Bertepatan dengan Hari Kesehatan Nasional yang jatuh setiap tanggal 12 November dan Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) 2020, Unilever melalui brand Pepsodent bersama PDGI (Persatuan Dokter Gigi Indonesia) dan AFDOKGI (Asosiasi Fakultas Kedokteran Gigi Indonesia) tetap berkomitmen untuk terus memberikan layanan perlindungan bagi kesehatan gigi dan mulut masyarakat Indonesia meski di kala pandemi.

“Masalah gigi berlubang pada anak di Indonesia masih sangat tinggi yaitu mencapai 93% dan berdasarkan Riskesdas 2018, baru 10,2% saja yang mendapat perawatan dokter gigi. Sejalan dengan upaya Kementerian Kesehatan dalam implementasi rencana aksi nasional Indonesia bebas karies 2030, maka kemitraan dengan berbagai pihak, baik pemerintah, swasta, maupun asosiasi, sangatlah penting. Salah satunya adalah apa yang dilakukan Unilever lewat brand Pepsodent yang melaksanakan berbagai kegiatan edukasi dan konsultasi secara virtual ini,” sambut Ketua Komite Kesehatan Gigi dan Mulut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, drg. Tritarayati, SH, MH.Kes.

Ketua Komite Kesehatan Gigi dan Mulut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, drg. Tritarayati, SH, MH.Kes

Ya, melalui BKGN 2020, Pepsodent menegaskan komitmennya dan mengajak masyarakat menjadi #PahlawanSenyum untuk #MerdekakanSenyum Indonesia, bahkan di saat pandemi, karena setiap senyuman begitu berarti. Pepsodent hadir melalui serangkaian kegiatan edukasi promotif dan preventif secara online. Pepsodent juga mengoptimalkan inovasinya melalui konsultasi dengan dokter gigi berbasis online melalui Official WhatsApp Tanya Pepsodent di nomor 0878-8876-8880.

drg. Ratu Mirah Afifah, GCClinDent., MDSc, Head of Sustainable Living Beauty & Personal Care and Home Care Unilever Indonesia Foundation

“Sejak rilis pada April 2020 lalu, sudah lebih dari 7.000 orang yang melakukan konsultasi online dengan dokter gigi melalui Official WhatsApp Tanya Pepsodent. Konsultasi online kini jadi semakin penting dan relevan, untuk membantu menjawab permasalahan gigi dan mulut masyarakat di tengah pandemi COVID-19. Pandemi tidak menghalangi kami untuk terus berinovasi dan beradaptasi dalam memajukan kesehatan gigi dan mulut di Indonesia,” jelas drg. Ratu Mirah Afifah, GCClinDent., MDSc, Head of Sustainable Living Beauty & Personal Care and Home Care Unilever Indonesia Foundation. “Selain 3M yaitu Memakai masker, Menjaga jarak, dan Mencuci tangan pakai sabun, jangan lupa juga untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut di masa pandemi karena mulut tempat masuknya virus,” tambah drg. Ratu Mirah.

Diakui Ketua PB PDGI Drg. RM Sri Hananto Seno, Sp. BM(K), MM., di masa pandemi ini dari 103 negara, hanya 25% saja yang memberikan pelayanan gigi dan mulut, itu pun hanya di RS tertentu saja. “Meski secara virtual, namun saya menyambut positif inovasi ini. Mulut merupakan pintu gerbang masuknya kuman, dengan sikat gigi yang benar, berkumur yang benar, maka gigi dan mulut akan bersih dan sehat. Konsultasi online Tanya Pepsodent bukan hanya forum konsultasi, tapi juga memberikan diagnosa melalui analisa lewat pertanyaan-pertanyaan. Memberikan rujukan jika diperlukan foto rontgen sehingga bisa datang ke klinik atau RS yang punya fasilitas tersebut. Kalau cukup hanya dengan obat, dokter bisa berikan resep lewat foto. Jadi bisa memberikan terapi dan juga solusi,” jelas drg. Seno.

Ketua PB PDGI Drg. RM Sri Hananto Seno, Sp. BM(K), MM

“Tidak hanya relevan dengan tantangan saat ini, layanan konsultasi online dengan dokter gigi juga dapat menjawab permasalahan akan akses konsultasi dokter gigi yang belum merata di Indonesia. Data Profil Kesehatan Nasional 2019 menunjukkan bahwa secara nasional 38,8% puskesmas masih belum memiliki dokter gigi sesuai syarat minimal dari pemerintah. Adanya layanan konsultasi online ini diharapkan dapat memberikan banyak manfaat bagi masyarakat umum, para dokter gigi, dan juga mahasiswa FKG (Fakultas Kedokteran Gigi) secara luas,” jelasnya lagi.

Selain konsultasi online dengan dokter gigi, Unilever melalui brand Pepsodent bersama dengan 75 cabang PDGI dan 26 FKG akan mengadakan serangkaian webinar selama BKGN 2020. Terdapat lebih dari 200 webinar bertema “Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut di Era Pandemi” sejalan dengan edukasi 3 M yaitu Menggunakan masker, Menjaga jarak, dan Mencuci tangan. Selain bekerjasama dengan Komite Kesehatan Gigi dan Mulut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, serangkaian webinar yang diadakan bagi dokter-dokter gigi di kurang lebih 10 ribu Puskesmas, Unilever melalui brand Pepsodent juga memberikan bantuan berupa alat pengendali infeksi serta produk kesehatan gigi dan mulut senilai Rp 4 miliar dalam rangka mempersiapkan pembukaan kembali FKG pasca pandemi.

Ketua AFDOKGI Dr. Nina Djustiana, drg., M.Kes

Ketua AFDOKGI Dr. Nina Djustiana, drg., M.Kes. menambahkan, “Pandemi mengingatkan kita pentingnya sikap adaptif dan inovatif dalam menghadapi perubahan, baik dalam praktik, konsultasi, dan edukasi masyarakat. Hingga kini RSGM (Rumah Sakit Gigi dan Mulut) masih bersiap untuk membuka kembali layanannya, dan dengan kondisi saat ini kami perlu beradaptasi dengan protokol kesehatan yang berlaku. Untuk itu kami sangat mengapresiasi dukungan Unilever berupa alat pengendali kontrol infeksi di RSGM, dan juga pemanfaatan teknologi melalui konsultasi online dengan dokter gigi yang sangat membantu dalam triase dan skrining awal.”

Seorang ibu muda sekaligus sosok selebritas, Tasya Kamila, mengaku sangat tertarik dengan program-program BKGN Pepsodent tahun 2020 ini. “Tahun-tahun sebelumnya saya roadshow ke daerah-daerah, sekolah-sekolah, meski tahun ini secara virtual namun sangat senang karena lewat online justru bisa menjangkau lebih luas lagi. Saya sendiri suka pantengin Tanya Pepsodent karena bisa dapat info-info menarik seputar kesehatan gigi dan mulut,” ucapnya bersemangat.

Ibu muda sekaligus sosok selebritas, Tasya Kamila

Tasya juga merasakan bagaimana pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut dan bagaimana layanan konsultasi online dengan dokter gigi membantunya selama pandemi dalam mengatasi masalah gigi dalam keluarganya.

“Saat Arrasya sudah berusia 1 tahun, saya ingin konsultasi dengan dokter gigi untuk memastikan perkembangan giginya berjalan normal. Tapi kondisi pandemi membuat konsultasi dengan dokter gigi menjadi sulit dilakukan. Adanya konsultasi  online dengan dokter gigi melalui WhatsApp Tanya Pepsodent sangat membantu saya untuk berkonsultasi dengan dokter gigi yang responsif dan informatif, sehingga saya bisa bertanya banyak hal tentang kesehatan ataupun masalah gigi dengan aman dan nyaman,” urainya.

Foto: Novi

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *