Sebagai orangtua baru, ada keinginan untuk terus bersama sang buah hati bahkan ketika tidur sekalipun. Ditambah lagi dengan fakta si kecil yang masih suka rewel dan minta susu di malam hari, co-sleeping atau tidur bersama menjadi pilihan yang praktis untuk dilakukan di malam hari.

Co-sleeping bersama si kecil aman diterapkan selama dilakukan dengan cara room-sharing dan bukan bed-sharing. Artinya, orangtua boleh tidur bersama bayi dalam satu kamar, menggunakan ranjang yang terpisah.

Tidur bersama si kecil hingga usia kurang lebih 6 bulan memang dianjurkan untuk mengurangi risiko SIDS (Sudden Infant Death Syndrome), yakni kematian mendadak pada bayi sehat berusia di bawah 1 tahun yang terjadi secara tidak terduga atau tanpa ditandai gejala apa pun.

Berusaha untuk selalu memenuhi semua kebutuhan orantua dan anak, agar si kecil dapat tidur bersama di satu ruangan namun tetap aman dan nyaman, Mothercare menghadirkan berbagai pilihan bedside crib yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi orangtua.

Bedside crib atau tempat tidur bayi dengan sisi dinding yang dapat dibuka dan ditempatkan di sebelah tempat tidur orangtua belakangan ini memang mulai populer di kalangan orangtua sebagai salah satu cara untuk co-sleeping.

Tutti Bambini Cozee Air Space bedside crib

Bahkan, Citra Kirana, seorang aktris terkenal di Indonesia, memilih menggunakan bedside crib untuk tidur bersama putranya, Keene Atharrazka Adithya.

Baca juga: Jadi Ibu Baru, Citra Kirana Berbagi Perlengkapan Bayi Favorit

Pada pembukaan gerai Mothercare yang ke-50 di Pondok Indah Mall 3, Citra mengatakan bahwa ia menggunakan Tutti Bambini Cozee Air Space bedside crib dari Athar lahir hingga berumur 6 bulan. Menurutnya, bedside crib sangat praktis untuk menenangkan dan menyusui sang buah hati ketika ia terbangun di malam hari. Selain praktis, Citra juga menjelaskan bahwa bedside crib membantunya mengajari Athar kemandirian untuk tidur sendiri sejak dini.

Citra juga memberikan tips. Jika orangtua ingin co-sleeping bersama si kecil menggunakan bedside crib, tentu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar ia selalu aman dan nyaman selama tidur. Salah satunya adalah mekanisme yang menempatkan bedside crib ke tempat tidur orangtua.

Pastikan bedside crib yang dipilih kuat dan tidak akan bergeser selama tidur agar si kecil tidak terjatuh. Perhatikan juga batas berat dan rekomendasi umur yang tertera di bagian informasi produk. Biasanya, bedside crib hanya digunakan dari lahir hingga si kecil mencapai berat sekitar 9 kg atau sudah menunjukkan tanda siap berguling.

Foto: Ist

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *