Bicara masa kecil,  Moms dan Dads pasti ingat dengan permainan gobak sodor, engklek, lompat tali, bola bekel, atau kelereng, bukan? Ya, di masa gadget dan teknologi belum menguasai segala bidang kehidupan seperti sekarang, permainan lokal khas Indonesia itu sangat dicintai anak-anak di zamannya.

Sayang, seiring kemajuan teknologi, permainan masa kecil itu tak lagi familiar di kalangan anak-anak masa kini. Mereka semakin sulit dipisahkan dari  gadget yang menawarkan banyak hiburan hingga permainan digital. Akibatnya, banyak anak terjebak gaya hidup sedentary, yakni gaya hidup di mana seseorang kurang melakukan gerak atau aktivitas fisik yang berarti. Padahal, seyogianya, anak-anak setidaknya bergerak selama 300 menit/hari. Dan, bergerak bisa dilakukan dengan hal-hal sederhana, salah satunya lewat bermain yang umumnya disukai anak-anak.

Kampanye Anak Indonesia Anak Gembira

Nah, guna mendukung anak Indonesia agar tidak mager (malas gerak) serta dapat tumbuh dan berkembang dengan gembira lewat bermain, Olala, jelly drink produksi Wings Food, meluncurkan kampanye “Anak Indonesia Anak Gembira” di momen Hari Anak Nasional tanggal 23 Juli 2022 secara virtual. Mereka sekaligus memperkenalkan Olala Jelly Drink rasa Jeruk untuk melengkapi varian Anggur dan Jambu yang telah ada sebelumnya.

Devi Chrisnatalia, Brand Manager Ready to Drink (RTD) Wings Group Indonesia

Diuraikan oleh Devi Chrisnatalia, Brand Manager Ready to Drink (RTD) Wings Group Indonesia, kampanye yang dituangkan dalam kegiatan roadshow berformat school to school ini akan mengunjungi 10 Sekolah Dasar di Jabodetabek dan Jawa Barat. Tujuannya, untuk memperkenalkan permainan khas Indonesia kepada anak-anak.

Dalam kegiatan ini, Olala akan mengajak para murid untuk bermain dan bergembira melalui kegiatan bermain permainan lokal seperti Gobak Sodor dan Engklek serta membuat berbagai kreasi yang seru dan menarik. Kampanye ini nantinya akan diselenggarakan secara bertahap, dimulai pada Agustus hingga Desember 2022, untuk menjangkau ribuan anak Indonesia. “Kami memilih permainan Gobak Sodor dan Engklek untuk mengajak anak-anak bergerak aktif. Bermain permainan lokal khas Indonesia ini memberi banyak manfaat. Anak akan diajak bergerak, bekerja sama, hingga belajar membangun strategi,” tambah Devi yang mengatakan bahwa ke depannya, Olala juga akan menjangkau sekolah-sekolah lain di seluruh Indonesia.

Permainan Gobak Sodor (Ilustrasi: dok. kemdikbud)

Permainan Tradisional dan Manfaatnya

Senada dengan hal itu, pentingnya bermain bagi anak-anak juga ditegaskan oleh Saskhya Aulia Prima, M.Psi, Psikolog dari Tiga Generasi. “Bermain sebenarnya bukanlah aktivitas mewah untuk anak, namun sebuah kebutuhan dan keharusan. Kegiatan ini melatih berbagai aspek perkembangan anak, seperti kecerdasan, motorik kasar dan halus, emosi, serta kemampuan bersosialisasi,” katanya.

Saskhya Aulia Prima, M.Psi, Psikolog dari Tiga Generasi

Bermain, menurut Saskhya, dapat membantu mengembangkan beberapa karakter positif pada anak seperti tekun, mandiri, disiplin, empati dan kreatif. Terkait permainan tradisional, Psikolog cantik ini sangat menyarankan untuk dilakukan oleh anak-anak, mengingat banyak dampak positif yang ditimbulkan dibandingkan anak hanya bermain gadget saja. “Melalui permainan tradisional, anak dapat berinteraksi langsung dengan teman, sehingga selain melatih keterampilan berpikir strategi dan memecahkan masalah, kemampuan komunikasi dan kerjasama anak akan lebih terasah,” pungkas Saskhya.

Ciptakan Waktu Bermain yang Berkualitas

Tak lupa Saskhya mengingatkan pentingnya peran orangtua. Ia menyarankan agar orangtua mau menyisihkan waktu sejenak untuk bermain bersama anak dan melakukan interaksi dua arah. “Jika sibuk banget, luangkan waktu sedikitnya 20-30 menit untuk bermain bersama anak. Tak perlu menciptakan mainan yang rumit, cukup yang sederhana seperti mengajak anak bermain engklek, lompat tali, atau membuat art and craft dengan bahan yang ditemukan di rumah, yang penting bisa main bareng anak,” imbuh Saskhya.

Lewat kampanye Anak Indonesia Anak Gembira, Devi mengatakan Olala ingin mendukung orangtua agar dapat memperkenalkan permainan lokal khas Indonesia untuk anak mereka. “Supaya generasi penerus bangsa ini bisa bermain sekaligus menikmati pertumbuhannya dengan bahagia,” tutup Devi.

Varian Baru, Olala Rasa Jeruk

Sebagai bagian dari kampanye Anak Indonesia Anak Gembira, Olala juga meluncurkan rasa Jeruk sebagai varian ketiga, untuk melengkapi varian Anggur dan Jambu. Jeruk sendiri dipilih karena rasanya yang manis dan segar, yang tentunya menjadi favorit anak-anak. Harapannya, varian rasa Olala yang beragam ini bisa menjadi alternatif minuman anak-anak ketika aktif bermain, dengan kandungan jelly yang smooth, menggunakan konjac yang mengandung serat baik, serta higienis, praktis, dan ekonomis. Saat ini, semua varian Olala didapatkan di warung dan toko terdekat, di seluruh daerah Indonesia.

Nah, Moms dan Dads, yuk kenalkan aneka mainan tradisional pada anak dan dukung mereka bermain dengan aktif dan gembira!

Foto: Efa, Istimewa

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *