JAKARTA, majalahjustforkids.com – Berekreasi dan berkunjung ke kebun binatang bersama keluarga atau kerabat kerap dianggap sebagai hal yang sudah lumrah dan bukan merupakan sesuatu yang mewah untuk beberapa orang.

Meskipun tiket masuk beberapa kebun binatang terbilang masih terjangkau, nyatanya pengalaman tersebut tidak dirasakan oleh sebagian pihak, seperti yang dialami oleh anak-anak panti asuhan.

Berangkat dari persoalan tersebut, Komunitas Berbagi Rasa, komunitas sosial yang berfokus kepada kaum marjinal, khususnya anak-anak, mengajak sekitar 30 anak berusia 8-13 tahun dari Panti Sosial Asuhan Putra Utama 1 untuk berbagi keceriaan dalam kegiatan Aksi Rasa dengan tema “Zoo Day: An Adventure with Kawan Asuh di Taman Margasatwa Ragunan Jakarta”, pada 26 November 2022 lalu.

Salah satu Penyelenggara Aksi Rasa Zoo Day, Uma Adi Kusuma, mengatakan bahwa Zoo Day dimaksudkan untuk berbagi pengalaman rekreasi dengan mengenalkan kehidupan alam liar secara langsung kepada Kawan Asuh, serta mengedukasi mengenai satwa dengan cara yang menyenangkan.

Selain itu, dapat meningkatkan jiwa eksplorasi sedari dini. “Zoo Day merupakan Aksi Rasa kami yang ke-13, pada Aksi Rasa ini adik-adik atau disebut Kawan Asuh bertualang dan belajar tentang berbagai macam satwa sambil mengelilingi kebun binatang,” papar Kak Uma.

Kawan Asuh terlihat sangat bersemangat akan petualangannya mempelajari berbagai jenis satwa yang unik dan menarik di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan.

Selain bertualang, kegiatan ini juga dilengkapi dengan sesi edukasi yang dibawakan oleh organisasi Burung Indonesia.

Selanjutnya, Kawan Asuh disuguhkan dengan permainan ular tangga hingga memindahkan bola ping-pong berkelompok yang berhasil menambah keceriaan.

Kegiatan ini pun diakhiri dengan memberikan hadiah pada pemenang games dan kuis. Keceriaan terpancar di wajah mereka ketika tim Berbagi Rasa memberikan bingkisan sebelum berpisah.

“Dalam hidup, ada kalanya kita menerima sesuatu hal begitu saja tanpa menyadari nilai dari hal tersebut, namun nyatanya banyak yang belum mengalami atau merasakannya. Hal kecil seperti pergi ke kebun binatang, terlihat sederhana namun berharga untuk sebagian orang. Oleh karena itu, tujuan kami ingin membagikan rasa tersebut agar lebih banyak yang bisa merasakan kebahagiaan, serta meningkatkan kepedulian dalam berbagi,” ujar salah satu Penggagas Berbagi Rasa, Almira Agriphina.

“Tentunya, terselenggaranya kegiatan ini dengan baik juga tidak luput dari dukungan para donatur yang berupa individu dan UMKM, serta sponsor dan media partner seperti Garuda Food, Jaga UMKM, Sushique, Ego eco shop, dan Tummy kitchen. Selain berkolaborasi dengan Panti Sosial Asuhan Anak Putra Utama 1 dan Burung Indonesia, kami juga bermitra dengan beberapa media partner seperti Radio Sonora FM, Banyu Communications, Sekitar kita, Biruni, Young on top, dan Event Jakarta,” tambah Kak Almira.

Sementara Pengurus Panti Sosial Asuhan Putra Utama 1, Sugiono, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Komunitas Berbagi Rasa karena sudah memberikan pegalaman yang berharga dengan mengajak anak-anak bertualang di Taman Margasatwa Ragunan serta memberikan edukasi yang bermanfaat.

Beliau berharap akan ada lebih banyak orang yang peduli pada sesama. “Semoga Berbagi Rasa berkomitmen untuk terus melakukan Aksi Rasa lainnya secara rutin, sehingga dapat menjangkau lebih luas dalam menyebarkan semangat berbagi agar setiap insan memiliki pengalaman berharga dan menyenangkan,” ujar Bapak Sugiono.

Berawal dari sejumlah pemuda dengan latar belakang budaya dan pekerjaan yang berbeda namun mempunyai kepedulian yang sama dalam bidang sosial, Komunitas Berbagi Rasa memulai Aksi Rasa perdananya dengan menonton film bioskop “Ku Lari ke Pantai” bersama anak-anak atau ‘Kawan Asuh’ pada tahun 2018.

Dilanjutkan dengan kegiatan bermanfaat lainnya seperti berbagi di Bulan suci Ramadan, donasi saat musibah, bermain di Museum Layang-layang, dan lainnya yang juga dalam setiap Aksi Rasanya selalu disisipi dengan edukasi yang bermanfaat mengenai isu lingkungan serta kesehatan yang juga berkolaborasi dengan sejumlah instansi di bidang terkait.

Foto: Ist

 

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *