BALI, majalahjustforkids.com – AVPN, jaringan Investor Sosial terbesar di dunia yang aktif di Asia, telah mengumumkan putaran kedua Healthcare Pooled Fund, untuk memperkuat layanan kesehatan primer di Asia Tenggara.

Dana gabungan (pooled fund) sebesar USD 1 juta ini bertujuan untuk mendukung solusi inovatif untuk meningkatkan Kesehatan dan Gizi bagi para Ibu, Bayi Baru Lahir, dan Anak (Maternal, Newborn, Child Health and Nutrition/MNCHN) di Kamboja, Indonesia, Filipina, dan Vietnam.

Dana ini diperoleh melalui komitmen dan dukungan dari empat pemimpin filantropi di Asia-Chevron, Johnson & Johnson Foundation, Quantedge Advancement Initiative, dan Vitol Foundation.

“Kemitraan adalah inti dari bisnis kami. Kami bekerja dengan pemangku kepentingan lokal, pemerintah, dan LSM untuk melengkapi keahlian guna melengkapi program komunitas kami, meningkatkan hasil, dan memperluas dampak yang dapat kami peroleh,” kata President, Chevron Eurasia Pacific Exploration and Production, Nigel Hearne.

“Kami berkomitmen untuk membantu mengurangi kemiskinan, mendorong peluang ekonomi dan sosial, dan mempersiapkan tenaga kerja masa depan di Asia-Pasifik,” tambahnya.

Menurut WHO, pengeluaran biaya kesehatan di Asia Tenggara (% dari Pengeluaran Kesehatan Saat Ini) adalah salah satu yang tertinggi di dunia. Berkisar antara 34,8% (Indonesia) hingga 75,9% (Myanmar), sebagian besar orang di kawasan ini membelanjakan lebih banyak untuk perawatan kesehatan dibandingkan dengan rata-rata dunia sebesar 18,01%.

Beban ini berlipat ganda karena pandemi Covid-19 yang melumpuhkan sistem kesehatan dunia, khususnya di Asia Tenggara, berdampak negatif pada perawatan esensial untuk MNCHN.

Hal ini menyebabkan prevalensi malnutrisi, dengan perkiraan 1 dari setiap 2 anak di wilayah tersebut memiliki setidaknya satu defisiensi mikronutrien.

“Penelitian telah menunjukkan bahwa 1000 hari pertama kehidupan seorang anak sangat penting dan memiliki dampak yang signifikan pada potensi ekonomi dan sosial individu. Kami ingin mendukung organisasi yang melakukan pekerjaan luar biasa di MNCHN, untuk mendukung ibu yang rentan dan memastikan bahwa anak-anak mereka dapat memulai hidup yang sehat,” kata Vice-President of Programmes, Quantedge Advancement Initiative, Tan Yan Ru.

Kebutuhan mendesak dalam MNCHN sudah jelas. Intervensi di bidang ini tidak hanya akan menghasilkan kesehatan ibu, bayi baru lahir, dan anak-anak, tetapi juga akan mengatasi ketidaksetaraan dalam jangka panjang.

Putaran kedua AVPN Healthcare Pooled Fund akan memberikan awal yang sehat dan perkembangan optimal untuk generasi berikutnya, terutama di komunitas yang rentan dan kurang terlayani, dan dengan demikian juga akan berkontribusi untuk mengatasi ketidaksetaraan.

“Setiap hari, lebih dari 800 wanita di seluruh dunia meninggal karena komplikasi yang dapat dicegah terkait dengan kehamilan atau persalinan. Jumlah kematian yang luar biasa ini terjadi di ekonomi berpenghasilan rendah dan menengah ke bawah di mana banyak perempuan dan anak perempuan tidak memiliki akses yang memadai ke layanan kesehatan. Karena kesehatan ibu dan bayi adalah salah satu area fokus strategis dari pekerjaan kami di Johnson & Johnson Global Community Impact Asia Pacific, kami senang menjadi bagian dari AVPN Healthcare Pooled Fund, yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan akses ke layanan MNCHN di Tenggara Asia,” kata Senior Director, Global Community Impact Asia Pacific, Johnson & Johnson, Angeline Chin.

AVPN Healthcare Pooled Fund on MNCHN adalah dana gabungan instrumental dan inovatif yang secara strategis memobilisasi modal dan menyatukan mitra untuk mencapai perubahan sistemik di sektor layanan MNCHN Asia Tenggara.

AVPN melihat peluang untuk menghubungkan penyandang dana filantropi serupa guna mengkonsolidasikan upaya dan sumber daya mereka untuk menciptakan dampak dalam skala besar serta mendukung penerima hibah dengan menyediakan satu aplikasi dan proses pelaporan.

“Fleksibilitas izin pendanaan, memungkinkan organisasi yang efektif dan cerdas untuk menyesuaikan program dan rencana pertumbuhannya dan pada gilirannya melayani orang-orang yang bekerja dengan mereka secara lebih efisien,” kata Head of Health, Vitol Foundation, Sarah Jeffery.

Dana tersebut akan bermanfaat bagi organisasi sosial di Kamboja, Indonesia, Filipina, dan Vietnam yang mendukung akses dan pemberian layanan kesehatan MNCHN di negara-negara ini.

Ini termasuk meningkatkan kualitas layanan langsung MNCHN, mendukung lingkungan untuk peningkatan layanan MNCHN (misalnya rantai pasokan, renovasi, pengendalian pencegahan infeksi di lingkungan klinis), pengembangan profesional tenaga kerja MNCHN, dan penguatan sistem informasi kesehatan yang berkaitan dengan MNCHN.

Setiap organisasi sosial inovatif yang menangani area dampak tersebut dipersilakan untuk mendaftar sebelum 25 Juli 2022 untuk menerima potensi hibah mulai dari USD 100.000 hingga USD 300.000.

“Melalui Philanthropic Pooled Fund putaran pertama, kami telah membuktikan bahwa filantropi kolaboratif dapat membawa dampak dalam skala besar dan mengatasi tantangan utama dalam layanan kesehatan Asia Tenggara. Sejak kami meluncurkan Healthcare Pooled Fund putaran pertama pada tahun 2020, bersama dengan organisasi anggota dan mitra, kami telah mendukung 5.803 petugas kesehatan dan 2.993 asisten DDRM di empat pasar di Asia Tenggara,” jelas CEO AVPN, Naina Subberwal Batra.

“Putaran kedua Healthcare Pooled Fund akan terus memperkuat kemajuan yang dicapai dalam meningkatkan layanan kesehatan, dengan fokus khusus pada MNCHN, untuk menciptakan perubahan yang lebih berkelanjutan dan sistemik serta memastikan masa depan yang lebih cerah dan lebih sehat untuk generasi berikutnya,” jelasnya lagi.

Foto: Ist

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *