Tingkah Unik Hewan Saat Tidur

Setiap makhluk hidup pastinya membutuhkan istirahat. Begitu pula halnya dengan hewan. Ternyata hewan punya cara unik juga dalam melakukan istirahatnya. Yuk, kita lihat!

Kelelawar

Kelelawar tidur dengan posisi kepala menghadap bawah. Dengan begitu, mereka bisa langsung terbang jika ada pemangsa mendekat.

Platypus

Platypus tidur dengan gerakan seperti sedang mencari mangsa. Ini untuk menutupi kalau dia sedang tidur, sehingga musuh tak berani mendekat.

Babon Papio Afrika

Monyet babon papio Afrika tidur sambil duduk berpegangan pada pucuk pohon. Hal ini untuk mengelabui musuhnya.

Albatros

Burung albatros tidak perlu mencari sarang untuk tidur, karena mereka bisa tidur sambil terbang.

 

Kuda dan Sapi

Kuda dan sapi tidur sambil berdiri, tapi tidak tidur penuh. Mereka bisa tidur nyenyak hingga bermimpi jika tidur sambil berbaring.

Lumba-Lumba

Lumba-lumba bisa berenang dengan sebagian otak tertidur. Mereka bisa tidur 8 jam sehari dengan satu mata terbuka dan setengah otak tetap bekerja.

Katak

Beberapa spesies katak bisa tidur dengan tubuh dingin tanpa adanya nafas dan detak jantung selama seminggu. Mereka bisa tetap hidup dengan menghirup oksigen melalui kulit.

Bebek

Bebek bisa tidur dengan satu mata terbuka dan setengah otak tetap bekerja. Bebek Mallard memiliki cara tidur yang pandai, mereka akan tidur berbaris untuk menjaga diri di malam hari.

Singa Laut

Singa laut bisa tidur dimanapun dan kapanpun mereka mau. Bahkan bisa menggunakan taringnya untuk bertahan tidur di bongkahan es.

 

Semut

Semut pekerja bisa tidur 253 kali dalam sehari. Karena mereka hanya butuh waktu 1,1 menit saja untuk sekali tidur.

Kucing

Kucing tidur 13–14 jam setiap hari, dan lebih banyak terbangun di malam hari. Ini berlaku juga untuk kucing-kucing besar seperti singa dan macan yang biasa berburu di malam hari.

Jerapah

Jerapah bisa terus terjaga hingga berminggu-minggu tanpa tidur siang.

Siput Gurun

Siput gurun bisa tidur sampai tiga tahun berturut-turut tanpa terbangun.

(JFK/Nov)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *