia Tahun 2021. Untuk itulah, SimInvest, brand aplikasi investasi saham online dari Sinarmas Sekuritas menggandeng Universitas Mercu Buana Jakarta untuk menyebarkan semangat literasi keuangan dan investasi kepada generasi muda sebagai aset berharga dalam masa depan dunia pasar modal tanah air.

Terkait hal ini, Head of Retail & Private Wealth Sinarmas Sekuritas, Arief Maulana menekankan komitmen kuat dari Sinarmas Sekuritas untuk selalu menunjukkan kepedulian kepada anak muda dalam dunia investasi di pasar modal, khususnya dalam meningkatkan pengetahuan keuangan dan investasi.

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mercu Buana, Dr. Erna Sofriana Imaningsih, M.si., mengingatkan pentingnya perilaku antisipatif, transformatif, dan adaptif dalam pola konsumsi generasi muda sebagai pelaku ekonomi, sehingga siap menghadapi segala perubahan dan tantangan zaman.

Acara ini juga dihadiri oleh mahasiswa internasional dari Universitas Mercu Buana dari berbagai negara. Salah seorang mahasiswa asal Filipina, Andrae Ojeda Lumaquez menanyakan kiat-kiat berinvestasi bagi pemula yang belum memiliki pengalaman dalam dunia pasar modal.

Kemudian, salah satu narasumber dalam webinar ini, yakni Deputy Head of Research Sinarmas Sekuritas, Ike Widiawati mengajak para peserta untuk memulai pengalaman investasi sedini mungkin.

“Berapapun nilainya (investasi) adalah langkah awal yang sangat baik, saya bisa pastikan SimInvest adalah salah satu yang terbaik. Selain itu, investasi saham memiliki return paling tinggi di antara instrumen investasi lain dengan indeks 12 hingga 15 persen kenaikan secara wajar. Namun, selalu ada risiko dalam berinvestasi saham yang datang karena kamu tidak mengetahui apa yang kamu lakukan,” ujar Ibu Ike.

Sementara Head of Strategic Business Development Sinarmas Sekuritas, Eyfrel Likuajang menambahkan, “Hidup kita sehari-hari tidak lepas dari saham, semua yang kita lihat dan pakai sejak bangun tidur, beraktivitas, hingga kembali tidur di malam hari menggunakan semua produk yang sahamnya terdapat di pasar modal. Jadi sebetulnya semua dari kita dekat dengan saham.”

Acara SimInvestival memang sudah secara rutin digelar untuk mengedukasi generasi muda Indonesia terkait keuangan dan investasi menuju masa depan finansial yang lebih baik.

Di akhir acara, para peserta diberikan modal investasi dalam bentuk Rekening Dana Nasabah (RDN) untuk bertransaksi di SimInvest dengan total sebesar 5 juta rupiah.

Foto: Ist

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *