Moms dan Dads berencana mudik atau jalan-jalan pada libur Lebaran tahun ini? Ya, seiring melandainya kasus Covid-19, berbagai negara termasuk Indonesia telah melakukan pelonggaran pembatasan. Akhirnya, setelah dua tahun dilarang, pemerintah Indonesia kembali mengizinkan mudik Lebaran di tahun 2022. Masyarakat boleh mudik Lebaran ke kampung halaman asalkan dalam kondisi sehat dan sudah menjalani vaksin Covid-19 dosis lengkap (1 & 2) serta booster untuk usia 18 tahun ke atas.

Kementerian Perhubungan memperkirakan jumlah pemudik Lebaran tahun 2022 mencapai 56 juta orang dan bisa melonjak hingga 70-an juta karena masyarakat sudah tidak mudik selama dua tahun. Dari 56 juta orang yang diprediksi akan mudik, sebanyak 26% atau 21 juta pemudik akan menggunakan mobil pribadi. Kemudian pemudik dengan sepeda motor sebesar 18% atau 14 juta. Selanjutnya pemudik dengan bus sebesar 16% atau 12 juta, dan pesawat 12% atau 9 juta.

Bagi masyarakat yang akan pergi mudik ke kampung halaman dengan kendaraan pribadi, selain mempersiapkan vaksin booster sebagai syarat, kendaraan untuk perjalanan juga perlu disiapkan dari sekarang. Kendaraan untuk mudik Lebaran juga harus diservis agar dalam kondisi yang baik untuk perjalanan jarak jauh.

Yang tak boleh dilupakan juga adalah asuransi kendaraan. Risiko mobil mogok, kecelakaan, dan tindak kejahatan dapat terjadi selama perjalanan dan libur Lebaran. Oleh karena itu, kendaraan juga butuh asuransi untuk mengantisipasi hal-hal buruk selama mudik perjalanan.

Agar tidak salah pilih, berikut sejumlah tips memilih Asuransi Kendaraan untuk mudik Lebaran tahun 2022:

  1. Kenali perusahaan asuransi

Pastikan untuk menggunakan Asuransi Kendaraan dari perusahaan yang telah mendapatkan izin OJK. Pada tahun 2022, data perusahaan asuransi yang mendapatkan izin OJK bisa dicek di link berikut ini. Salah satu perusahaan asuransi yang menyediakan layanan Asuransi Kendaraan adalah Allianz Indonesia melalui Allianz MobilKu yang bisa memberikan perlindungan komprehensif untuk persiapan perjalanan mudik Lebaran.

Allianz MobilKu menyediakan tiga pilihan yakni Mobilku Eco, Mobilku Grand dan Mobilku Non Paket.

  1. Mengetahui jenis-jenis Asuransi Kendaraan dengan informasi secara detail

Secara umum, Asuransi Kendaraan memberikan 2 macam perlindungan untuk dipilih, yakni komprehensif atau all risk dan total loss only (TLO). Asuransi kendaraan all risk memberikan perlindungan menyeluruh terhadap semua kerusakan, mulai dari baret, penyok, kaca pecah, hingga kehilangan akibat pencurian. Semua kerusakan kecil dan besar ditanggung oleh Asuransi Kendaraan all risk. Tentunya, dengan banyaknya perlindungan yang diberikan, nominal premi yang dibayar juga lebih mahal.

Asuransi kendaraan TLO memiliki besaran premi yang lebih murah dibandingkan asuransi all risk. Namun, asuransi kendaraan TLO hanya memberikan perlindungan terhadap kerusakan berat dan kehilangan. Kerusakan berat yang dimaksud adalah kendaraan rusak parah akibat kecelakaan dan untuk perbaikan membutuhkan biaya di atas 75% dari harga kendaraan.

“Sebelum membeli, para pemudik perlu memahami dengan baik jenis-jenis asuransi kendaraan. Selain perlindungan all risk & total loss only, Allianz juga menyediakan layanan perluasan jaminan seperti risiko akibat kerusuhan, bencana alam seperti banjir, gempa bumi, dan lain-lain,”ujar Alwin Jasim, Head of Personal Lines & Product Development Allianz Utama Indonesia. “Dengan memahami jenis perlindungan, maka kegiatan berkendara jarak jauh ke kampung halaman pun akan terasa lebih menyenangkan karena pemudik telah terlindungi dengan aman” tutup Alwin.

  1. Memahami perlindungan yang didapatkan

Setelah mengetahui jenis Asuransi Kendaraan, pahami juga macam-macam perlindungan yang didapatkan. Bacalah Polis Asuransi Kendaraan yang akan digunakan dengan cermat dan seksama. Di setiap polis terdapat hal-hal apa saja yang dijamin atau diberikan perlindungan oleh perusahaan asuransi. Kamu boleh bertanya sepuasnya ke pihak asuransi jika terdapat hal-hal yang tidak dipahami.

  1. Membandingkan produk asuransi

Setiap produk Asuransi Kendaraan menawarkan perlindungan yang berbeda-beda. Untuk mendapatkan produk yang sesuai kebutuhanmu, bandingkan masing-masing Asuransi Kendaraan. Beberapa hal yang perlu diperbandingkan adalah:

– Bengkel rekanan

Pastikan ada bengkel rekananan yang menjadi arah dan tujuan perjalanan mudik Lebaran. Selain itu, bengkel rekananan juga harus tersedia selama 24 jam, agar selalu siap saat dibutuhkan.

– Kemudahan klaim

Produk asuransi kendaraan yang baik adalah yang memberikan kemudahan klaim bagi nasabahnya. Apalagi, saat ini sudah era digital, layanan klaim sudah bisa dilakukan dari jarak jauh melalui sentuhan jari, seperti melalui layanan klaim digital Allianz MobilKu.

– Fitur layanan

Gunakan asuransi kendaraan yang memberikan berbagai fitur layanan penting seperti mobil derek, ambulan, dan layanan Emergency Road Assistance 24 jam. Seperti Allianz MobilKu juga memberikan layanan yang lengkap termasuk layanan Emergency Road Assistance 24 jam, jaringan bengkel dan AllianzCare yang siap melayani 24 jam 7 hari.

Sebagai salah satu upaya untuk terus melindungi nasabah dan masyarakat Indonesia di mana pun dan kapan pun, Allianz Indonesia juga menghadirkan Allianz TravelPro yaitu Asuransi Perjalanan yang memberikan manfaat perlindungan pembatalan dan perubahan perjalanan, pengobatan di luar negeri dengan limit yang tinggi, santunan kecelakaan diri dan cacat tetap, keterlambatan keberangkatan dan bagasi selama minimal 4 jam, 24-hour emergency assistance, serta perlindungan kerusakan dan kehilangan bagasi.

“Allianz senantiasa berupaya memberikan ketenangan pikiran bagi nasabah dari berbagai risiko kehidupan, termasuk di saat bepergian. Melalui Allianz TravelPro, kami menawarkan perlindungan yang komprehensif termasuk perlindungan dari risiko Covid-19 di situasi yang serba tak pasti sehingga para pelaku perjalanan dapat menikmati perjalanan dengan aman dan nyaman,” tutup Alwin Jasim.

Foto: Ist

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *