Dukung Gerakan Ibu Bangsa Membaca, NIVEA Sentuhan Ibu Gelar “Mendongeng untuk Indonesia”

Waktu kecil, kamu sering dibacakan dongeng sama Bunda? Atau bahkan masih berlaku hingga sekarang? Rasanya senang, ya. Kita merasa sangat spesial. Apalagi kalau saat membacakan dongeng, Bunda juga memeluk atau mencium kita.

Ya, banyak banget manfaatnya kalau Bunda mendongeng sambil menyentuh kamu. “Penelitian membuktikan bahwa sentuhan Ibu manfaatnya luar biasa. Dengan menyentuh, anak merasa terhubung dengan Ibu sehingga bonding (kedekatan) di antara mereka terjalin. Anak juga jadi merasa lebih rileks. Kenapa? Karena sentuhan lembut Ibu bisa memunculkan hormon oksitosin yang memunculkan rasa bahagia dan aman, sehingga anak merasa nyaman dan ingin terus berada dekat Ibunya. Ketika anak nyaman, otomatis pikiran pun tenang. Imbasnya, mereka lebih bisa menangkap informasi yang disampaikan dengan cepat dan tanggap,” jelas Ibu Vera Itabiliana Hadiwidjojo, Psikolog Anak pada acara peluncuran program “Mendongeng untuk Indonesia” yang diselenggarakan oleh Nivea di Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpurnas RI), Jakarta Pusat (2/5/19).

Sentuhan Ibu, katanya, bisa dilakukan dalam banyak hal, berupa kegiatan sederhana misalnya saat menyisir rambut anak, bermain bersama, termasuk saat mendongeng. Sayangnya, di zaman sekarang yang serba instan, kegiatan membacakan dongeng sedikit terabaikan. Banyak orangtua – maupun anak – sibuk dengan urusan sendiri.

Jujur, deh, kalian pasti juga sudah dibekali gadget atau gawai oleh Mama dan Papa. Tak hanya kamu, banyak anak-anak berusia di bawah 5 tahun, pun sudah akrab sekali dengan smartphone. Ini yang membuat waktu yang seharusnya dipergunakan untuk menjalin kedekatan (bonding time) antara anak dan orangtua, justru tergantikan dengan bermain gawai.

Foto Sesi dalam acara NIVEA Sentuhan Ibu – Mendongeng untuk Indonesia (Ki-Ka); Ibu Moza Pramita, Pegiat Literisasi, Dra. Woro Titi Haryanti, Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan, Perpustakaan Nasional RI; Ibu Diana Raya, Marketing Manager Skin Care, PT Beiersdorf Indonesia dan Ibu Vera Itabiliana Hadiwidjojo, Psikolog Anak. Inisiatif NIVEA Sentuhan Ibu dalam menggelar kegiatan ‘Mendongeng untuk Indonesia’ sejalan dengan gerakan ‘Ibu Bangsa Membaca’, sebuah program yang dicanangkan oleh PERPUSNAS RI pada tahun 2018.

Kondisi ini pula yang akhirnya mendorong NIVEA untuk mempromosikan pentingnya meningkatkan bonding time antara Ibu dan anak melalui kegiatan membaca dongeng.

“Nivea sebagai merek produk perawatan kulit yang memiliki perhatian khusus kepada keluarga, memiliki komitmen kuat untuk membantu memberdayakan para Ibu. Peran Ibu sangat penting. Bagi buah hatinya, Ibu adalah perpustakaan pertama tempat ia belajar dan bertanya segala hal yang belum ia ketahui. Karenanya, melalui program NIVEA Sentuhan Ibu, bekerjasama dengan Perpusnas RI kami meluncurkan program “Mendongeng untuk Indonesia,” tutur Ibu Diana Riaya, Marketing Manager Skin Care PT Beiersdorf Indonesia.

Lewat program tersebut, Nivea menyelenggarakan serangkaian kelas membaca dongeng dengan para ahli di beberapa kota di Indonesia. “Bonding time sekarang susah banget. Kami ingin mengajak para Ibu meluangkan waktu untuk anak lewat membacakan dongeng. Karena semua anak suka dongeng. Biasanya setelah didongengin, mereka akan minta lagi dan lagi. Jadi kalau kita punya fasilitasnya, seperti buku dongeng, maka akan sangat membantu,” katanya.

Untuk menjangkau lebih banyak lagi Ibu dan anak, NIVEA Sentuhan Ibu menyumbangkan 250 buku “Dongeng Pohon Impian” kepada Perpustakaan Nasional, yang nantinya akan didistribusikan ke perpustakaan-perpustakaan di berbagai daerah di Indonesia, serta iPusnas dalam bentuk e-book. Ya, selain dalam bentuk cetak, buku dongeng ini tersedia dalam bentuk digital.

Nah, daripada asyik sendiri dengan gadget, lebih baik jalin bonding dengan Ibu. Manfaatkan gadget secara positif. “Selama digunakan dengan benar, gawai bisa dimanfaatkan untuk kebaikan. Saat membacakan sebuah dongeng di gawai, Ibu sebaiknya tetap menemani anak, menciptakan interaksi dengan anak dan mengajaknya menikmati membaca dongeng bersama. Jangan lupakan berikan anak sentuhan Ibu dengan menggendong, memangku ataupun membelainya untuk meningkatkan kelekatan dengan anak,” tutup Ibu Vera.

“Kami berharap, lewat program ini, semakin banyak Ibu yang paham akan manfaat dari membaca dongeng dan memberikan sentuhan kecilnya melalui kegiatan membaca bersama buah hati,” tutup Ibu Diana.

Foto: Efa, dok. Nivea

 

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *