JAKARTA, majalahjustforkids.com – Asosiasi untuk sistem kendaraan tak berawak internasional memperkirakan bahwa pada tahun 2025, setidaknya 100.000 pekerjaan akan diciptakan untuk pilot drone (sumber: dronegastor.com).

Teknologi drone bisa membantu banyak kegiatan manusia dan industri lebih efisien lagi. Semakin banyak pula industri yang mulai menggunakan drone untuk kegiatan harian mereka.

Saat ini jumlah kebutuhan pilot drone paling besar justru datang diluar dari industri kreatif. Keahlian pilot menerbangkan drone banyak dicari oleh industri perkebunan, konstruksi pertambangan, oil and gas, dan pemetaan.

Mulai dari melakukan kegiatan pemetaan, inspeksi peralatan, penyemprotan hingga pemantauan wilayah, sudah mulai menggunakan drone. Kebutuhan pilot drone industri pun semakin meningkat seiring peningkatan kebutuhan di sisi user.

Nah, jika kamu berencana meniti karir sebagai pilot drone profesional, Bisa memulainya sekarang. Tentunya, keahlian yang mesti disiapkan yaitu berpengalaman menerbangkan drone, namun ada hal lain yang bisa membantu kamu berkarir menjadi pilot drone profesional, antara lain:

  1. Memiliki Sertifikat Pilot Drone

Jika kamu ingin masuk ke dunia profesional drone sebagai pilot, hal yang paling utama adalah sudah ikut pelatihan dan memiliki sertifikat pilot drone. Perusahaan industri membutuhkan  kamu untuk memiliki sertifikat pilot drone komersial yang diterbitkan oleh Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKPPU). Pelatihan drone akan mengajarkan kamu secara lengkap mengenai peraturan, pengetahuan dasar dan lanjutan mengenai pilot dan pesawat terbang, mitigasi risiko hingga perizinan.

Untuk mendapatkannya, kamu bisa mengikuti pelatihan seperti di Terra Academy by Terra Drone Indonesia yang sudah diakui oleh DKPPU. Jika sudah mengikuti pelatihan dan dinyatakan lulus, kamu akan mendapatkan Remote Pilot Certificate langsung dari DKPPU.

  1. Pelajari Banyak Jenis Drone

Banyaknya kesempatan karir menjadi pilot drone saat ini dikarenakan perkembangan teknologi drone yang sangat cepat. Drone kini ada dalam berbagai macam jenis dan bentuk untuk menyesuaikan kebutuhannya. Drone perkebunan kini membawa payload pestisida lebih dari 20 liter, drone migas dilengkapi cangkang untuk menghindari benturan, drone pemantauan dapat terbang hingga tiga jam, dan masih banyak lagi.

Hal tersebut menjadi kesempatan bagi kamu untuk mencoba dan menentukan drone jenis dan di bidang mana yang paling cocok. Dengan mempelajari dan menguasai banyak jenis drone juga membuka peluang kamu lebih besar untuk berkarir di banyak bidang sebagai pilot drone.

    3. Berlatih di Berbagai Area

Menerbangkan drone di area pegunungan dan pinggir pantai pasti  memiliki tantangan berbeda. Arah angin dan medan di sekitar lokasi akan membuat kamu menganalisa strategi apa yang paling tepat untuk menerbangkan drone dengan aman.

Perbedaan area pemukiman dan industri juga akan membuat kamu berpikir lebih kritis untuk dapat melakukan mitigasi.  Mempelajari manajemen risiko penerbangan drone juga sangat penting dan harus dilakukan selama penerbangan drone.

   4. Perbanyak Relasi sesama Pilot

Memiliki relasi dengan ketertarikan yang sama, akan memudahkan mendapat karir pilot drone. Apalagi kalau kamu baru mendalami dunia drone, tahapan ini sama pentingnya untuk dilakukan.

Usaha mendapat relasi sesama pilot drone bisa dengan mencari komunitas drone di kotamu. Selain itu, bisa juga dengan mengikuti pelatihan drone, karena nantinya membangun relasi sesama peserta maupun instruktur.

    5. Branding Kemampuan sebagai Pilot Drone

Pengetahuan pengoperasian drone dan relasi sudah kamu dapat. Sekarang tinggal tunjukkan keahlian menerbangkan drone sebanyak mungkin kepada banyak orang. Manfaatkan platform-platform untuk bisa sebarkan pengalaman kamu. Hal ini perlu sebagai bagian personal branding yang ingin berkarir pilot drone, sekaligus berlatih.

Setidaknya, dengan mengikuti kelima tahap tersebut, peluang kamu menjadi pilot drone akan lebih besar. Apalagi di Indonesia beberapa industri sudah menyertakan drone sebagai syarat wahana yang digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan.

Narasumber: Michael Wishnu Wardana (CEO Terra Drone Indonesia)

Foto: Ist

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *