Jakarta, majalahjustforkids.com – Bagi sebagian masyarakat yang menderita gangguan asam lambung atau GERD perlu perhatian khusus untuk beberapa jenis makanan yang dikonsumsi agar tidak berpotensi meningkatkan asam lambung yang mengakibatkan ibadah puasa menjadi kurang lancar.

Pemilihan makanan yang aman dan tidak mengiritasi lambung seperti mengonsumsi makanan yang mudah dicerna, tidak mengandung gas, dan lemak tinggi sangat disarankan agar lambung tetap terjaga. Penderita GERD juga disarankan untuk mengolah makanan secara lebih sehat agar makanan mudah tercerna oleh lambung.

Namun konsumsi makanan seimbang saja tidak cukup, konsumsi madu herbal alami seperti Freshmag tentu akan membantu menambah stamina dan menjaga lambung tetap sehat.

Freshmag adalah madu herbal yang memiliki khasiat untuk menjaga kesehatan lambung dan pencernaan.  Freshmag terbuat dari madu hutan dan ekstrak kunyit yang berfungsi membantu meredakan asam lambung, sakit maag,  GERD, dan masalah lambung lainnya. Komposisi  dari bahan alami ini dapat dikonsumsi dalam  jangka waktu yang lama karena minim efek  samping.

Berpuasa, Kondisi Justru Makin Baik

Aktivitas yang padat, stress, pola makan tidak teratur juga menjadi pemicu GERD, seperti yang dikatakan oleh dr. Rostikawaty Azizah dokter yang menangani penyakit GERD, “GERD itu kondisi adanya penurunan fungsi katup lambung yang seharusnya tertutup tetapi katup menjadi terbuka. Hal yang membedakan antara dispepsia dan GERD yaitu jika dispepsia permasalahannya terjadi di bawah katup seperti mual dan begah. Tapi kalau GERD gangguannya di bagian atas seperti mulutnya pahit, sariawan, bau mulut, nyeri ulu hati, dan sebagainya.”

Pada bulan Ramadan, tentunya para penderita asam lambung seperti GERD memiliki kekhawatiran untuk berpuasa.  Mengingat kekhawatiran tersebut, dr. Rostikawaty Azizah mengungkapkan “Sebenarnya sudah ada penelitian apakah penderita GERD boleh berpuasa atau tidak, salah satu institusi di Indonesia pernah membuat penelitian dari 130 orang yang sudah terdiagnosa GERD, kemudian dibagi dua yaitu menjadi  65 penderita GERD melakukan puasa dan 65 penderita GERD tidak melakukan puasa. Hasilnya adalah pada saat dianalisa dengan GERD Question apakah kondisi GERD mereka terjadi perbaikan atau tidak. Penderita GERD yang berpuasa justru menunjukan adanya perbaikan klinis dibandingkan mereka yang tidak menjalankan puasa.”

Konsumsi Madu Herbal

Untuk semakin meningkatkan kesehatan lambung saat puasa, masyarakat dapat mengonsumsi madu herbal Freshmag, karena memiliki bahan herbal seperti madu hutan dan kunyit yang bisa memelihara kesehatan lambung. Konsumsi madu saat puasa sudah banyak dikenal masyarakat untuk meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh.

Reza Yazdi, VP Marketing Ethos mengungkapkan, “Di bulan Ramadan, antusiasme masyarakat mengonsumsi Freshmag menunjukkan peningkatan karena mampu menjadi solusi pemeliharaan kesehatan lambung mereka.  Ini dibuktikan dari hasil riset tim Freshmag yaitu adanya kenaikan produk kami yang terjual. Kami menargetkan pertumbuhan penjualan Freshmag tahun 2023 ini mencapai 11,9%. Masyarakat bisa mendapatkan Freshmag di apotek terdekat atau di marketplace.”

Freshmag memiliki fungsi untuk meringankan gangguan maag, GERD, dan menetralisir asam lambung, serta mendukung menjaga metabolisme sistem pencernaan. Freshmag telah terdaftar di BPOM dan menggandeng sertifikat Halal MUI sehingga sudah dipastikan aman dikonsumsi dan tidak tercemar dengan bahan lainnya yang mengancam kesehatan.

Foto: Ist

 

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *