Memeringati Hari Sumpah Pemuda setiap tanggal 28 Oktober, Ruangguru meluncurkan Liga Ruangguru, wadah bagi para pelajar di Indonesia untuk mengaktualisasikan diri dan berkompetisi secara sehat di bidang apapun yang mereka minati.

Jika ajang kompetisi yang kerap ditemukan di sekolah umumnya masih didominasi bidang akademik, di Liga Ruangguru para pelajar dapat menggali potensi dan mengembangkan hobinya, baik melalui ajang kompetensi akademik, maupun non-akademik.

“Ruangguru terus berkomitmen untuk memberikan kesempatan yang seluas-luasnya bagi peserta didik untuk terus berkarya, berkolaborasi, berprestasi, dan berinovasi. Oleh karena itulah, kami mempersembahkan Liga Ruangguru, kompetisi daring di bidang akademik dan non-akademik yang diharapkan bisa menarik ratusan ribu pelajar di seluruh Indonesia. Selain dari total hadiah Rp 1,5 Miliar, pemenang dari kompetisi ini pun mendapatkan kesempatan untuk berkunjung dan eksplorasi minatnya lebih jauh di kampus terbaik dunia seperti Harvard dan MIT di Amerika Serikat. Harapannya, hal tersebut menjadi pemicu semangat bagi para pelajar yang motivasi belajarnya cukup terdampak akibat kondisi pandemi COVID-19 saat ini,” ucap Kak Belva Devara, Pendiri dan Direktur Utama Ruangguru.

Pada kompetisi antar sekolah terbesar se-Indonesia ini, peserta akan memperebutkan gelar sekolah terbaik. Mengusung tema #WaktunyaKamuJuara, berikut berbagai rangkaian kompetisi dalam Liga Ruangguru:

1. Ruangguru Arena, rangkaian kuis akademik harian di aplikasi Ruangguru dimana peserta akan mendapatkan pertanyaan setiap hari. Untuk setiap jawaban yang benar, peserta akan memperoleh poin. Akumulasi poin akan menentukan juara harian, juara mingguan, dan juara umum.
2. Ruangguru Champion, kompetisi cerdas cermat terbesar di Indonesia yang mempertandingkan siswa/siswi terbaik di Indonesia.
3. English Academy Champion, kompetisi uji kemampuan berbahasa Inggris antar sekolah, yang terdiri dari:
● English Quiz: Lomba cepat tepat berbahasa Inggris yang menguji kemampuan dasar berbahasa Inggris.
● English Essay Competition: Kompetisi menulis dalam bahasa Inggris.
● English Speech Competition: Kompetisi berpidato dalam bahasa Inggris.
● English Debate Competition: Kompetisi debat bahasa Inggris antar sekolah.
4. Ruangguru Social Challenge, kompetisi video content creation yang dapat diikuti oleh para kreator video Instagram/Tiktok untuk berani beropini secara kreatif di media sosial.
5. Ruangguru Mobile Gaming, kompetisi mabar antar sekolah untuk menjadi yang terbaik di bidang e-sport, Mobile Legends.
6. Ruang Seni, kompetisi untuk semua pelajar yang memiliki kemampuan di bidang ilustrasi, fotografi, vocal, dan musik.
7. Tryout Akbar UTBK Ruangguru, yaitu uji kesiapan menghadapi UTBK 2022 yang disimulasikan seperti UTBK riil (menggunakan sistem item response theory – IRT).

Setiap perlombaan dalam rangkaian Liga Ruangguru akan menggunakan sistem akumulasi poin per sekolah yang berkontribusi pada peringkat sekolah. Sekolah dengan peringkat tertinggi akan dianugerahi predikat School of the Year di akhir rangkaian acara.

Selain berbagai pertandingan, Liga Ruangguru juga menyelenggarakan rangkaian acara Konferensi Pelajar Nasional, untuk mempersiapkan pelajar memasuki semester baru, memotivasi mereka, sekaligus memperkenalkan ragam profesi masa kini dari berbagai industri, sehingga pelajar memahami berbagai opsi dan jalur yang dapat mereka tekuni untuk menuju masa depan pilihan mereka.

Periode pendaftaran Liga Ruangguru telah dibuka pada tanggal 25 Oktober 2021 dan pertandingan akan berlangsung mulai 1 November 2021 di aplikasi Ruangguru. Pendaftaran tidak dipungut biaya dan dapat diikuti oleh seluruh pelajar dari jenjang SD, SMP hingga SMA/SMK sederajat. Informasi mengenai Liga Ruangguru juga dapat diakses di liga.ruangguru.com.

Foto: Ist

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *